Tips SEO 1 - Mengoptimalkan Title Website

Tips SEO 1 - Mengoptimalkan Title Website

Oleh | Minggu, 05 Maret 2017 08:28 WIB | 218 Views 2017-03-05 08:28:55

Dont Judge Book by The Cover, begitulah pepatah mengatakan bahwa jangan mengadili sebuah buku hanya dari judulnya saja. Pepatah itu berlaku juga untuk tips SEO yang ini. Tips ini merupakan jenis SEO Onpage dan anda harus lakukan, dan sangat mendasar dalam sebuah SEO.

Terkadang ada sebagian orang yang memaksakan menuliskan seluruh keyword didalam judulnya, akibatnya saat ditampilkan dihasil pencarian title website anda terpotong dan justru kata utama yang ingin anda tampilkan tidak terbaca langsung. Oleh karenanya menurut saya setiap halaman yang ada diwebsite kita memiliki isi yang berbeda sesuai dengan halamannya itu.

Halaman home misalnya, diusahakan mengedepankan Brand anda dan Tagline website anda, bagi pengguna wordpress ini secara otomatis akan dilakukan, misalkan.  Berita Bandung - Teraktual di Kota Bandung. Judul itu tidak terlalu panjang tetapi mengedepankan Branding. Coba pertahtikan gambar dibawah ini.



Kemudian dalam sebuah website biasanya sebelum masuk kedalam sebuah postingan detail, terlebih dahulu akan ada halaman kategori. Dihalaman ini anda tidak harus menyampaikan Tagline anda, tetapi cukup dengan menerangkan kategori apa dan disertai dengan Brand anda. Saya ambil contoh kategori berita di detik.com dan pencarian kata Berita Liga Inggris.


Dan yang terakhir ketika sudah masuk halaman detail dari sebuah berita, artikel ataupun konten, sebaiknya anda menghilangkan brand dan tagline di judul website anda, fokuslah pada judul dari blog atau artikel tadi. Sebagai contoh inilah hasil pencarian untuk keyword "Raja Salman di Bali"



Selanjutnya setelah kita membahas tentang bagaiaman penulisan judul yang baik, kita akan menyentuh ranah teknis yang berhubungna dengan penulisan HTML. Satu hal yang harus menjadi catatan adalah dalam sebuah halaman web hanya diperbolehkan memasang satu meta title dan satu buah heading 1 atau H1. Ini yang disarankan. Jadi tidak disarankan bila dalam sebuah halaman website ada H1 yang berulang atau tidak ada sama sekali. perhatikan contoh source berikut ini.

Dihalaman itu hanya ada sebuah H1 yang diisi oleh judul artikel, pun begitu dengan meta title dibagian atas. Oh iya, sempat lupa untuk menerangkan Meta Tags itu apa, Meta tag adalah sebuah tag didalam HTML yang memberikan penjelasan tentang halaman itu, seperti layaknya metadata dalam sebuah data atau foto yang menerangkan kapan foto diambil, pembukaan berapa dan menggunakan kamera apa. Begitu juga dengan meta tag akan menerangkan halaman itu halaman apa dan sebagainya.

Sudah sesuaikah website anda dengan tips yang saya sampaikan diatas? kalau belum yuk sesuaikan :)
 

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet




Berikan Komentar Via Facebook

Berikan Komentar Via Disqus
comments powered by Disqus

SEO Tutorial Lainnya
Pengantar SEO untuk Pemula
Sabtu, 04 Maret 2017 20:21 WIB
Pengantar SEO untuk Pemula
Banyak yang menerjemahkan SEO adalah sebuah proses yang goalnya supaya situs yang kita miliki ada diposisi puncak mesin pencari, baik itu Google, Bing, Yahoo atau yang lainnya dan memang seperti itu adanya. Sebuah SEO yang baik dan benar akan dapat memposisikan website yang di-SEO-kan berada dipuncak pencarian