Windows dan Seputarnya
Mengenal Virus pada File Dokumen

Mengenal Virus pada File Dokumen

Minggu, 20 Desember 2009 17:16 WIB | 6.046 Views | Comments 2009-12-20 17:16:52

Istilah "Banyak Jalan menuju ke Roma" atapun "Tak ada tali akarpun jadi" sepertinya saat ini tidak hanya dapat dipergunakan oleh manusia saja, tetapi viruspun sudah menggunakan istilah ini dalam penyebarannya. Pembuat virus sepertinya tidak kehabisan akal untuk mencari jalan baru untuk melakukan serangan kepada komputer korban atau sistem jaringan yang menjadi target. Salah satu jalan yang ditempuh adalah dengan memanfaatkan file dokumen yang hampir setiap pengguna komputer menggunakannya setiap menyalakan komputer. Modus pemanfaatan dokumen itu sendiri dilakukan dengan melakukan penyamaran sebagai file dokumen atau menyisipkan di file dokumennya itu sendiri.

Kenapa Mesti Dokomen?

Hampir semua komputer yang ada saat ini pasti terpasang aplikasi Office Suite seperti Microsoft Office ataupun Program Office lainnnya, hal ini terjadi karena rata-rata komputer rumahan dan komputer perkantoran digunakan untuk memproses dokumen, baik hanya dokumen text sederhana maupun dokumen yang rumit. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh para pembuat virus sebagai jalan masuknya virus kekomputer korban atau merusak file dokumennya itu sendiri. Kecerobohan dan ketidaktauan pengguna juga menjadi jalan emuk untuk sebuah virus dalam menjalankan seranganmya. Selain dari sering digunakan, file dokumen juga memiliki ukuran yang kecil-kecil, apalagi didokumen tersebut tidak disisipi gambar. Dengan ukuran yang sangat kecil file-file dokumen akan sangat mudah ditransfer kesana kemari baik menggunakan media online ataupun harddrive seperti flashdisk dan disket.

Mobilitas file dokumen yang sangat tinggi inilah yang dimanfaatkan oleh pembuat virus untuk lebih gencar melakukan penyebaran virus, sebagai contoh seorang mahasiswa membuat satu dokumen tugas akhir, secara tidak tau dokumen tersebut disisipi virus yang membahayakan, karena merasa aman, file dokumen tugas akhir digunakan teman-temannya sebagai contoh, alhasil file tersebut sangat cepat menyebar dan menyebar. 

Adalah virus Kangen yang mempunyai kemiripan dengan virus Pesin dengan beberapa perbedaan kecil. Sama seperti Pesin atau MyHeart, Kangen menyebar melalui disket dan jaringan (File Sharing) dan akan membuat file yang mengandung virus mirip dengan dengan icon file dokumen Microsoft Word dengan ekstensi EXE (executable). Dalam menyebarkan dirinya melalui jaringan (file sharing), Kangen tidak dapat berjalan secara otomatis melainkan memerlukan bantuan pihak ketiga untuk menjalankan file yang telah terinfeksi. Dengan modus penyamaran sebagai file Microsoft Word dengan nama file kangen, maka orang awam bisa saja langsung mengklik dan secara otomatis akan menjalankan virus tadi, munculah aplikasi microsoft word yang berisikan lagu kangen milik Dewa 19 sebagai tanda bahwa komputer tersebut telah terinfeksi dan siap menerima akibatnya. 

Virus Dokumen yang paling sepuh adalah virus macro yang terdapat di file Dokumen, walaupun virus ini saat ini tidak terlalu berbahaya, namun keberadaannya terkadang sangat menyebalkan, oleh karena itu vendor-vendor pembuat aplikasi Office Suite selalu menyertakan antivirus internal yang mendeteksi keberadaan virus ini sebelum dokumen dibuka.

Kenali Karakateristiknya

Banyaknya jenis virus komputer yang ada semakin banyak pula karakteristik yang terdapat pada masing-masing virus. Untuk jenis virus yang berhubungan dengan dokumen biasanya beraksi dengan menyamar diri menjadi file documennya itu sendiri, misalkan dengan memasang icon microsoft word pada dirinya sehingga korban mudah tertipu karena sebenarnya file tersebut bukan word asli melainkan exe. Virus penyerang dokumen biasanya mempunyai ukuran file yang kecil-kecil, hal ini kemungkinan untuk mempermudah penyebaran, ukuran file virus penyerang dokumen tidak lebih dari 100 Kilobytes. Tipe infeksi yang sering dilakukan biasanya menghidden file dokumen yang kita punya atau merusak isi dari dokumen itu sendiri, yang paling berhaya adalah ketika virus melakukan penghapusan file dokumen. Virus penyerang dokumen  biasanya akan selalu menggandakan dirinya setelah komputer korban terinfeksi, hal pertama yang dilakukannya adalah mematikan service-service yang ada dimemory sehingga service tadi tidak menghapusnya. Hal yang paling berbahaya adalah ketika virus selalu melakukan restart terhadap sistem, jika kejadian ini terjadi berulang ulang akan menyebabkan harddisk crash dan tidak bisa digunakan lagi.

