Bedah Website
Situs Microblogging Koprol.com

Situs Microblogging Koprol.com

Minggu, 18 Oktober 2009 06:38 WIB | 5.516 Views | Comments 2009-10-18 06:38:23

Banyak situs jejaring sosial yang bisa jadi pilihan mereka yang ingin bergaul lewat ranah maya. Selain produk impor yang sedang mewabah, seperti Facebook, Plurk, Twitter atau Friendster, beberapa produk lokal layak dipilih. Jejaring sosial made-in dalam negeri tak kalah menarik oleh produk impor. Selain bisa posting status dan berkirim komentar, kita bisa berbagi foto atau video dengan teman atau sahabat. Fitur-fitur yang disediakan di sebagian besar jejaring sosial itu memang kurang-lebih sama dengan situs jejaring social lainnya, situs itu bernama koprol.com.

Koprol memiliki keunikan tersendiri, selain sebagai situs microblogging dan pertemanan online, koprol hadir dengan dilandaskan pada lokasi tertentu baik nama sebuah kota, Negara hingga sebuah tempat yang lebih spesifik seperti mall, universitas dan pusat perbelanjaan. Sehingga member memungkinkan untuk bertemu jika mereka sedang berada dalam satu lokasi atau koprol menyebutkan dengan istilah place, kita tinggal mencari di bagian atas halaman kemana atau dimana kita sekarang, setelah itu kita bisa langsung checkin dan bergabung ketempat itu.

Diversi beta ini, koprol sudah sangat menarik untuk digunakan dengan beberapa fitur yang sepertinya anda boleh coba. Fitur-fitur itu antara lain :

  1. Facebook Connect
    Dengan bantuan facebook connect yang merupakan single signon milik facebook memungkinkan kita tidak harus login terlebih dahulu ke koprol.com ketika kita secara bersamaan membuka dan login dihalaman facebook, tentu anda harus mendaftar dan mengsingkronkan data facebook anda dengan koprol pertama kali anda berkunjung ke koprol.com
  2. Profile
    Seperti situs-situs pada umumnya, koprol.com juga memberikan kemudahan untuk member mengunjungi profilenya sendiri, biasa diletakan di koprol.com/users/namauser, dihalaman ini photo profile anda akan langsung dipasang disertai dengan informasi singkat tentang anda, tak lupa dibagian utama halaman profile anda terdapat kumpulan status yang anda update sehari-hari.
  3. Status
    Sebagai situs microblogging, sudah dapat dipastikan bahwa koprol.com memiliki fasilitas untuk mengupdate status, koprol membatasi hingga 140 karakter seperti layaknya twitter.com, selain itu anda juga bisa mengirimkan gambar dan video bersamaan dengan pengiriman status anda.
  4. Pencarian Orang dan tempat
    Koprol memudahkan kita untuk mencari nama orang yang  kita kenal dan juga tempat-tempat yang kita akan kunjungi secara maya. Anda tinggal mengetikan dibagian atas halaman hingga koprol menampilkan data hasil pencarian. Untuk pencarian tempat, koprol melengkapi peta digital Google disetiap hasil pencarian sehingga memudahkan member untuk melihat lokasi didalam peta dan anda juga bisa memberikan komentar serta flag like dan unlike.
  5. Social Network
    Koprol.com juga menyediakan fasilitas social network dimana anda bisa menambahkan dan mengurangi orang-orang yang akan menjadi teman anda di koprol. Setelah itu anda bisa saling berkirim komentar, pesan ataupun sekedar bertukar foto dan video. Seperti juga layaknya twitter, koprol hadir dengan istilah following dan follower
  6. Alert
    Kalau kita mengenal istilah notifications di Facebook, maka dikoprol dikenal dengan istilah alert, anda akan menerima alert jika terjadi aktifitas pada account anda seperti ada yang komentar terhadap status yang anda muat, ada yang meminta anda menjadi teman ataupun follower hingga jika anda mendapatkan pesan ataupun aktifitas lain yang membutuhkan anda untuk login kedalam koprol.com
  7. Invite
    Pada awal kelahiran koprol, koprol hanya mengijinkan orang-orang diivite terlebih dahulu untuk menjadi member, namun sekarang tidak lagi, anda bisa langsung daftar di koprol.com dan tentu anda bisa mengajak teman-teman anda untuk bergabung menggunakan fasilitas manual, google account atapun yahoo.

Tampilan koprol yang sederhana memudahkan kita untuk mengeksplore lebih dalam. Koprol adalah situs local yang ditempatkan didatacenter local pula yaitu masih dijaringan IIX (Indonesian Internet Exchange) sehingga memungkinkan diakses lebih cepat daripada situs internasional lainnya seperti facebook, twitter dan friendster. Dan menurut informasi koprol sedang dikembangkan untuk pengguna perangkat bergerak seperti smartphone dan blackberry.


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#






Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3


Bedah Website Lainnya
Kumparan.com, Situs Berita Rasa Sosial Media
Sabtu, 08 April 2017 06:57 WIB
Kumparan.com, Situs Berita Rasa Sosial Media
Berkunjung ke Bobotoh Persib On The Net.
Minggu, 06 Desember 2009 07:06 WIB
Berkunjung ke Bobotoh Persib On The Net.
Berkunjung ke IndoWebster Indonesia
Kamis, 03 September 2009 08:25 WIB
Berkunjung ke IndoWebster Indonesia