Web Design Development
Mengenal Web 2.0

Mengenal Web 2.0

Oleh | Selasa, 24 Februari 2009 20:47 WIB | 5.150 Views | Comments 2009-02-24 20:47:32

Dunia internet seakan-akan telah menjadi bagian hidup dari masyarakat modern saat ini. Betapa tidak, karena internet secara lengkap menyediakan kebutuhan akan informasi, berita, serta ilmu pengetahuan. Dengan internet seolah-olah tidak ada lagi batasan antar ruang dan waktu dalam berkomunikasi dengan berbagai orang di berbagai belahan dunia. Sebagai konsumen dari teknologi web tentunya mengharapkan tampilan layar yang mengasyikan serta mudah dipakai dan dimanfaatkan. Pada dasarnya web merupakan suatu kumpulan hyperlink yang menuju dari alamat satu ke alamat lainnya dengan bahasa HTML (HyperText Markup Languange).

Teknologi AJAX


Dalam pengaplikasian web HTML tidak mungkin sendiri dalam membuat suatu desain yang benar-benar bagus. Oleh karena itu HTML selalu ditemani oleh CSS (Cascading Style Sheet) untuk mempercantik desain, JavaScript untuk membuat tampilan yang dinamis, dan XML (eXtensible  Markup Language) yang digunakan untuk mendefinisikan format data . Teknologi penggabungan dari JavaScript dan XML saat ini yang marak disebut dengan AJAX (Asynchorous JavaScript And XML) yang menekankan pada pengelolaan content dalam website.


Perkembangan Web 2.0

Inovasi dalam dunia web semakin hari kian mengalami perkembangan yang berarti, ini dibuktikan dengan adanya Teknologi Web 2.0 yang dikembangkan sekitar tahun 2004. Walaupun sudah termasuk lama kedengarannya oleh para praktisi web, namum sebagian besar mereka masih bertanya-tanya tentang fungsi dan kegunaannya. Web 2.0 merupakan teknologi web yang menyatukan teknologi-teknologi yang dimiliki dalam membangun web. Penyatuan tersebut merupakan gabungan dari HTML, CSS, JavaScript, XML, dan tentunya AJAX.

Perkembangan web 2.0 lebih menekankan pada perubahan cara berpikir dalam menyajikan konten dan tampilan di dalam sebuah website. Dalam perkembangannya Web 2.0 diaplikasikan sebagai bentuk penyajian halaman web yang bersifat sebagai program desktop pada umumnya seperti Windows. Fungsi-fungsi pada penerapannya sudah bersifat seperti desktop, seperti drag and drop, auto-complete, serta fungsi lainnya. Aplikasi Web 2.0 disajikan secara penuh dalam suatu web browser tanpa membutuhkan teknologi perangkat yang canggih dari sisi user. Tidak mengherankan bila suatu aplikasi (software) dapat diakses secara online tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu. Software tersebut misalnya software pengolah kata (seperti MS Word) atau software pengolah angka (seperti MS Excel).

 
Teknologi ke depan suatu software berbasisi web tidak lagi dijual melainkan suatu fasilitas gratis yang dapat digunakan setiap waktu. Permasalahan manajemen file juga tidak merepotkan, bahkan file dapat disimpan dan juga dapat di-sharing dengan user lain. Implementasi dari teknologi Web 2.0 dapat dilihat pada aplikasi sprearsheet pada Google yang merupakan aplikasi untuk operasi mengolah angka seperti MS Excel. Aplikasi ini dapat dilihat pada http://spreadsheets.google.com/ , tentunya aplikasi tersebut membutuhkan suatu akun Google untuk memasukinya.

Suatu web 2.0 biasanya digunakan sebagai akhir dari siklus peluncuran produk software, mengilustrasikan setiap produsen software tidak lagi meluncurkan produknya dalam bentuk fisik. Karena web menjadi platform, pengguna cukup datang ke website untuk menjalankan aplikasi yang ingin mereka gunakan. Hasil dari pengembangan fitur di dalam software dapat langsung dirasakan oleh pengguna. Software tidak lagi dijual sebagai produk namun berupa layanan (service).