Tindakan Preventif

Menjadi sebuah keharusan jika anda pengguna Microsoft Windows untuk selalu memasang antivirus dikomputer anda, tetapi jangan merasa nyaman dulu jika antivirus anda jarang diupdate, oleh karena itu updating antivirus akan sangat membantu anda dalam menangkal atau menghindari virus-virus terbaru. Hal lain yang harus dilakukan adalah sikap kehati-hatian kita yang harus ditingkatkan, ketika kita mengcopy file dari tempat-tempat umum seperti laboratorium, warnet atau komputer teman, pastikan tidak ada virus yang ikut didalamnya dengan melakukan scanning terlebih dahulu atau melihat secara fisik file-file yang ada didalamnya. Andai saja komputer anda terlanjur sudah terinfeksi, maka yang harus anda lakukan adalah dengan mencari removalnya jika antivirus yang anda miliki tidak  bekerja atau dengan berkunjung ke website-website yang menyediakan panduan penghapusan virus tertentu.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Windows dan Seputarnya Lainnya
Tips Mengenal Tipuan Email Phising
Sabtu, 28 November 2009 20:31 WIB
Tips Mengenal Tipuan Email Phising
Di zaman sekarang orang sudah familiar dengan yang namanya e-mail, dari anak-anak sampai orang dewasa pun sudah tahu apa itu namanya e-mail. Karena fasilitas yang satu ini banyak sekali kegunaanya, kita bisa kirim data, kirim foto, ataupun kirim aplikasi dengan hanya hitungan detik, menit ato jam. Dan ini lebih cepat dari pada kita memakai jasa travel.
Mengedit Film Menggunakan Movie Maker
Selasa, 19 Mei 2009 06:04 WIB
Mengedit Film Menggunakan Movie Maker
Digital video editing sering kali hanya digunakan dan dapat dilakukan oleh orang tertentu saja. Namun dengan perkembangan teknologi saat ini, memungkinkan semua orang dapat membuat rekaman video pribadinya. Hanya bermodal PC dengan spesifikasi tertentu ditunjang software video editing maka segalanya akan beres. Saat ini kita akan coba membawa tips bagaimana mengedit video menggunakan software yang umumnya sudah tersedia buat anda yang menggunakan system operasi windows XP. Nama software itu adalah Movie maker, aplikasi ini dapat anda jalankan melalui Menu Program
Download Website Sekaligus Menggunakan HTTrack Website Copier
Rabu, 25 Maret 2009 04:56 WIB
Download Website Sekaligus Menggunakan HTTrack Website Copier
Jika anda suka dengan isi suatu website tetapi tidak punya waktu atau uang untuk membacanya pada saat itu juga, maka Anda bisa memakai HTTrack. HTTrack adalah sebuah website copier yang fungsinya adalah menyalin keseluruhan isi dari suatu website untuk nantinya dapat dibaca secara offline. Software ini tentunya sangat berguna jika anda pergunakan di warnet, karena dapat menghemat waktu untuk menyimpan secara manual atau membaca di tempat.
Software Pengusir Nyamuk, Benarkah Bekerja?
Jum'at, 10 Agustus 2007 05:51 WIB
Software Pengusir Nyamuk, Benarkah Bekerja?
Tulisan ini sengaja saya buat ketika berfikir beberapa saat tentang teman-temanku yang sakit demam berdarah, ya, fokusnya adalah seekor binatang berjenis nyamuk yang bisa menularkan Virus Demam Berdarah. Saya masih ingat ketika tahun 2004 dulu ada yang memberi software anti nyambuk yang dipasang dikomputer, terkadang hati bertanya, benar gak yah bekerja dengan baik softaware anti nyamuk ini? baca selengkapnya
Mengupas Lebih dalam perintah Undo dan Redo
Jum'at, 08 Juni 2007 07:02 WIB
Mengupas Lebih dalam perintah Undo dan Redo
Rasanya jemari kita sudah terbiasanya dengan kombinasi beberapa tuts yang ada dalam keyboard, salah satu yang sering kita gunakan selelah Control + S untuk menyimpan file yang sedang kita buat atau sedang kita edit yaitu Control+Z untuk mengulangi apa yang kita lakukan, sekarang kita akan coba bedah bagaimana sebenarnya sistem komputer bekerja pada saat kita melakukan undo dan redo itu, dan bagaimana pula prinsip dasar yang dipakai untuk menjalankan proses itu, masih penasarankan? silahkan baca selengkapnya.
Lynx Browser untuk Microsoft Windows
Jum'at, 20 April 2007 22:26 WIB
Lynx Browser untuk Microsoft Windows
Browsing di linux console menggunakan lynx memang biasa dilakukan, khusunya kalau ngecek status internet server, atau memang kita senang menggunakan lynx. Lynx merupakan browser yang berbasis text murni dimana sebuah halaman web akan ditampilkan hanya text saja, jika ada gambar biasanya akan diberitau, itupun yang gambar yang memiliki alt dalam tag htmlnya. Malam ini saya coba buka detikdotcom untuk melihat berita alakadarnya, tapi ternyata setelah dicoba menggunakan 3 buah browser yaitu Internet Explorer, Firefox dan Mozilla semuanya bermasalah dengan flash yang diembed dihalaman detik.com, akhirnya saya coba cari lynx versi windows. Masih kuat ? lanjutkan