Web Design Development
Tahapan Web Development : Website Planing (2)

Tahapan Web Development : Website Planing (2)

Oleh | Kamis, 13 Februari 2014 07:34 WIB | 61.137 Views | Comments 2014-02-13 07:34:04

Dalam tahap planing ini kita harus menyiapkan beberapa hal yang langsung berhubungan dengan teknis ataupun nonteknis terhadap website yang akan dibangun, antara lain:

  1. Pemilihan Nama Domain
    Sebisa mungkin untuk memilih nama domain dengan 2 pelafalan, jika memang tidak bisa batu naik kedalam 3 pelafalan dan sebisa mungkin bisa diingat, hindari kata-kata yang ambigue dalam penulisan. Ingat! website besar dan terkenal rata 2 kali pelafalan nama seperi gug-gel (google), Fes-buk (Facebook), De-Tik, Twit-ter dan yang lainnya.
     
  2. Pembuatan Sitemap
    Peta situs yang baik dan konsisten akan memudahkan kita dalam menyusun konten dan alur website
     
  3. Pemilihan Istilah di Website
    Sebisa mungkin untuk membuat menu, istilah-istilah yang unik dan nama yang unik dari website yang sudah ada, dengan begitu pengunjung anda akan mudah dalam mengingat.
     
  4. Perancangan Content
    Setelah sitemap terbentuk, coba pikirkan kembali contentnya, perlu dukungan imagekah? perlu dukungan videokah?
     
  5. Pemilihan Killer Content
    Tidak semua content yang dihadirkan akan menjadi bagus di website, maka fokuslah pada sebuah konten yang menjadi killer, dan jadikan content lain sebagai konten pendukung.
     
  6. Pilihan Platform Pengembang
    Jika anda membuat website Dinamis, pilih dari awal akan menggunakan flatform apa? buat sendiri? pakai CMS Opensource? atau menggunakan blog? semuanya terserah anda asal sesuai dengan rencana awal. Jangan lupa untuk mempelajari kelebihan dan kekurangan masing-masing.
     
  7. Corat Coret
    Ambil beberapa lembar kertas putih dan pensil, coret-coretlah gambaran website anda bisa memulai dari alur website (bisnis proses), desain dan hal lain yang akan menjadi patokan anda dalam tahap selanjutnya.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Web Design Development Lainnya
Tahapan Web Development : Information and Idea Gathering (1)
Kamis, 13 Februari 2014 07:24 WIB
Tahapan Web Development : Information and Idea Gathering (1)
Ibarat membangun sebuah rumah, maka ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan terlebih dahulu supaya rumah yang dibangun dapat maksimal, pun begitu dengan membangun sebuah website. Apa saja tahapannya?
Mengenal Website dan Jenis-Jenisnya
Rabu, 29 Januari 2014 05:29 WIB
Mengenal Website dan Jenis-Jenisnya
Sebelum lebih jauh kita melihat tahapan-tahapan dalam membangun sebuah website, kita akan terlebih dahulu memahami apa website itu sendiri. Kalau disederhanakan website bisa diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman web yang salah berhubungan dan kemudian dionlinekan menggunakan jaringan lokal maupun internet.
Merancang Content Website Tours and Travel
Sabtu, 05 Maret 2011 07:24 WIB
Merancang Content Website Tours and Travel
Media promosi tidak lagi terbatas pada media cetak dan elektronik berbasis televise dan radio yang cenderung harganya lebih mahal, alternative yang sangat mungkin dijangkau adalah dengan memanfaatkan internet, selain jangkauan yang luas mendunia, internet juga memungkinkan pemilik usaha dan layanan bisa langsung berinteraksi dengan calon client. Salah satu cara yang dilakukan dalam penggunaan internet adalah membangun website.
Oleh-oleh Seminar Citizen Journalism & Entrepreneurship Detik.com
Sabtu, 12 Februari 2011 14:56 WIB
Oleh-oleh Seminar Citizen Journalism & Entrepreneurship Detik.com
Sangat singkat waktunya namun cukup berkesan dan menarik, itu kalimat oleh-oleh yang saya bawa dari Acara Citizen Journalism & Entrepreneurship Detik.com Roadshow 7 Kota. Kehadiran BDI atau Budiono Darsono dan Raditya Dika menambah semarak acara ini.
Mengenal Web 2.0
Selasa, 24 Februari 2009 20:47 WIB
Mengenal Web 2.0
Dunia internet seakan-akan telah menjadi bagian hidup dari masyarakat modern saat ini. Betapa tidak, karena internet secara lengkap menyediakan kebutuhan akan informasi, berita, serta ilmu pengetahuan. Dengan internet seolah-olah tidak ada lagi batasan antar ruang dan waktu dalam berkomunikasi dengan berbagai orang di berbagai belahan dunia. Sebagai konsumen dari teknologi web tentunya mengharapkan tampilan layar yang mengasyikan serta mudah dipakai dan dimanfaatkan. Pada dasarnya web merupakan suatu kumpulan hyperlink yang menuju dari alamat satu ke alamat lainnya dengan bahasa HTML (HyperText Markup Languange).
Pilihan Hosting Control Panel Gratis dan Opensource
Senin, 01 Desember 2008 05:06 WIB
Pilihan Hosting Control Panel Gratis dan Opensource
Bagi pengembang penyedia layanan hosting sepertinya tidak akan aneh lagi dengan namanya CPanel, cPanel adalah sebuah perusahaan hosting otomatisasi yang didorong oleh teknologi dan berdedikasi untuk menyediakan fitur yang paling kaya, mudah digunakan, aplikasi praktis, hanya saja aplikasi ini tentu bukan Pilihan para pengembang yang mempunyai dana kecil seperti saya dan suka kepada gratis dan opensource, dan alasan tak hanya itu, kemudahan customisasi juga saya jadikan alasan yang rasional. Apa saja pilihan hosting panel yang gratis?