Bedah Website
Situs Microblogging Koprol.com

Situs Microblogging Koprol.com

Minggu, 18 Oktober 2009 06:38 WIB | 3.926 Views | Comments 2009-10-18 06:38:23

Banyak situs jejaring sosial yang bisa jadi pilihan mereka yang ingin bergaul lewat ranah maya. Selain produk impor yang sedang mewabah, seperti Facebook, Plurk, Twitter atau Friendster, beberapa produk lokal layak dipilih. Jejaring sosial made-in dalam negeri tak kalah menarik oleh produk impor. Selain bisa posting status dan berkirim komentar, kita bisa berbagi foto atau video dengan teman atau sahabat. Fitur-fitur yang disediakan di sebagian besar jejaring sosial itu memang kurang-lebih sama dengan situs jejaring social lainnya, situs itu bernama koprol.com.

Koprol memiliki keunikan tersendiri, selain sebagai situs microblogging dan pertemanan online, koprol hadir dengan dilandaskan pada lokasi tertentu baik nama sebuah kota, Negara hingga sebuah tempat yang lebih spesifik seperti mall, universitas dan pusat perbelanjaan. Sehingga member memungkinkan untuk bertemu jika mereka sedang berada dalam satu lokasi atau koprol menyebutkan dengan istilah place, kita tinggal mencari di bagian atas halaman kemana atau dimana kita sekarang, setelah itu kita bisa langsung checkin dan bergabung ketempat itu.

Diversi beta ini, koprol sudah sangat menarik untuk digunakan dengan beberapa fitur yang sepertinya anda boleh coba. Fitur-fitur itu antara lain :

  1. Facebook Connect
    Dengan bantuan facebook connect yang merupakan single signon milik facebook memungkinkan kita tidak harus login terlebih dahulu ke koprol.com ketika kita secara bersamaan membuka dan login dihalaman facebook, tentu anda harus mendaftar dan mengsingkronkan data facebook anda dengan koprol pertama kali anda berkunjung ke koprol.com
  2. Profile
    Seperti situs-situs pada umumnya, koprol.com juga memberikan kemudahan untuk member mengunjungi profilenya sendiri, biasa diletakan di koprol.com/users/namauser, dihalaman ini photo profile anda akan langsung dipasang disertai dengan informasi singkat tentang anda, tak lupa dibagian utama halaman profile anda terdapat kumpulan status yang anda update sehari-hari.
  3. Status
    Sebagai situs microblogging, sudah dapat dipastikan bahwa koprol.com memiliki fasilitas untuk mengupdate status, koprol membatasi hingga 140 karakter seperti layaknya twitter.com, selain itu anda juga bisa mengirimkan gambar dan video bersamaan dengan pengiriman status anda.
  4. Pencarian Orang dan tempat
    Koprol memudahkan kita untuk mencari nama orang yang  kita kenal dan juga tempat-tempat yang kita akan kunjungi secara maya. Anda tinggal mengetikan dibagian atas halaman hingga koprol menampilkan data hasil pencarian. Untuk pencarian tempat, koprol melengkapi peta digital Google disetiap hasil pencarian sehingga memudahkan member untuk melihat lokasi didalam peta dan anda juga bisa memberikan komentar serta flag like dan unlike.
  5. Social Network
    Koprol.com juga menyediakan fasilitas social network dimana anda bisa menambahkan dan mengurangi orang-orang yang akan menjadi teman anda di koprol. Setelah itu anda bisa saling berkirim komentar, pesan ataupun sekedar bertukar foto dan video. Seperti juga layaknya twitter, koprol hadir dengan istilah following dan follower
  6. Alert
    Kalau kita mengenal istilah notifications di Facebook, maka dikoprol dikenal dengan istilah alert, anda akan menerima alert jika terjadi aktifitas pada account anda seperti ada yang komentar terhadap status yang anda muat, ada yang meminta anda menjadi teman ataupun follower hingga jika anda mendapatkan pesan ataupun aktifitas lain yang membutuhkan anda untuk login kedalam koprol.com
  7. Invite
    Pada awal kelahiran koprol, koprol hanya mengijinkan orang-orang diivite terlebih dahulu untuk menjadi member, namun sekarang tidak lagi, anda bisa langsung daftar di koprol.com dan tentu anda bisa mengajak teman-teman anda untuk bergabung menggunakan fasilitas manual, google account atapun yahoo.

Tampilan koprol yang sederhana memudahkan kita untuk mengeksplore lebih dalam. Koprol adalah situs local yang ditempatkan didatacenter local pula yaitu masih dijaringan IIX (Indonesian Internet Exchange) sehingga memungkinkan diakses lebih cepat daripada situs internasional lainnya seperti facebook, twitter dan friendster. Dan menurut informasi koprol sedang dikembangkan untuk pengguna perangkat bergerak seperti smartphone dan blackberry.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Bedah Website Lainnya
Berkunjung ke IndoWebster Indonesia
Kamis, 03 September 2009 08:25 WIB
Berkunjung ke IndoWebster Indonesia
Sebagai pengguna internet dipastikan kita membutuhkan sebuah situs yang dapat menyediakan download berbagai file disitus itu ditambah lagi kita bisa berbagi file dengan cara menguploadnya ke situs sharing file tersebut. Kalau kita kenal di internernational ada beberapa situs seperti Rapidshare, 4Shared.com hingga megaupload, kali ini kita akan berkenalan sekaligus mengeksplore apasaja yang ada disitus sharing file lokal yaitu Indowebster atau biasa disingkat menjadi IDWS.
Berkunjung ke Muxlim.com
Kamis, 03 September 2009 08:08 WIB
Berkunjung ke Muxlim.com
Virus situs jejaring sosial memang sedang mewabah di hampir seluruh penjuru dunia. Jika kini masyarakat Indonesia tengah dilanda demam Facebook, umat Muslim di negara-negara Islam justru menggemari Muxlim. Situs gaya hidup komunitas Muslim ini tak kalah hebat dibandingkan Facebook, Friendster, dan MySpace.
Memajang Karya Digital di PasarKreasi Online
Minggu, 12 Oktober 2008 09:57 WIB
Memajang Karya Digital di PasarKreasi Online
Berkreasi dan terus berkreasi sudah menjadi naluri seseorang yang mengenal betul arti sebuah kreatifitas. Pertanyaan muncul ketika sebuah kreatifitas dihasilkan dan menjadi sebuah produk yang perlu dikenal oleh publik, dimana akan memajang dan memasarkan hasil kreatifitas kita? Pertanyaan itu tidak hanya ada dibenak seorang kreatif yang menghasilkan produk berbentuk fisik seperti lukisan, kerajinan tangan atau produk-produk lain yang bersifat nyata, tetapi juga ada dibenak para kreatif-kreatif di dunia digital yang semakin hari semakin bertambah. Semisal photografer yang selalu menyimpan hasil photonya dalam bentuk digital, seorang animator, pembuat game, hingga pembuat aplikasi pendidikan yang terkadang kebigungan untuk memberika taste kepada calon penikmat karyanya