PHP Programming
Mengkompresi Website Kesayangan Kita dengan Modul di Apache2

Mengkompresi Website Kesayangan Kita dengan Modul di Apache2

Rabu, 20 Agustus 2008 09:35 WIB | 4.017 Views | Comments 2008-08-20 09:35:46

Siapa yang tidak ingin website yang dimilikinya diakses lebih cepat? tentu semua orang ingin websitenya cepat begitu diakses oleh pengunjung, memang banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan akses sebuah website mulai dari Desain yang disajikan, penyimpanan atau server dimana website itu disimpan (hosted) hingga model pemograman dan loading database server jenis server yang digunakan.Sekedar untuk lebih memaksimalkan kecepatan website kita, sebenarnya ada cara yang terlihat cukup efektif.

Cara yang cukup efektif yaitu denggan mengkompresi website kita, karena pada dasarnya browser saat ini mempunyai kemampuan untuk mengekstrak langsung kiriman dari server HTTP dan kemudian langsung ditampilkan di browser, tidak terkecuali lynx atau browser yang berbasis text lainnya.

Ada beberapa cara kompresi yang diilakukan diantara yaitu dengan mengaktifasi modul kompresi gz yang biasanya sudah ada di apache. Jika belum ada tinggal merubah dan menginstallnya. Karena saya pengguna debian. Tinggal install dengan cara sebagai berikut:

root@adilinux:~# apt-cache search mod-gz
libapache-mod-gzip - HTTP compression module for Apache
root@adilinu
:~# apt-get install libapache-mod-gzip
Reading package lists... Done
Building dependency tree... Done
The following extra packages will be installed:
apache-common
Suggested packages:
apache apache-ssl apache-perl
The following NEW packages will be installed:
apache-common libapache-mod-gzip
0 upgraded, 2 newly installed, 0 to remove and 114 not upgraded.
Need to get 962kB of archives.
After unpacking 3335kB of additional disk space will be used.
Do you want to continue [Y/n]? y
Get:1 http://kambing.ui.edu stable/main apache-common 1.3.34-4.1+etch1 [855kB]
Get:2 http://kambing.ui.edu stable/main libapache-mod-gzip 1.3.26.1a-9 [107kB]
Fetched 962kB in 15s (61.4kB/s)
Preconfiguring packages ...
Selecting previously deselected package apache-common.
(Reading database ... 39419 files and directories currently installed.)
Unpacking apache-common (from .../apache-common_1.3.34-4.1+etch1_i386.deb) ...
Selecting previously deselected package libapache-mod-gzip.
Unpacking libapache-mod-gzip (from .../libapache-mod-gzip_1.3.26.1a-9_i386.deb) ...
Setting up apache-common (1.3.34-4.1+etch1) ...

Setting up libapache-mod-gzip (1.3.26.1a-9) ...

Beres Installasi kemudian restart apache2 kita

Setelah itu kita tinggal memasukan kode difile PHP kita, usahakan simpan sekali saja di file yang paling atas di load :

ob_start( 'ob_gzhandler' );

beres, sekarang untuk mengecek apakah website kita sudah dikompresi atau belum kita bisa menggunakan layanan compresi detektor yaitu di :

http://whatsmyip.org/mod_gzip_test/

Masukan url web kita, dari sana kita akan melihat berapa kompresi yang dihasilkan. Selamat mencoba


Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






PHP Programming Lainnya
Membuat Password Joomla 1.5 Sendiri untuk Reset Password
Rabu, 04 Juni 2008 08:57 WIB
Membuat Password Joomla 1.5 Sendiri untuk Reset Password
Walaupun saya sudah bilang sebelumnya kalau saya bukan murni pengembang Joomla 1.5, namun ada pekerjaan yang memaksa saya untuk mendalami lebih jauh tentang OpenSource CMS yang satu ini. Ada sekitar lima belas modul yang saya buat dan 3 buah komponen besar yang dikembangkan sendiri untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan ini, ada komponen untuk manajemen komik, komponen untuk ringtone dan MP3 dan ada juga untuk Astrology, semuanya lengkap dengan administratornya, walaupun agak susah namun ternyata berhasil juga, selain itu dilengkapi dengan beberapa modul tambahan untuk kelengkapnya. Salasatu yang paling menyita waktu yaitu mencari model Hash (decode) password dari joomla 1.5 itu sendiri, karena secara default password di joomla terbaru ini tidak murni menggunakan md5 hashses. Baca selengkapnya.
Cara Mengupload Photo seperti Photo Galeri Friendster menggunakan PHP
Sabtu, 19 Januari 2008 07:56 WIB
Cara Mengupload Photo seperti Photo Galeri Friendster menggunakan PHP
Bagi Programmer PHP yang baru memulai biasanya akan mencoba mengupload photo tanpa diregenerate terlebih dahulu sehingga file sebesar apapun fotonya maka ia akan simpan kedalam hostingan. Coba kita lihat apa yang dilakukan oleh friendster.com atau website yang sering menyediakan fasilitas photo galeri bagi membernya. dan ternyata ketika si member mengupload photo maka system akan mengenerate menjadi ukuran yang lebih kecil dan membuat duplikasi berdasarkan kebutuhan, misalkan untuk ukuran thumnail 100 pixel dan ukuran zoom sebesar 500 pixel. Bagaimana mana caranya? mari kita belajar bersama-sama.
Membuat SMS Gateway menggunakan WaveCome GSM,  SMSTools, PHP dalam Debian
Selasa, 25 September 2007 06:49 WIB
Membuat SMS Gateway menggunakan WaveCome GSM, SMSTools, PHP dalam Debian
Bagi sebagian pengembang SMS Gateway, biasanya yang saya jumpai menggunakan aplikasi yang berjalan pada system operasi Microsoft Windows, ada yang menggunakan Borland Delphi, ada yang menggunakan visual basic atau beberapa aplikasi lain yang digunakan, kali ini saya akan coba bahas membuat sms gateway dengan menggunakan modem dulu, baru nanti kita coba yang terhubung langsung dengan SMS Center milik operator selular di Indonesia. Baca selengkapnya saja untuk informasi lebih lengkap.
Tips Keamanan, Register Global dalam PHP
Senin, 28 Mei 2007 06:12 WIB
Tips Keamanan, Register Global dalam PHP
Saya liat banyak sekali buku-buku yang beredar di Gramedia atau yang lainnya khususnya buku komputer yang membahas pemrograman PHP masih menggunakan Register Globals dimana dia diset menjadi on, padahal jika kita lihat dalam PHP Manual yang dikeluarkan PHP dot net pada halaman-halaman awal membahas tentang yang satu ini, mungkin ini adalah sesuatu yang crusial menurut pengembang PHP walaupun demikian belum banyak pembuat buku PHP yang merilis ulang bukunya dengan source code yang berjalan pada register globals off.
Validasi Email pada Form di Halaman Web
Minggu, 08 April 2007 22:43 WIB
Validasi Email pada Form di Halaman Web
Bagi sahabat semua yang mempunyai fitur yang diharuskan untuk memasukan email di website sahabat, sahabat bisa menggunakan JavaScript untuk mengecek apakah email yang dimasukan sudah benar atau belum, atau menggunakan PHP. Yang PHP gimana caranya? caranya kayak gini..
Membuat Counter Web dengan Images
Minggu, 08 April 2007 22:38 WIB
Membuat Counter Web dengan Images
Tutorial ini membantu anda untuk membuat counter bagi website pribadi sahabat denga menggunakan image dan tanpa menggunakan database, sehingga akan sangat cocok sekali untuk website yang gratisan dan tidak mempunya database server. dengan menggunakan bahasa pemograman PHP yang mudah dipelajari