Windows dan Seputarnya
Mengedit Film Menggunakan Movie Maker

Mengedit Film Menggunakan Movie Maker

Oleh | Selasa, 19 Mei 2009 06:04 WIB | 94.158 Views | Comments 2009-05-19 06:04:08

Digital video editing sering kali hanya digunakan dan dapat dilakukan oleh orang tertentu saja. Namun dengan perkembangan teknologi saat ini, memungkinkan semua orang dapat membuat rekaman video pribadinya. Hanya bermodal PC dengan spesifikasi tertentu ditunjang software video editing maka segalanya akan beres. Saat ini kita akan coba membawa tips bagaimana mengedit video menggunakan software yang umumnya sudah tersedia buat anda yang menggunakan system operasi windows XP. Nama software itu adalah Movie maker, aplikasi ini dapat anda jalankan melalui Menu Program. Berikut ini adalah tipsnya untuk anda:

 

  1. Sebelum kita melakukan editing untuk video kita sudah barang tentu kita harus menyediakan video yang akan kita edit terlebih dahulu. Untuk pengguna Handycam anda bisa langsung transfer menggunakan kabel firewire, USB atau kabel S-Video yang dibawa oleh handycam. Dan untuk anda yang mengambil video menggunakan handphone atau yang lainnya juga dapat melakukan cara yang serupa.
  2. Jalankan Aplikasi Movie maker dikomputer anda, jika anda belum mempunyai video dikomputer anda tetapi masih didalam handycam maka kita akan mengcapture terlebih dahulu dengan mengklik menu capture video from device. Pastikan kabel handycam sudah terhubung kedalam PC anda. Jika sudah siap maka anda tinggal memulai capture hingga selesai hingga akhir video anda.
  3. Jika video yang akan kita edit sudah ada dalam computer kita maka hal yang harus dilakukan yaitu dengan import video, image hasil jepretan kamera kita atau music-music yang sudah kita siapkan untuk memperindah hasil editan video kita.
  4. Andai semua video dan gambar-gambar yang akan diedit sudah siap maka kita selanjutnya akan melakukan editing dari video tersebut. Movie maker memang didesain untuk editor movie rumahan sehingga efek dan transisi serta hal lainnya dibuat instant untuk pengguna rumahan, namun demikian, software ini lebih dari cukup untuk menghasilkan video yang bagus.
  5. Setelah video  masuk pada daftar COLLECTION. Dan video tersebut akan secara otomatis terpotong potong menjadi beberapa bagian frame.jika anda ingin memotong kembali video tersebut menjadi beberapa bagian yang lebih banyak maka pilih bagian video yang akan dipotong lalu jalankan dengan menekan tombol PLAY lalu tekan tombol SPLIT THE CLIP INTO TWO CLIPS AT THE CURRENT FRAME yang ada dibawah layar video yang sedang dimainkan tersebut.
  6. Setelah puas memotong video ke beberapa bagian, letakkan video yang anda inginkan (Drag) ke dalam STORYBOARD yang terletak pada bagian paling bawah dari program ini. Jika ingin memasukan semua secara langsung pilih tombol CLTR+A lalu drag.
  7. Jika ingin menambahkan efek tertentu pada video anda pilih VIEW VIDEO EFFECTS. Maka akan muncul beberapa efek yang siap dipakai. Pilih salah satu efek tersebut lalu letakkan pada bagian video yang diinginkan yang ada di Storyboard tadi. Untuk melihat hasilnya pilih video yang sudah diberi efek lalu mainkan.
  8. Jika ingin menambahkan animasi perpindahan bagian antar video (Transisi) pilih VIEW VIDEO TRANSISIONS. Maka akan muncul beberapa Transisi yang siap dipakai. Pilih salah satu Transisi tersebut lalu letakkan pada bagian video yang diinginkan yang ada di Storyboard tadi. Untuk melihat hasilnya pilih video yang sudah diberi Transisi lalu mainkan.
  9. Jika ingin menambahkan Teks atau tulisan pilih MAKES TITLES OR CREDITS. Maka akan muncul beberapa pilihan pilih salah satu dari beberapa pilihan tersebut lalu masukan tulisan yang anda ingin tambahkan ke dalam video tadi. Jika ingin menambahkan animasi pada tulisan tadi tinggal klik tombol CHANGE THE TITLE ANIMATION. Lalu pilih animasi yang diinginkan.Jika ingin mengganti bentuk atau warna huruf tulisan yang anda ketik tinggal klik tombol CHANGE THE TEXT FONT OR COLOR. Lalu pilih bentuk tulisan yang diinginkan. Jika sudah puas mengganti tulisan tulisan tersebut pilih DONE, ADD TITLE TO MOVIE.
  10. Video yang telah anda edit tinggal di simpan di dalam komputer dengan menekan SAVE TO MY COMPUTER atau menyimpannya ke dalam CD dengan menekan SAVE TO CD atau mengirimnya dengan Email dengan menekan SEND IN EMAIL atau mengirimnya ke Web atau situs anda dengan menekan SEND TO THE WEB atau menyimpannya ke dalam DV Camera dengan menekan SEND TO DV CAMERA. Untuk mengetahui hasilnya saya sarankan untuk menyimpan di dalam komputer anda dengan menekan SAVE TO MY COMPUTER.Video yang sudah di edit siap dimainkan

