SEO Tutorial
Pentingkah Google Search Console untuk SEO?

Pentingkah Google Search Console untuk SEO?

Oleh | Rabu, 24 Februari 2021 07:34 WIB | 1.167 Views | Comments 2021-02-24 07:34:39

Jawaban mutlaknya adalah penting sekali. Nah sekarang, kenapa itu menjadi penting? Ada beberapa hal yang menjadi alasan kenapa pemilik website harus memiliki akun Google Search Console, yang dulunya bernama Google Webmasters Tools.

Pertama, kita akan mendapatkan gambaran singkat kinerja website kita, keyword mana yang paling sering tampil dan diklik, kita juga bisa menampilkan berdasarkan periode tertentu sebagai bahan evaluasi.

Kedua, ini sangat penting, dihalaman inilah kita bisa menambahkan sitemap. Sitepam adalah daftar URL yang dimiliki website kita, kita list, kemudian "kasih tau" google kalau kita punya list-list ini lho. Walaupun nyatanya, tanpa kita kasih tau Google seringnya menemukan website kita. Jadi saya pikir ini semacam "membantu" google mendaftar halaman-halaman yang ada di website kita.

Ketiga, di Google Search console juga kita bisa mendapatkan laporan laman-laman web yang error, baik secara status halaman seperti 505 (Error) dan yang lainnya, serta error dalam jenis laman AMP.

Keempat, nah kalau kita punya 1 halaman di website kita yang ingin di takedown (dihapus dari pencarian google), dari Google Search Console inilah kita bisa menghapusnya, tentu halaman aslinya harus di takedown terlebih dahulu juga.

Kelima, banyak tools lainnya yang pastinya bermanfaat untuk anda jika sedang dalam memperkuat SEO website anda.

Terpenting dari itu semua, bila Anda sudah mendaftarkan websitenya ke Google Search Console, jangan lupa untuk di "longok", ditengok secara berkala, gunakan fitur-fiturnya, supaya jadi sangat manfaat. Kalau tidak, ibarat petani ya punya pacul gak dipake-pake, ibarat nelayan punya jaring yang tidak digunakan.

Sudah daftarkan websitemu? Saya sudah dua.


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3


SEO Tutorial Lainnya
Masa Bodoh dengan SEO
Kamis, 28 Mei 2020 07:29 WIB
Masa Bodoh dengan SEO