Promosi Website
Memasang Gambar, Judul dan Deskripsi pada Facebook Share

Memasang Gambar, Judul dan Deskripsi pada Facebook Share

Rabu, 22 Juni 2011 06:11 WIB | 5.273 Views | Comments 2011-06-22 06:11:51

Facebook memang menjadi daya tarik tersendiri untuk urusan memperbanyak kunjungan, bagaimana tidak, dengan hadirnya facebook share membuat kita semakin mudah saja untuk memasang link di website kesayangan kita di facebook sehingga memungkinkan teman-teman kita untuk mengunjungi web kita, namun terkadang facebook mengambil judul, gambar dan deskripsi website kita dengan benar, yaa namanya juga mesin. Oleh karena itu facebook ternyata sudah membuat dokumentasi supaya website ataupun URL yang dishare secara otomatis memberikan informasi kepada facebook.

Dalam istilahnya Facebook memberikan dokumen seperti ini adalah Open Graph, Untuk mengubah halaman web Anda menjadi Open Graph, Anda harus menambahkan tag Buka Grafik <meta> protokol dan tombol Seperti untuk halaman Web Anda.

Tag memungkinkan Anda untuk menentukan informasi terstruktur tentang halaman web Anda. Semakin banyak informasi yang Anda berikan, semakin banyak peluang halaman web Anda dapat muncul dalam Facebook saat ini dan di masa depan. Berikut ini adalah contoh untuk halaman film yang akan dishare ke facebook :


<html xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml"
xmlns:og="http://ogp.me/ns#"
xmlns:fb="http://www.facebook.com/2008/fbml">
<head>
<title>The Rock (1996)</title>
<meta property="og:title" content="The Rock"/>
<meta property="og:type" content="movie"/>
<meta property="og:url" content="http://www.imdb.com/title/tt0117500/"/>
<meta property="og:image" content="http://ia.media-imdb.com/rock.jpg"/>
<meta property="og:site_name" content="IMDb"/>
<meta property="fb:admins" content="USER_ID"/>
<meta property="og:description"
content="A group of U.S. Marines, under command of
a renegade general, take over Alcatraz and
threaten San Francisco Bay with biological
weapons."/>
...
</head>
...
</html>

Jika beberapa meta diatas sudah kita lengkapi, maka ketika kita share difacebook otomatis akan memberikan informasi kepada facebook dengan benar maka akan menghasilkan gambar seperti dibawah ini:

 

Open Graph Facebook
Untuk beberapa object, masuk akal untuk menentukan meta data tambahan, seperti lokasi restoran. Kita dapat menambahkan sebanyak banyak og:-diawali properti seperti yang kita inginkan untuk menyediakan konteks tambahan tentang halaman web kita.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Promosi Website Lainnya
Seberapa Pentingkah Ranking Alexa?
Selasa, 30 Desember 2008 07:13 WIB
Seberapa Pentingkah Ranking Alexa?
Alexa.com merupakan salah satu dari website yang menyediakan layanan statistik dan ranking sebuah website di dunia. Alexa juga merupakan situs yang paling populer dikalangan website penyedia ranking. Semakin tinggi ranking sebuah website di alexa.com diklaim sebagaian orang merupakan indikasi kesuksesan sebuah website. Bahkan banyak cara-cara yang menurut saya tidak fair untuk meningkatkan sebuah ranking untuk sebuah website, tapi gak apa yang penting menurut saya adalah goal atau tujuan dari dibangunnnya web itu sendiri.
Mengenal Profesi dalam Dunia Website
Selasa, 28 Oktober 2008 05:50 WIB
Mengenal Profesi dalam Dunia Website
Tumbuhnya internet makin lama makin sangat diperlukan oleh segala lapisan masyarakat, mulai dari kalangan pelajar sampai kepada kalangan bisnis. Dengan adanya World Wide Web membuat dunia informasi semakin diminati dan dirasakan kegunaannya, dimulai dari penayangan profil hingga ke jalur transaksi sudah banyak dilakukan melalui web di masing-masing situs milik masing-masing. Kebutuhan seperti ini menimbulkan banyak profesi-profesi baru didalam dunia internet
Evaluasi Website Menggunakan Seven Checklist dan 10C
Rabu, 18 Juli 2007 11:07 WIB
Evaluasi Website Menggunakan Seven Checklist dan 10C
Semenjak ditemukanya internet sebagai salah satu media komunikasi dan informasi, website merupakan produk teknologi informasi yang terbilang paling populer, namun terkadang banyak website yang hadir tanpa kualitas yang bagus sehingga tidak dapat menyampaikan informasi yang dibawa dan bahkan menjadi bulan-bulanan pihak yang tidak bertanggung jawab.