Web Design Development
Pilihan Hosting Control Panel Gratis dan Opensource

Pilihan Hosting Control Panel Gratis dan Opensource

Oleh | Senin, 01 Desember 2008 05:06 WIB | 11.679 Views | Comments 2008-12-01 05:06:31

Bagi pengembang penyedia layanan hosting sepertinya tidak akan aneh lagi dengan namanya CPanel, cPanel adalah sebuah perusahaan hosting otomatisasi yang didorong oleh teknologi dan berdedikasi untuk menyediakan fitur yang paling kaya, mudah digunakan, aplikasi praktis, hanya saja aplikasi ini tentu bukan Pilihan para pengembang yang mempunyai dana kecil seperti saya dan suka kepada gratis dan opensource, dan alasan tak hanya itu, kemudahan customisasi juga saya jadikan alasan yang rasional. Apa saja pilihan hosting panel yang gratis?

Saat ini saya menggunakan salah satu hosting control panel yang gratis dengan modifikasi hampir diseluruh bagian, hingga tidak seperti aplikasi bawaannya, ini semua untuk kemudahan penggunaan dan kesesuaian kebutuhan, Pilihan hosting control panel yang dapat digunakan antar lain
 

  1. ISP Config
    ISPConfig adalah open source hosting control panel untuk Linux. ISPConfig is licensed under BSD license. ISPConfig adalah berlisensi di bawah lisensi BSD. Fitur yang diberikan oleh ISP Config adalah Httpd (virtual host, dan domain berbasis IP),FTP,Bind (A, CNAME, MX and SPF Records),POP3 auto-Responder,MySQL client-databases-,Webalizer Statistik,Harddisk kuota,Kuota-mail,Firewall

    ISP Config memang memiliki fitur yang sangat menarik hanya saja saya kurang begitu suka kepada  desainnya yang menurut saya terlalu membingungkan, kesulitan customisasi juga saya temukan di ISP Config
     
  2. Virtual Hosting Control Panel (VHCS)
    Sejauh yang saya tau, control panel masterweb menggunakan konsep dasar VHCS yang kemungkinan sudah dimodifikasi total atau bahkan membuat yang serupa, VHCS dibangun dengan PHP yang berkolaborasi dengan MySQL dan Perl, VHCS mudah untuk dimodifikasi, namun ingat sebaiknya lakukan modifikasi total untuk lebih meningkatkan tingkat keamanannya, fitur yang disajikanpun sudah sama seperti ISP Config hanya antispam dan DNS manager belum terdapat dalam VHCS, begitu pula dengan autoinstaller semacam Fantastico di CPanel.
     
  3. ISP-Omega
    ispCP merupakan proyek lanjutan dari VHCS, kemungkinan pengembang VHCS bubar sehingga membuat embrio-embrio baru control panel, viturnya sama persis dengan VHCS, hanya berubah dari sisi desain, cara installasi dan peletakan file, sejauh yang saya tau ISP Omega mudah digunakan namun sayang saat ini belum ada versi stabilnya.
     
  4. GNUPanel
    GNUPanel merupakan hosting kontrol panel untuk Debian dibawah lisensi GNU General Public Licence (GPL), GNU panel sangat lengkap fiturnya mulai dari AutoInstaller, PowerDNS untuk pengaturan DNS juga didukung oleh PostGre Database.
     
  5. ZPanel
    Sekilas namanya mirip dengan CPanel, namun ternyata bukan, Zpanel adalah hosting control panel yang juga bersifat gratis, cukup mudah digunakan dan terlihat paling sederhana, Zpanel dilengkapi dengan AutoInstaller seperti Fantastico.
     
  6. Dan masih banyak lagi


Saya sendiri menggunakan salah satu dari kelima Opensource diatas, saya customisasi total dengan mengubah seluruh konfigurasi dan tampilan, fitur-fitur baru yang saya tambahkan antara lain SSH Jail, FTP File Manager, Kombinasi dengan Reseller Domain Panel, Mail Quota, AutoBackup, Penambahan Module dasar pada PHP, Autoinstaller untuk Joomla, Wordpress dan yang lainnya, Perubahan tampilan, penambahan alamat semetara untuk domain, Integrasi dengan Squireelmail, Penambahan Antispam, Integrasi Awstats dan Webalizer dan beberapa tambahan kecil lainnya, sejauh ini customisasi yang saya lakukan sudah memenuhi kebutuhan saya dan mudah dilakukan troubleshooting ketika ada kesalahan.

Tertarik untuk menggunakan Hosting Control Panel gratisan?


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#






Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3


Web Design Development Lainnya
Pilih Joomla atau CMS Buat Sendiri?
Minggu, 04 Oktober 2009 04:59 WIB
Pilih Joomla atau CMS Buat Sendiri?
Mari Berkenalan dengan Hosting
Sabtu, 22 September 2007 17:28 WIB
Mari Berkenalan dengan Hosting
Mengukur Kemampuan Dasar PHP dan MySQL
Rabu, 20 Juni 2007 12:14 WIB
Mengukur Kemampuan Dasar PHP dan MySQL