Promosi Website
Dear Website Owner, Jangan Lupakan Promosi Offline Untuk Website Anda

Dear Website Owner, Jangan Lupakan Promosi Offline Untuk Website Anda

Oleh | Selasa, 14 Maret 2017 09:25 WIB | 2.562 Views | Comments 2017-03-14 09:25:31

Seperti yang sering saya bilang, website adalah media promosi yang harus dipromosikan. Kita tidak bisa hanya menggantungkan Search Engine atau viral dari social media saja untuk mendapatkan awareness dari publik. Ada hal-hal yang perlu anda lakukan secara offline juga. Lakukan sebisa anda, sesuaikan dengan budget yang anda miliki, setidaknya dengan yang gratis-gratis dulu sembari anda menabung untuk mengiklankan website anda di media cetak atau media elektronik (bukan internet).

Hal-hal yang sederhana yang merupakan promosi offline yang dapat anda lakukan antara lain:

Branding Kendaraan anda
Terlalu waw juga sih kalau nge-branding kendaraan kita, tapi setidaknya ada alamat website kita yang terpasang di kendaraan, semisal dibelakang mobil anda bisa menggunakan oneway atau stiker dan tuliskan alamat domain anda. Tapi saya tidak punya mobil hanya punya motor? dulupun saya melakukan hal ini di motor bebek saya, saya tutup stiker bawaan pabrik dengan warna dasar hitam dan kemudian saya tempel stiker www.mypangandaran.com, dan memang saya merasa banyak yang memperhatikan motor saya saat berhenti di lampu merah, dan tidak harus joged-joged untuk menarik perhatian orang :). Setidaknya dengan begitu ongkos bensin anda sudah ter-cover oleh biaya promosi stiker anda.

Branding Nama BBM, Whatsapp atau Lainnya.
Sayang juga jika nama anda secara default hanya memunculkan nama lengkap anda, cobalah untuk menambahkan domain website anda dibelakang nama anda. Misal Adi | myPangandaran.com di BBM atau social media lainnya.

Buat Spanduk dan Poster
Saya pernah memasang spanduk 25 buah disepanjang jalan menuju Pangandaran saat itu, alhasil banyak yang aware dan apa ini? hal-hal yang seperti ini akan mendatangkan direct visit di website anda karena mereka mengetik sendiri alamat website anda. Buatlah spanduk yang menarik, tepat sasaran dan tepat penempatannya. Karena ketika kita memasang spanduk tidak pada tempatnya juga menjadi hal yang sia-sia.

Branding Stasionari Anda.
Anda punya mug untuk souvenir? jangan lupa cantumkan alamat website anda. Anda punya kaos atau baju kerja? jangan lupa pasang border dengan alamat website anda.

Jangan Malas untuk Bercerita
Saya termasuk orang yang senang bercerita, dan saat bercerita itulah saat yang tepat untuk anda memperkenalkan bahwa anda punya website. Perkenalkan apa website anda dan alamatnya apa. Semakin banyak anda memperkenalkan maka direct traffic akan sangat mungking meningkat.

Saya pikir banyak cara-cara ekstrim lagi untuk mempromosikan website anda secara offline, namun ingat harus sesuai aturan jangan malah menjadi bumerang seperti mengumumkan website anda memalui speaker masjid :). Selamat mencoba.


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3


Promosi Website Lainnya
Beriklan di Facebook Kini Bisa Dengan Potong Pulsa?
Rabu, 19 September 2012 17:38 WIB
Beriklan di Facebook Kini Bisa Dengan Potong Pulsa?
Seberapa Pentingkah Ranking Alexa?
Selasa, 30 Desember 2008 07:13 WIB
Seberapa Pentingkah Ranking Alexa?
Mengenal Profesi dalam Dunia Website
Selasa, 28 Oktober 2008 05:50 WIB
Mengenal Profesi dalam Dunia Website