Web Design Development
Mengukur Kemampuan Dasar PHP dan MySQL

Mengukur Kemampuan Dasar PHP dan MySQL

Oleh | Rabu, 20 Juni 2007 12:14 WIB | 8.671 Views | Comments 2007-06-20 12:14:54

Bagi pemula PHP yang mempergunakan beberapa buku terbitan Gramedia, semisal PHP dan MySQL dalam 24 jam, maka diujung buku itu biaya ada semacam bab yang membahas studi kasus yaitu membuat buku tamu, nah studi kasus bukutamu itulah yang mengukur kemampuan dasar dan sekaligus implementasi dari bab-bab sebelumnya.

Apakah membuat bukutamu menjadi tolak ukur?

Jawaban yang saya pikirkan adalah, tidak. Kalau membuat bukutamu masih harus buka buku, dengan kata lain masih harus melihat-lihat sintak-sintak yang dipelajari maka kemampuan membuat bukutamu tidak menjadi acuan yang benar dalam mengukurnya. Nah sekarang, jika pembuatan bukutamu sudah diluar kepala, maka kita bisa lihat kemampuan dia dalam membangun dasar PHP, jadi harus diluar kepala. tapi, tidak menjadi ...wah saya harus terus mengulang-ulang membuat bukutamu dong supaya kemapuan dasar PHP saya dapat diandalkan, bagus juga, namun jika kita sudah mulai paham dalam PHP maka membuat bukutamu adalah hal yang sangat mudah, walaupun itu belum stabil dan aman, namun dari sisi fungsional sudah berjalan.Contoh Tampilan Bukutamu - Adi Sumaryadi

Kenapa Bukutamu?
Step-step yang ada dalam bukutamu semuanya mengakomodasi perintah dasar PHP dan beberapa query dasar dalam MySQL, temen-temen dituntut harus dapat membayangkan dan mengimplementasikan bukutamu. modul standard yang ada dalam bukutamu adalah sebagai berikut :

Menampilkan data bukutamu
Dalam modul ini temen-temen dituntut untuk bisa membuat script PHP yang didalamnya ada HTML atau sebaliknya, selain itu dituntut juga untuk melakukan Query SELECT dan tentunya membagun koneksi terlebih dahulu dengan Server MySQL, cukup memenuhi bukan?
Mengisi Bukutamu
Modul ini menuntut teman-teman untuk membagun sebuah formulir HTML, PHP bahkan ketika memasukan kedalam database akan melakukan query lagi yaitu INSERT, apalagi kalau form itu bisa divalidasi dulu menggunakan javascript dan PHP.
Admin Bukutamu
Mengatur bukutamu yang sudah masuk ada semuanya dalam modul ini, disini akan ditemukan lagi sedikit autentifikasi atau login dulu, melakukan beberapa query untuk menampilkan data yang telah masuk, mengedit data yang telah masuk (EDIT) dan melakukan penghapusan data yang telah masuk juga (DELETE).

Dengan kemapuan membuat bukutamu yang diluar kepala, menurut saya sudah menjadi tolak ukur bahwa kita punya dasar PHP yang kuat, Bagaimana nih? temen-temen yang sedang belajar PHP, harus tambah semangat.

Bagaimana menurut pendapat temen-temen?

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#







Web Design Development Lainnya
Menonaktifkan Klik Kanan dan Blok Tulisan pada halaman Web
Minggu, 08 April 2007 22:41 WIB
Menonaktifkan Klik Kanan dan Blok Tulisan pada halaman Web
Pernahkah sahabat mengunjungi sebuah website yang tidak bisa diklik kanan, seperti detik.com. Kalo pernah kita coba akan membuatnya bersama? cuma kayaknya ini juga akan berfungsi jika yang mengakses menggunakan Internet Explorer kalau opera bisa gak jalan, jadi kalau sahabat mo ngopi tulisan detik? dari opera aja. Carannya seperti ini