Windows dan Seputarnya
Mengupas Lebih dalam perintah Undo dan Redo

Mengupas Lebih dalam perintah Undo dan Redo

Oleh | Jum'at, 08 Juni 2007 07:02 WIB | 3.537 Views | Comments 2007-06-08 07:02:46

Adalah Algoritma tumpukan yang digunakan sebagai dasar untuk menjalankan proses semacam ini, baik kita akan coba analogikan dalam penumpukan bata. anggap saja bata-bata yang akan kita tumpuk memiliki nomor dan kita juga mulai menerjemahkan dalam proses komputer. Baik sekarang kita mulai, bata satu disimpan kita samakan dengan pengetikan sebuah kata anggap saja itu kata "saya", selanjutnya diatas bata nomor 1 tadi kita simpan lagi bata kedua yang merupakan repsentasi dari pengetikan kata "berangkat" dan kita lanjutkan hingga bata ke sekian, misalkan kata yang telah terbentuk adalah "Saya berangkat kepasar menggunakan sepeda motor" berarti jika dianalogikan sudah ada 6 tumpukan bata.

Sekarang apa hubungannya dengan undo (Control+Z) dan redo(Control+Y) ? Ketika kita akan kembali kepada posisi bata yang ke 3 maka kita harus membuang satu persatu bata yang ada diatasnya yaitu bata 6,5,4 baru kita bisa menemukan bata yang ketiga. Maka implementasinya ketika kita memerintahan undo, secara otomatis komputer akan membuang satu tumpukan hingga menuju tingkatan yang dituju. Sebaliknya jika setelah itu kita redo lagi maka kita akan coba memasang lagi bata-bata yang telah kita copot tadi hingga kembali keposisi 6 dengan kalimat penuh. Untuk lebih jelasnya kita liat animasi sederhana yang saya buat berikut ini.



Kita bisa melihat, karakteristik sebuah tumpukan adalah kita tidak bisa mengambil salah satu elemen yang ada ditengah-tengah, memang mudah kalau hanya 6 bata, kita bisa mengangkatnya dan mengambil yang diinginkan, tapi bayangkan ketika yang ditumpuk adalah 6000 bata. Maka tidak munngkin sebuah kalimat berkurang ditengah-tengah misalkan ketika kita selesai mengetikan kata
"Saya berangkat kepasar menggunakan sepeda motor" maka redo akan mengurangi satu-persatu dengan teratur tidak mungkin kata "kepasar" yang akan dikurangi dulu. Tetapi berdarkan karakteristik tumpukan.

Representasi dalam sebuah komputer tersimpan dalam memori. Ketika kita mengetikan sesuatu maka tersimpan sementara sebelum disave kedalam perangkat penyimpan lain, nah semakin banyak mengetik maka tumpukan ketikan yang ada dimemori semakin banyak , ketika kita perintahkan redo atau undo maka memori akan membuka tumpukan-tumpukan itu sesusai keinginan. Karena proses tumpukan akan sangat mempengaruhi memori, maka banyak aplikasi yang membatasi redo dan undo sampai sekian kali. Bagaimana menurut pendapat temen-temen?

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Windows dan Seputarnya Lainnya
Lynx Browser untuk Microsoft Windows
Jum'at, 20 April 2007 22:26 WIB
Lynx Browser untuk Microsoft Windows
Browsing di linux console menggunakan lynx memang biasa dilakukan, khusunya kalau ngecek status internet server, atau memang kita senang menggunakan lynx. Lynx merupakan browser yang berbasis text murni dimana sebuah halaman web akan ditampilkan hanya text saja, jika ada gambar biasanya akan diberitau, itupun yang gambar yang memiliki alt dalam tag htmlnya. Malam ini saya coba buka detikdotcom untuk melihat berita alakadarnya, tapi ternyata setelah dicoba menggunakan 3 buah browser yaitu Internet Explorer, Firefox dan Mozilla semuanya bermasalah dengan flash yang diembed dihalaman detik.com, akhirnya saya coba cari lynx versi windows. Masih kuat ? lanjutkan
Photo Liburanku di Bali
Minggu, 08 April 2007 23:00 WIB
Photo Liburanku di Bali
Pernahkah sahabat mendapatkan email dari mesin spam atau junk email, biasanya email-email ini masuk ke bulk forder kalo di yahoo.com, tapi bagi anda pengguna email selain itu seperti pengguna postfix dengan squirrelmail webmail, atau kalau sahabat tidak tau istilah keduanya, jika email ada dengan domain co.id atau yang lainnya biasanya gak jauh dari istilah itu. Foto Liburanku di bali sebenernya bukan photoku waktu kebali, lagian uang dari mana kecuali yang ditunjuk ikutan APRICOT di bali, jadi bisa ke bali, kalau aku sih biasanya ke tempat lahir aja, pangandaran, toh sama sama laut. Nah balik lagi ke "Photo liburanku di bali", aku dapet email dengan subjet itu..ternyata.bukan photo didalemnya..lihat lengkapnya..