Web Design Development
Mengenal Website dan Jenis-Jenisnya

Mengenal Website dan Jenis-Jenisnya

Oleh | Rabu, 29 Januari 2014 05:29 WIB | 47.569 Views | Comments 2014-01-29 05:29:35

Teknologi internet sangat beragam jenis dan penggunaannya, tapi umumnya Internet sangat identik dengan namanya website walaupun website sebenarnya website adalah teknologi yang menumpang pada infrastruktur internet dengan kata lain, internet adalah infrastrukturnya dan website adalah contentnya. Bisa juga dianalogikan dengan internet itu sebagai televisi dan website adalah program acaranya.

Sebelum lebih jauh kita melihat tahapan-tahapan dalam membangun sebuah website, kita akan terlebih dahulu memahami apa website itu sendiri. Kalau disederhanakan website bisa diartikan sebagai kumpulan halaman-halaman web yang salah berhubungan dan kemudian dionlinekan menggunakan jaringan lokal maupun internet.

Web dapat dapat dikelompokan kedalam beberapa kelompok bisa berdasarkan tujuannya, besar kecilnya hingga karakteristik website itu sendiri. Jenis Website Berdasarkan Sifatnya:

  1. Website Dinamis
    Merupakan website yang contentnya dapat berubah setiap saat. Contoh dari website dinamis ini antara lain adalah wikipedia, mypangandaran, abatasa, detik, tokobagus dan blog. Faktor utama yang membuat sebuah web menjadi dinamis adalah Content Management System. Dengan adanya CMS ini, siapapun yang memiliki akses ke administrator website dapat mengupdate contentnya dengan sangat mudah.
     
  2. Website Statis
    Merupakan website yang jarang sekali dirubah karena memang tidak diperlukan perubahan yang sangat sering. Contohnya adalah website company profile dan website profil organisasi.
Selain sifat, biasanya jenis website juga dibedakan berdasarkan fungsi utamanya. Selanjutnya dibawah ini adalah jenis-jenis website apabila dibedakan berdasarkan fungsinya:
  1. Search Engine.
    Fungsi dari website ini adalah sebagai pencari website lain. Contohnya adalah Google, dan Yahoo!
     
  2. Blog.
    Blog ini bisa dibilang catatan harian dari pemilik website.Fungsi dari website blog adalah publikasi artikel / content yang berfokus pada manajemen artikel.
     
  3. Social Networking.
    Contoh dari website networking ini adalah facebook dan twitter, dimana website menyediakan fasilitas untuk para member agar dapat berinteraksi dengan member yang lain.
     
  4. Forum.
    Website forum sebenarnya mirip dengan website networking, namun lebih berfokus pada kemampuan para member untuk berdiskusi. Website forum yang terbesar di Indonesia saat ini adalah kaskus.
     
  5. Berita.
    Website berita berfungsi untuk mengelola dan mempublikasikan berita kepada para pengunjung di internet. Website berita yang paling banyak pengunjungnya di Indonesia sekarang ini adalah detik.
     
  6. Gallery.
    Fungsi dari website gallery adalah menyediakan fasilitas publikasi foto dan gambar secara online, mengelolanya, kemudian mempublikasikannya. Contoh website gallery adalah picasa.
     
  7. Multimedia.
    Siapa yang tidak tahu Youtube? Itulah contoh website multimedia, dimana kita dapat melakukan streaming untuk video, maupun audio tanpa mengunduhnya terlebih dahulu. Untuk mengakses website multimedia akan diperlukan internet dengan kecepatan koneksi yang cukup tinggi.
     
  8. E-Learning.
    Biasanya website e-learning dimanfaatkan oleh organisasi pendidikan untuk menyediakan fasilitas belajar melalui internet. Pembelajaran dapat menjadi interaktif dengan adanya website e-learning ini. Contoh website e-learning adalah website-website universitas.
     
  9. E-Commerce.
    Website E-Commerce adalah yang paling boom-ing sekarang ini. Website jenis E-Commerce berperan sebagai toko online. Contohnya adalah Tokobagus, Amazon, Bhineka dan E-Bay.

Bisa juga kita mengelompokan website berdasarkan jenis domain yang digunakan sebagai tanda peruntukannya untuk apa saja.
  1. Web Bisnis dan Web Perusahaan
    Website dibuat dengan orientasi bisnis ataupun perusahaan yang bergerak dalam bidang bisnis, biasanya memakai domain .com untuk Top Level Domainnya (TLD) dan .co.id untuk Country Top Level Domainnya terkadang juga menggunakan akhiran .net dan .net.id untuk bisnis jaringan.
     
