Windows dan Seputarnya
Tips Mengenal Tipuan Email Phising

Tips Mengenal Tipuan Email Phising

Sabtu, 28 November 2009 20:31 WIB | 3.331 Views | Comments 2009-11-28 20:31:56

Di zaman sekarang orang sudah familiar dengan yang namanya e-mail, dari anak-anak sampai orang dewasa pun sudah tahu apa itu namanya e-mail. Karena fasilitas yang satu ini banyak sekali kegunaanya, kita bisa kirim data, kirim foto, ataupun kirim aplikasi dengan hanya hitungan detik, menit ato jam. Dan ini lebih cepat dari pada kita memakai jasa travel.

Tapi di sisi lain e-mail juga bisa membuat kita kehilangan apa yang kita punya, dalam hal ini biasanya adalah uang. Dalam kesempatan ini kita akan membicarakan masalah yang kaitannya dengan e-mail. Masalah yang akan kita bahas adalah tentang E-mail Phising.

Sebelumnya kita harus mengerti apakah itu yang namanya e-mail phising itu?
“Phising merupakan teknik licik yang digunakan oleh pencuri dan hacker untuk menipu pengguna internet dengan cara mencuri informasi penting, biasanya hal ini berkenaan dengan informasi keuangan (nomor rekening dan kartu kredit) dan informasi login (ID dan password).

Biasanya sasaran para penjahat ini adalah, orang yang bertransaksi secara online melalui website perbankan. Dengan cara mereka membuat e-mail palsu yang sangat mirip sekali dengan e-mail resmi dari institusi keuangan. Biasanya isi pesan dari e-mail palsu ini sangat meyakinkan sekali, karena sangat mirip sekali dengan e-mail yang resmi. Sehingga orang yang tidak tahu pasti akan mengunjungi website tersebut.

Dan user yang sudah login ke website tersebut, pastinya akan mulai mengisikan formulir informasi tentang data pribadinya dan keuangannya. Maka informasi yang sudah tertulis tersebut sudah mulai masuk ke database penjahat atau hacker tersebut, dengan demikian para penjahat tersebut dengan sangat leluasa memindahkan data-data atau isi rekening tersebut ke rekening si penjahat tersebut. Biasanya orang yang sudah tertipu tersebut baru menyadarinya saat dirinya mendapatkan atau menerima surat pernyataan dari bank atau penerbit kartu kreditnya tersebut.

Sebaiknya untuk menghindari penipuan terhadap e-mail phising ini, kita harus mengerti beberapa tips agar kita tidak tertipu. Berikut ada beberapa tips dari kami, semoga tips tersebut dapat membantu anda.

  1. Jangan langsung membalas e-mail yang berasal dari insitusi keuangan, sebelum itu coba hubungi dulu pihak bank anda untuk memastikan kebenaran e-mail tersebut.
  2. Perhatikan kesalahan ketik atau tata bahasa yang kurang tepat pada pesan e-mail yang telah dikirimkan.
  3. Cermati simbol @ pada alamat website yang tertera pada pesan e-mail. Bisa jadi alamat website tersebut bertuliskan: www.namabank.com@www.hackersite.com. Browser tidak akan memproses semua tulisan sebelum simbol “@”. Jadi, pencuri bisa saja meletakkan alamat website pribadinya setelah simbol “@”. Website tersebutlah yang akan anda kunjungi, untuk itu sebaiknya selalu perhatikan alamat website yang tertera pada link.
  4. Biasanya beberapa karakter dalam alamat website bank bisa diganti dengan karakter yang hampir sama. Sebagai contoh, huruf L diganti dengan angka “1″. Kedua karakter ini sekilas terlihat sama. Website www.paypal.com mungkin bisa diubah menjadi paypa1.com dan anda mungkin tidak menyadari perbedaan ini.
  5. Saat website bank ditampilkan, perhatikan icon gembok yang berda di bagian bawah browser Website. Jika ada, berarti website tersebut aman. Jika icon gembok tidak ada, segera tutup browser tersebut.