Karakteristik Web 2.0

Kemudahan berinteraksi antara user dengan sistem merupakan tujuan dibangunnya teknologi Web 2.0. Interaksi tersebut tentunya haruslah diimbangi dengan kecepatan untuk mengakses, oleh karena itu diperlukan suatu bandwith yang cukup untuk loading data. Loading data tersebut dilakukan saat pertama kali membuka situs, data-data tersebut antara lain CSS, JavaScript, dan XML. Salah satu karakteristiknya adalah adanya dukungan pada pemrograman yang sederhana dan ide akan web service atau RSS. Ketersediaan RSS akan menciptakan kemudahan untuk di-remix oleh website lain dengan menggunakan tampilannya masing-masing dan dukungan pemrograman yang sederhana. Adanya kemajuan inovasi pada antar-muka di sisi pengguna merupakan karakter dari Web 2.0. Dukungan AJAX yang menggabungkan HTML, CSS, Javascript, dan XML pada Yahoo!Mail Beta dan Gmail membuat pengguna merasakan nilai lebih dari sekedar situs penyedia e-mail. Kombinasi media komunikasi seperti Instant Messenger (IM) dan Voice over IP (VoIP) akan semakin memperkuat karakter Web 2.0 di dalam situs tersebut.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#







Web Design Development Lainnya
Pilihan Hosting Control Panel Gratis dan Opensource
Senin, 01 Desember 2008 05:06 WIB
Pilihan Hosting Control Panel Gratis dan Opensource
Bagi pengembang penyedia layanan hosting sepertinya tidak akan aneh lagi dengan namanya CPanel, cPanel adalah sebuah perusahaan hosting otomatisasi yang didorong oleh teknologi dan berdedikasi untuk menyediakan fitur yang paling kaya, mudah digunakan, aplikasi praktis, hanya saja aplikasi ini tentu bukan Pilihan para pengembang yang mempunyai dana kecil seperti saya dan suka kepada gratis dan opensource, dan alasan tak hanya itu, kemudahan customisasi juga saya jadikan alasan yang rasional. Apa saja pilihan hosting panel yang gratis?
Pilih Joomla atau CMS Buat Sendiri?
Minggu, 04 Oktober 2009 04:59 WIB
Pilih Joomla atau CMS Buat Sendiri?
Banyak orang yang bertanya kepada saya? mas enaknya pake apa yah untuk membuat sebuah website. Jawaban saya biasanya relatif didasarkan kepada kebutuhan yang ada. Lalu mendingan pake Joomla atau buat CMS sendiri yah? semuanya tergantung anda. Saya kasih gambaran di halaman detailnya. coba lihat
Mari Berkenalan dengan Hosting
Sabtu, 22 September 2007 17:28 WIB
Mari Berkenalan dengan Hosting
Bagi sebagian orang kata hosting merupakan kata yang aneh dan tidak familiar didengar, namun sebagian yang lain hosting justru menjadi kata-kata keseharian yang tidak bisa ditinggalkan, apa sebenarnya hosting itu ?
Mengukur Kemampuan Dasar PHP dan MySQL
Rabu, 20 Juni 2007 12:14 WIB
Mengukur Kemampuan Dasar PHP dan MySQL
Mungkin ada sebagian dari teman-teman yang membaca tulisan ini sedang belajar membangun situs dengan latar belakang PHP dan MySQL, dan bisa jadi termasuk saya didalamnya. Teringat kemarin saat melakukan interview bagi beberapa murid SMKTI atau Sekolah Menengah Kejuruan Teknonologi Informasi bidang rekayasa perangkat lunak yang tujuannya menyaring beberapa orang untuk masuk dalam sebuah perusahaan yang bergerak dalam software house. Hal yang terpenting dalam interview ini adalah mengukur kemampuan dasar dalam pemograman PHP dan MySQL sebelum menginjak pada pemograman tingkat lanjutnya hingga membangun sistem informasi berbasis web, ingin tau bagaimana cara mengukurnya ? baca saja selengkapnya.
Menonaktifkan Klik Kanan dan Blok Tulisan pada halaman Web
Minggu, 08 April 2007 22:41 WIB
Menonaktifkan Klik Kanan dan Blok Tulisan pada halaman Web
Pernahkah sahabat mengunjungi sebuah website yang tidak bisa diklik kanan, seperti detik.com. Kalo pernah kita coba akan membuatnya bersama? cuma kayaknya ini juga akan berfungsi jika yang mengakses menggunakan Internet Explorer kalau opera bisa gak jalan, jadi kalau sahabat mo ngopi tulisan detik? dari opera aja. Carannya seperti ini