  2. Web Pemerintahan
    Sedangkan website yang sengaja dipergunakan untuk kepentingan pemerintah bisanya menggunakan domain .gov atau juga .go.id
     
  3. Web Lembaga dan Organisasi
    Lembaga nirlaba atau sering identik dengan yayasan juga bisa membangun sebuah website, biasanya menggunakan domain berakhiran .org atau .or.id
     
  4. Web Lembaga Pendidikan
    Jika sebuah lembaga pendidikan atau universitas membuat website maka bisa menggunakan domain berakhiran .edu atau juga .sch.id untuk sekolah dasar dan menengah, dan .ac.id untuk perguruan tinggi.
     
  5. Web Perseorangan
    Sebetulnya website perorangan bisa menggunakan .com, namun demikian banyak yang menggunakan .web.id, .info, .name, .me dan yang lainnya
     
  6. Web Kebutuhan Khusus
    Website yang dibangununtuk militer dengan menggunakan domain .mil dan juga website-website khusus seperti untuk televisi menggunakan domain .tv

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#







Web Design Development Lainnya
Merancang Content Website Tours and Travel
Sabtu, 05 Maret 2011 07:24 WIB
Merancang Content Website Tours and Travel
Media promosi tidak lagi terbatas pada media cetak dan elektronik berbasis televise dan radio yang cenderung harganya lebih mahal, alternative yang sangat mungkin dijangkau adalah dengan memanfaatkan internet, selain jangkauan yang luas mendunia, internet juga memungkinkan pemilik usaha dan layanan bisa langsung berinteraksi dengan calon client. Salah satu cara yang dilakukan dalam penggunaan internet adalah membangun website.
Oleh-oleh Seminar Citizen Journalism & Entrepreneurship Detik.com
Sabtu, 12 Februari 2011 14:56 WIB
Oleh-oleh Seminar Citizen Journalism & Entrepreneurship Detik.com
Sangat singkat waktunya namun cukup berkesan dan menarik, itu kalimat oleh-oleh yang saya bawa dari Acara Citizen Journalism & Entrepreneurship Detik.com Roadshow 7 Kota. Kehadiran BDI atau Budiono Darsono dan Raditya Dika menambah semarak acara ini.
Mengenal Web 2.0
Selasa, 24 Februari 2009 20:47 WIB
Mengenal Web 2.0
Dunia internet seakan-akan telah menjadi bagian hidup dari masyarakat modern saat ini. Betapa tidak, karena internet secara lengkap menyediakan kebutuhan akan informasi, berita, serta ilmu pengetahuan. Dengan internet seolah-olah tidak ada lagi batasan antar ruang dan waktu dalam berkomunikasi dengan berbagai orang di berbagai belahan dunia. Sebagai konsumen dari teknologi web tentunya mengharapkan tampilan layar yang mengasyikan serta mudah dipakai dan dimanfaatkan. Pada dasarnya web merupakan suatu kumpulan hyperlink yang menuju dari alamat satu ke alamat lainnya dengan bahasa HTML (HyperText Markup Languange).
Pilihan Hosting Control Panel Gratis dan Opensource
Senin, 01 Desember 2008 05:06 WIB
Pilihan Hosting Control Panel Gratis dan Opensource
Bagi pengembang penyedia layanan hosting sepertinya tidak akan aneh lagi dengan namanya CPanel, cPanel adalah sebuah perusahaan hosting otomatisasi yang didorong oleh teknologi dan berdedikasi untuk menyediakan fitur yang paling kaya, mudah digunakan, aplikasi praktis, hanya saja aplikasi ini tentu bukan Pilihan para pengembang yang mempunyai dana kecil seperti saya dan suka kepada gratis dan opensource, dan alasan tak hanya itu, kemudahan customisasi juga saya jadikan alasan yang rasional. Apa saja pilihan hosting panel yang gratis?
Pilih Joomla atau CMS Buat Sendiri?
Minggu, 04 Oktober 2009 04:59 WIB
Pilih Joomla atau CMS Buat Sendiri?
Banyak orang yang bertanya kepada saya? mas enaknya pake apa yah untuk membuat sebuah website. Jawaban saya biasanya relatif didasarkan kepada kebutuhan yang ada. Lalu mendingan pake Joomla atau buat CMS sendiri yah? semuanya tergantung anda. Saya kasih gambaran di halaman detailnya. coba lihat
Mari Berkenalan dengan Hosting
Sabtu, 22 September 2007 17:28 WIB
Mari Berkenalan dengan Hosting
Bagi sebagian orang kata hosting merupakan kata yang aneh dan tidak familiar didengar, namun sebagian yang lain hosting justru menjadi kata-kata keseharian yang tidak bisa ditinggalkan, apa sebenarnya hosting itu ?