 

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Windows dan Seputarnya Lainnya
Mengedit Film Menggunakan Movie Maker
Selasa, 19 Mei 2009 06:04 WIB
Mengedit Film Menggunakan Movie Maker
Digital video editing sering kali hanya digunakan dan dapat dilakukan oleh orang tertentu saja. Namun dengan perkembangan teknologi saat ini, memungkinkan semua orang dapat membuat rekaman video pribadinya. Hanya bermodal PC dengan spesifikasi tertentu ditunjang software video editing maka segalanya akan beres. Saat ini kita akan coba membawa tips bagaimana mengedit video menggunakan software yang umumnya sudah tersedia buat anda yang menggunakan system operasi windows XP. Nama software itu adalah Movie maker, aplikasi ini dapat anda jalankan melalui Menu Program
Download Website Sekaligus Menggunakan HTTrack Website Copier
Rabu, 25 Maret 2009 04:56 WIB
Download Website Sekaligus Menggunakan HTTrack Website Copier
Jika anda suka dengan isi suatu website tetapi tidak punya waktu atau uang untuk membacanya pada saat itu juga, maka Anda bisa memakai HTTrack. HTTrack adalah sebuah website copier yang fungsinya adalah menyalin keseluruhan isi dari suatu website untuk nantinya dapat dibaca secara offline. Software ini tentunya sangat berguna jika anda pergunakan di warnet, karena dapat menghemat waktu untuk menyimpan secara manual atau membaca di tempat.
Software Pengusir Nyamuk, Benarkah Bekerja?
Jum'at, 10 Agustus 2007 05:51 WIB
Software Pengusir Nyamuk, Benarkah Bekerja?
Tulisan ini sengaja saya buat ketika berfikir beberapa saat tentang teman-temanku yang sakit demam berdarah, ya, fokusnya adalah seekor binatang berjenis nyamuk yang bisa menularkan Virus Demam Berdarah. Saya masih ingat ketika tahun 2004 dulu ada yang memberi software anti nyambuk yang dipasang dikomputer, terkadang hati bertanya, benar gak yah bekerja dengan baik softaware anti nyamuk ini? baca selengkapnya
Mengupas Lebih dalam perintah Undo dan Redo
Jum'at, 08 Juni 2007 07:02 WIB
Mengupas Lebih dalam perintah Undo dan Redo
Rasanya jemari kita sudah terbiasanya dengan kombinasi beberapa tuts yang ada dalam keyboard, salah satu yang sering kita gunakan selelah Control + S untuk menyimpan file yang sedang kita buat atau sedang kita edit yaitu Control+Z untuk mengulangi apa yang kita lakukan, sekarang kita akan coba bedah bagaimana sebenarnya sistem komputer bekerja pada saat kita melakukan undo dan redo itu, dan bagaimana pula prinsip dasar yang dipakai untuk menjalankan proses itu, masih penasarankan? silahkan baca selengkapnya.
Lynx Browser untuk Microsoft Windows
Jum'at, 20 April 2007 22:26 WIB
Lynx Browser untuk Microsoft Windows
Browsing di linux console menggunakan lynx memang biasa dilakukan, khusunya kalau ngecek status internet server, atau memang kita senang menggunakan lynx. Lynx merupakan browser yang berbasis text murni dimana sebuah halaman web akan ditampilkan hanya text saja, jika ada gambar biasanya akan diberitau, itupun yang gambar yang memiliki alt dalam tag htmlnya. Malam ini saya coba buka detikdotcom untuk melihat berita alakadarnya, tapi ternyata setelah dicoba menggunakan 3 buah browser yaitu Internet Explorer, Firefox dan Mozilla semuanya bermasalah dengan flash yang diembed dihalaman detik.com, akhirnya saya coba cari lynx versi windows. Masih kuat ? lanjutkan
Photo Liburanku di Bali
Minggu, 08 April 2007 23:00 WIB
Photo Liburanku di Bali
Pernahkah sahabat mendapatkan email dari mesin spam atau junk email, biasanya email-email ini masuk ke bulk forder kalo di yahoo.com, tapi bagi anda pengguna email selain itu seperti pengguna postfix dengan squirrelmail webmail, atau kalau sahabat tidak tau istilah keduanya, jika email ada dengan domain co.id atau yang lainnya biasanya gak jauh dari istilah itu. Foto Liburanku di bali sebenernya bukan photoku waktu kebali, lagian uang dari mana kecuali yang ditunjuk ikutan APRICOT di bali, jadi bisa ke bali, kalau aku sih biasanya ke tempat lahir aja, pangandaran, toh sama sama laut. Nah balik lagi ke "Photo liburanku di bali", aku dapet email dengan subjet itu..ternyata.bukan photo didalemnya..lihat lengkapnya..