Web Design Development
Merancang Content Website Tours and Travel

Merancang Content Website Tours and Travel

Oleh | Sabtu, 05 Maret 2011 07:24 WIB | 12.428 Views | Comments 2011-03-05 07:24:25

Media promosi tidak lagi terbatas pada media cetak dan elektronik berbasis televise dan radio yang cenderung harganya lebih mahal, alternative yang sangat mungkin dijangkau adalah dengan memanfaatkan internet, selain jangkauan yang luas mendunia, internet juga memungkinkan pemilik usaha dan layanan bisa langsung berinteraksi dengan calon client. Salah satu cara yang dilakukan dalam penggunaan internet adalah membangun website.

Website tours dan travel harus dapat merepresentasikan informasi yang lengkap tentang layanan travelnya sendiri dan memberikan kemudahan client untuk menghubungi. Selain itu web harus dilengkapi dengan pernik-pernik yang berhubungan dengan travel bersangkutan selain untuk memperkaya content di website juga untuk meningkatkan trafik kunjungan kewebsite.
Berikut ini adalah gambaran content-content yang harus ada dalam sebuah website tours and travel:

Home
Halaman depan ini menginformasikan dan memberikan gambaran secara global content-content yang ada didalamnya, website travel harus didesain lebih cantik daripada web-web biasa dan harus menceritakan destinasi yang biasa dilayani.

Tentang Kami
Informasi yang lengkap tentang perusahaan travel mulai dari sejarah perusahaan, visi dan misi dan kalau perlu hingga informasi izin layanan travel dari Asosiasi, penghargaan yang telah diterima dan juga struktur manajemen bila diperlukan

Destinasi
Menceritakan dengan detail titik-titik manasaja yang dilayanani, dilengkapi dengan penjelasan yang terperinci, disisipi dengan gambar dan juga video. Contoh: CagarAlam, Musium Budaya dan yang lainnya.

Promo
Memberikan gambaran paket manasaja yang sedang dipromokan, secara teknis promo ini terhubung dengan paket wisata yang dilayani hanya memberikan flag mana yang sedang promo dan mana yang regular.

Paket Wisata
Daftar paket wisata dilengkapi dengan layanan yang ada didalamnya disertai dengan harga. Contoh paket Wisata Air 2hari , Paket Wisata Museum, Paket Wisata Gold, Silver dan yang lainnya

Produk
Menginformasikan daftar produk bila travel mempunyai produk-produk yang diberikan diluar layanan paket yang sudah dibundling keseluruhannya. Contoh: BodyRafting, PaintBall, Snorkling dll.

Akomodasi
Melengkapi content yang ada, daftar akomodasi mulai dari hotel, restaurant, galeri yang ada di destinasi layanan. Hal ini perlu ada supaya client dapat dengan leluasa memilih akomodasi yang di inginkan.

News
News berfungsi untuk memberikan gambaran terupdates tentang perusahaan travel, misalkan launcing produk baru, event dan yang lainnya. Akan lebih baik bila news dilengkapi dengan news local yang berhubungan dengan wisata yang ada di destinasi yang dilayani.

Interaksi
Fasilitas ini difungsikan untuk memberikan kemudahan kepada client untuk menghubungi perusahaan travel, bisa digunakan form contact, form reservasi, Instant Messanger seperti Yahoo, Facebook dan yang lainnya. Juga dilengkapi dengan informasi contact person bila diperlukan

Photo Galeri
Semua kegiatan, destinasi, akomodasi harus didokumentasikan dalam photo galeri. Hal ini dilakukan supaya calon client bisa melihat kegiatan yang pernah dilakukan dalam gambar.

Video Galeri
Dokumentasi kegiatan, destinasi, akomodasi harus juga divideokan. Hal ini dilakukan supaya calon client bisa melihat kegiatan yang pernah dilakukan dalam tayangan video.

Artikel
Memperkaya content dalam web travel supaya visitor mudah untuk menemukan web kita adalah dengan menambahkan artikel-artikel yang berhubungan dengan traveling, culinary dan yang lainnya.

Client List
semakin banyak daftar client yang terpasang sudah dipastikan akan meningkatkan nilai jual sebuah perusahaan travel. Client list ini dipastikan harus ada dalam sebuah website tours and travel.

Bukutamu dan Testimoni
Testimoni dan pesan dari client yang pernah dilayani bisa ditampilkan dalam fasilitas ini, hal ini digunakan untuk memancing pelanggan baru.

