Web Design Development
Mari Berkenalan dengan Hosting

Mari Berkenalan dengan Hosting

Oleh | Sabtu, 22 September 2007 17:28 WIB | 4.052 Views | Comments 2007-09-22 17:28:52

Bagi sebagian orang kata hosting merupakan kata yang aneh dan tidak familiar didengar, namun sebagian yang lain hosting justru menjadi kata-kata keseharian yang tidak bisa ditinggalkan, apa sebenarnya hosting itu ?

Apa itu hosting?

Secara sederhana kita bisa menerjemahkan bahwa hosting itu merupakan sebuah kegiatan menitipkan file atau berkas di server orang lain. Jika kita membuat sebuah halaman web, misalkan kita titipkan di server milik Geocities supaya bisa diakses oleh pengguna internet lainnya maka bisa kita sebut sebagai hosting.

Apa itu Shared Hosting ?

Umumnya di Indonesia kebanyakan website disimpan di perusahaan hosting, ini berarti website yang ditampilkan dititipkan di server milik perusahaan hosting, dan kemungkinan dalam satu server tersebut masih ada satu atau puluhan bahkan ratusan website lain, jenis hosting yang semacam ini disebut sebagai shared hosting. Shared hosting adalah layanan hosting di mana sebuah account hosting ditaruh bersama-sama beberapa account hosting lain dalam satu server yang sama, dan memakai services bersama-sama. Keuntungan shared hosting adalah harganya yang murah, namun kerugiannya adalah tingkat privasi dan performa yang tidak sebaik hosting dedicated.

Sementara Dedicated Hosting adalah layanan hosting di mana sebuah server yang dipakai oleh 1 account saja. Keuntungannya adalah performa dan privasi yang lebih baik, karena server tidak dipakai oleh pihak ketiga. Kerugiannya adalah harga yang lebih mahal. Dedicated hosting terdiri dari Colocation (di mana mesin disediakan oleh klien sendiri dan ditaruh di data center penyedia hosting) dan Dedicated Server (di mana mesin disediakan oleh pihak penyedia hosting)

Kenapa Perlu Hosting 

Sahabat mungkin bertanya, jika komputer saya sudah bisa berinternet dan bisa berhubungan dengan komputer yang lain kenapa tidak menyimpan file website dikomputer saya sendiri? Jawaban yang tepat adalah, bisa saja, hanya dibutuhkan resource yang cukup besar, selain masalah performa yang harus nyala 24 jam, bandwidth pun jadi masalah, bisa jadi website kita akan lambat sekali diakses. Selain itu sebuah komputer untuk hosting harus memiliki sebuah IP Address publik tetap yang bisa diakses oleh intenet, belum masalah Pendingin, Cadangan daya ketika mati listrik, maka solusi hosting perlu dilakukan.

Hal-hal tersebut tadi biasanya sudah diakomodasi oleh penyedia layanan hosting, bahkan saat ini hampir semua penyedia layanan hosting menyediakan support 24 jam.

Apa yang saya dapatkan dari hosting?

Secara mendasar, sebuah layanan hosting memungkinkan seseorang memiliki sebuah website dengan domain tertentu, space hosting itu sendiri, email sendiri hingga fitur-fitur tambahan lain yang unik.

 

*) Tulisan yang saya tulis ini dimuat di CyberMQ.com 

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#







Web Design Development Lainnya
Mengukur Kemampuan Dasar PHP dan MySQL
Rabu, 20 Juni 2007 12:14 WIB
Mengukur Kemampuan Dasar PHP dan MySQL
Mungkin ada sebagian dari teman-teman yang membaca tulisan ini sedang belajar membangun situs dengan latar belakang PHP dan MySQL, dan bisa jadi termasuk saya didalamnya. Teringat kemarin saat melakukan interview bagi beberapa murid SMKTI atau Sekolah Menengah Kejuruan Teknonologi Informasi bidang rekayasa perangkat lunak yang tujuannya menyaring beberapa orang untuk masuk dalam sebuah perusahaan yang bergerak dalam software house. Hal yang terpenting dalam interview ini adalah mengukur kemampuan dasar dalam pemograman PHP dan MySQL sebelum menginjak pada pemograman tingkat lanjutnya hingga membangun sistem informasi berbasis web, ingin tau bagaimana cara mengukurnya ? baca saja selengkapnya.
Menonaktifkan Klik Kanan dan Blok Tulisan pada halaman Web
Minggu, 08 April 2007 22:41 WIB
Menonaktifkan Klik Kanan dan Blok Tulisan pada halaman Web
Pernahkah sahabat mengunjungi sebuah website yang tidak bisa diklik kanan, seperti detik.com. Kalo pernah kita coba akan membuatnya bersama? cuma kayaknya ini juga akan berfungsi jika yang mengakses menggunakan Internet Explorer kalau opera bisa gak jalan, jadi kalau sahabat mo ngopi tulisan detik? dari opera aja. Carannya seperti ini