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Windows dan Seputarnya Lainnya
Download Website Sekaligus Menggunakan HTTrack Website Copier
Rabu, 25 Maret 2009 04:56 WIB
Download Website Sekaligus Menggunakan HTTrack Website Copier
Jika anda suka dengan isi suatu website tetapi tidak punya waktu atau uang untuk membacanya pada saat itu juga, maka Anda bisa memakai HTTrack. HTTrack adalah sebuah website copier yang fungsinya adalah menyalin keseluruhan isi dari suatu website untuk nantinya dapat dibaca secara offline. Software ini tentunya sangat berguna jika anda pergunakan di warnet, karena dapat menghemat waktu untuk menyimpan secara manual atau membaca di tempat.
Software Pengusir Nyamuk, Benarkah Bekerja?
Jum'at, 10 Agustus 2007 05:51 WIB
Software Pengusir Nyamuk, Benarkah Bekerja?
Tulisan ini sengaja saya buat ketika berfikir beberapa saat tentang teman-temanku yang sakit demam berdarah, ya, fokusnya adalah seekor binatang berjenis nyamuk yang bisa menularkan Virus Demam Berdarah. Saya masih ingat ketika tahun 2004 dulu ada yang memberi software anti nyambuk yang dipasang dikomputer, terkadang hati bertanya, benar gak yah bekerja dengan baik softaware anti nyamuk ini? baca selengkapnya
Mengupas Lebih dalam perintah Undo dan Redo
Jum'at, 08 Juni 2007 07:02 WIB
Mengupas Lebih dalam perintah Undo dan Redo
Rasanya jemari kita sudah terbiasanya dengan kombinasi beberapa tuts yang ada dalam keyboard, salah satu yang sering kita gunakan selelah Control + S untuk menyimpan file yang sedang kita buat atau sedang kita edit yaitu Control+Z untuk mengulangi apa yang kita lakukan, sekarang kita akan coba bedah bagaimana sebenarnya sistem komputer bekerja pada saat kita melakukan undo dan redo itu, dan bagaimana pula prinsip dasar yang dipakai untuk menjalankan proses itu, masih penasarankan? silahkan baca selengkapnya.
Lynx Browser untuk Microsoft Windows
Jum'at, 20 April 2007 22:26 WIB
Lynx Browser untuk Microsoft Windows
Browsing di linux console menggunakan lynx memang biasa dilakukan, khusunya kalau ngecek status internet server, atau memang kita senang menggunakan lynx. Lynx merupakan browser yang berbasis text murni dimana sebuah halaman web akan ditampilkan hanya text saja, jika ada gambar biasanya akan diberitau, itupun yang gambar yang memiliki alt dalam tag htmlnya. Malam ini saya coba buka detikdotcom untuk melihat berita alakadarnya, tapi ternyata setelah dicoba menggunakan 3 buah browser yaitu Internet Explorer, Firefox dan Mozilla semuanya bermasalah dengan flash yang diembed dihalaman detik.com, akhirnya saya coba cari lynx versi windows. Masih kuat ? lanjutkan
Photo Liburanku di Bali
Minggu, 08 April 2007 23:00 WIB
Photo Liburanku di Bali
Pernahkah sahabat mendapatkan email dari mesin spam atau junk email, biasanya email-email ini masuk ke bulk forder kalo di yahoo.com, tapi bagi anda pengguna email selain itu seperti pengguna postfix dengan squirrelmail webmail, atau kalau sahabat tidak tau istilah keduanya, jika email ada dengan domain co.id atau yang lainnya biasanya gak jauh dari istilah itu. Foto Liburanku di bali sebenernya bukan photoku waktu kebali, lagian uang dari mana kecuali yang ditunjuk ikutan APRICOT di bali, jadi bisa ke bali, kalau aku sih biasanya ke tempat lahir aja, pangandaran, toh sama sama laut. Nah balik lagi ke "Photo liburanku di bali", aku dapet email dengan subjet itu..ternyata.bukan photo didalemnya..lihat lengkapnya..