Fasilitas Lain
Berfungsi untuk meningkatkan trafik, menambah indah website dan juga content-content unik yang tidak bisa disamakan antara satu perusahaan travel yang satu dengan yang lainnya.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#







Web Design Development Lainnya
Oleh-oleh Seminar Citizen Journalism & Entrepreneurship Detik.com
Sabtu, 12 Februari 2011 14:56 WIB
Oleh-oleh Seminar Citizen Journalism & Entrepreneurship Detik.com
Sangat singkat waktunya namun cukup berkesan dan menarik, itu kalimat oleh-oleh yang saya bawa dari Acara Citizen Journalism & Entrepreneurship Detik.com Roadshow 7 Kota. Kehadiran BDI atau Budiono Darsono dan Raditya Dika menambah semarak acara ini.
Mengenal Web 2.0
Selasa, 24 Februari 2009 20:47 WIB
Mengenal Web 2.0
Dunia internet seakan-akan telah menjadi bagian hidup dari masyarakat modern saat ini. Betapa tidak, karena internet secara lengkap menyediakan kebutuhan akan informasi, berita, serta ilmu pengetahuan. Dengan internet seolah-olah tidak ada lagi batasan antar ruang dan waktu dalam berkomunikasi dengan berbagai orang di berbagai belahan dunia. Sebagai konsumen dari teknologi web tentunya mengharapkan tampilan layar yang mengasyikan serta mudah dipakai dan dimanfaatkan. Pada dasarnya web merupakan suatu kumpulan hyperlink yang menuju dari alamat satu ke alamat lainnya dengan bahasa HTML (HyperText Markup Languange).
Pilihan Hosting Control Panel Gratis dan Opensource
Senin, 01 Desember 2008 05:06 WIB
Pilihan Hosting Control Panel Gratis dan Opensource
Bagi pengembang penyedia layanan hosting sepertinya tidak akan aneh lagi dengan namanya CPanel, cPanel adalah sebuah perusahaan hosting otomatisasi yang didorong oleh teknologi dan berdedikasi untuk menyediakan fitur yang paling kaya, mudah digunakan, aplikasi praktis, hanya saja aplikasi ini tentu bukan Pilihan para pengembang yang mempunyai dana kecil seperti saya dan suka kepada gratis dan opensource, dan alasan tak hanya itu, kemudahan customisasi juga saya jadikan alasan yang rasional. Apa saja pilihan hosting panel yang gratis?
Pilih Joomla atau CMS Buat Sendiri?
Minggu, 04 Oktober 2009 04:59 WIB
Pilih Joomla atau CMS Buat Sendiri?
Banyak orang yang bertanya kepada saya? mas enaknya pake apa yah untuk membuat sebuah website. Jawaban saya biasanya relatif didasarkan kepada kebutuhan yang ada. Lalu mendingan pake Joomla atau buat CMS sendiri yah? semuanya tergantung anda. Saya kasih gambaran di halaman detailnya. coba lihat
Mari Berkenalan dengan Hosting
Sabtu, 22 September 2007 17:28 WIB
Mari Berkenalan dengan Hosting
Bagi sebagian orang kata hosting merupakan kata yang aneh dan tidak familiar didengar, namun sebagian yang lain hosting justru menjadi kata-kata keseharian yang tidak bisa ditinggalkan, apa sebenarnya hosting itu ?
Mengukur Kemampuan Dasar PHP dan MySQL
Rabu, 20 Juni 2007 12:14 WIB
Mengukur Kemampuan Dasar PHP dan MySQL
Mungkin ada sebagian dari teman-teman yang membaca tulisan ini sedang belajar membangun situs dengan latar belakang PHP dan MySQL, dan bisa jadi termasuk saya didalamnya. Teringat kemarin saat melakukan interview bagi beberapa murid SMKTI atau Sekolah Menengah Kejuruan Teknonologi Informasi bidang rekayasa perangkat lunak yang tujuannya menyaring beberapa orang untuk masuk dalam sebuah perusahaan yang bergerak dalam software house. Hal yang terpenting dalam interview ini adalah mengukur kemampuan dasar dalam pemograman PHP dan MySQL sebelum menginjak pada pemograman tingkat lanjutnya hingga membangun sistem informasi berbasis web, ingin tau bagaimana cara mengukurnya ? baca saja selengkapnya.