PHP Programming
Membuat Welcome Page atau Splash Page di Joomla

Membuat Welcome Page atau Splash Page di Joomla

Selasa, 30 Desember 2008 06:56 WIB | 11.922 Views | Comments 2008-12-30 06:56:01

Splash screen biasanya dipakai oleh aplikas-aplikasi desktop atau aplikasi yang dipasang secara standalone dikomputer, sepertinya hal inipun terjadi disebuah website, terkadang butuh halaman pembuka atau welcome page yang isinya biasanya preview dari website yang didalamnya dan didominasi oleh animasi dalam bentuk flash animation. Bagi pengguna joomla atau wordpress atau website yang menggunakan index.php menjadi satu-satunya halaman yang diakses dan biasanya menggunakan clean url dan mod_rewrite tentu akan sedikit mengalami kesulitan, namun dimana ada kotoran disitu ada lalat eh salah..dimana ada kemauan disitu ada jalan.

Umumnya apache2 menampilkan urutan file yang secara otomatis mulai dari index.html, index.htm, index.php. Tentu jika ini bisa dilakukan kita cukup membuat sebuah file yang bernama index.html dan disimpan dalam dokumen root kita, baru tombol enter website dilink-kan ke index.php, cukup mudah. Namun kenyataannya tidak seperti itu, banyak hosting-hosting yang hanya menampilkan index.php untuk pertama kali diakses dengan kata lain kita harus membuat sebuah redirector ke halaman welcome, anggaplah welcome.php. Namun ketika kita menyimpan redirector dipaling atas file index.php tentu website kita akan hanya menampilkan halaman welcome terus...hehe..jadi ada sedikit code yang diperlukan supaya semuanya berjalan sehat walafiat..

Buka file index.php anda di Joomla, kita menemukan ada beberapa pemanggilan kelas disitu, karena kita akan melakukan injeksi kedalam kode dalam Object Oriented Programming maka harus cukup hati-hati, backup terlebih dahulu file index.php anda.

Anda akan melihat di bagian bawah index.php ada line :

echo JResponse::toString($mainframe->getCfg('gzip'));

kita ganti dengan memasukan sedikit tambahan menjadi:

if(!$_SESSION['getwelcome'])
{
    $_SESSION['getwelcome'] = "1";
    $lasturl    = base64_encode($_SERVER['REQUEST_URI']);
    header("location: /welcome.php?last=$lasturl");
}
else
{
echo JResponse::toString($mainframe->getCfg('gzip'));
}


bisa dilihat diatas bahwa setiap pengunjung akan selalu disuguhi file welcome.php terlebih dahulu darimanapun mengaksesnya, untuk menghindari loss link dari pengunjung misalkan menemukan website dari google maka kita perlu menyimpan url yang pertama kali dikunjungi dan tentu enter dari halaman welcome.php harus diarahkan ke halaman terakhir yang dikunjungi. Ini dia halaman welcomenya, pastikan link enter sama persis dengan yang saya buat:


<html xmlns="http://www.w3.org/1999/xhtml">
<head>
<meta http-equiv="Content-Type" content="text/html; charset=utf-8" />
<title>Welcome Page</title>
</head>
disini bisa diisi oleh animasi atau text pembuka,
<a href="<? echo base64_decode($_GET[last]); ?>">Enter Website</a>
<body>
</body>
</html>

 

simpan dan upload file welcome.php dalam folder root document dari website kita, halaman welcome bisa anda manipulasi lagi menjadi lebih indah dengan tambahan gambar atau animasi. Selamat mencoba

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






PHP Programming Lainnya
Menampilkan Halaman Email dalam Format Image dengan GD2 Librari dan PHP
Rabu, 10 September 2008 10:00 WIB
Menampilkan Halaman Email dalam Format Image dengan GD2 Librari dan PHP
Banyaknya spam yang masuk ke email seorang pemilik website biasanya dikarenakan memasang email dengan plaintext langsung dihalaman website yang dimilikinya. Nah, untuk membantu mengurangi kekuatan mesin pencari email bekerja dengan baik maka kita akan bekerja dengan prinsip captca dimana mesin boot atau robot tidak bisa membaca tulisan yang ada dalam image. Sudah bisa ditebak, yang akan kita lakukan adalah dengan menampilkan email kita dalam bentuk gambar seperti yang dilakukan di website whois services dan juga flicker
Mengkompresi Website Kesayangan Kita dengan Modul di Apache2
Rabu, 20 Agustus 2008 09:35 WIB
Mengkompresi Website Kesayangan Kita dengan Modul di Apache2
Siapa yang tidak ingin website yang dimilikinya diakses lebih cepat? tentu semua orang ingin websitenya cepat begitu diakses oleh pengunjung, memang banyak faktor yang mempengaruhi kecepatan akses sebuah website mulai dari Desain yang disajikan, penyimpanan atau server dimana website itu disimpan (hosted) hingga model pemograman dan loading database server jenis server yang digunakan.Sekedar untuk lebih memaksimalkan kecepatan website kita, sebenarnya ada cara yang terlihat cukup efektif.
Membuat Password Joomla 1.5 Sendiri untuk Reset Password
Rabu, 04 Juni 2008 08:57 WIB
Membuat Password Joomla 1.5 Sendiri untuk Reset Password
Walaupun saya sudah bilang sebelumnya kalau saya bukan murni pengembang Joomla 1.5, namun ada pekerjaan yang memaksa saya untuk mendalami lebih jauh tentang OpenSource CMS yang satu ini. Ada sekitar lima belas modul yang saya buat dan 3 buah komponen besar yang dikembangkan sendiri untuk memenuhi kebutuhan pekerjaan ini, ada komponen untuk manajemen komik, komponen untuk ringtone dan MP3 dan ada juga untuk Astrology, semuanya lengkap dengan administratornya, walaupun agak susah namun ternyata berhasil juga, selain itu dilengkapi dengan beberapa modul tambahan untuk kelengkapnya. Salasatu yang paling menyita waktu yaitu mencari model Hash (decode) password dari joomla 1.5 itu sendiri, karena secara default password di joomla terbaru ini tidak murni menggunakan md5 hashses. Baca selengkapnya.
Cara Mengupload Photo seperti Photo Galeri Friendster menggunakan PHP
Sabtu, 19 Januari 2008 07:56 WIB
Cara Mengupload Photo seperti Photo Galeri Friendster menggunakan PHP
Bagi Programmer PHP yang baru memulai biasanya akan mencoba mengupload photo tanpa diregenerate terlebih dahulu sehingga file sebesar apapun fotonya maka ia akan simpan kedalam hostingan. Coba kita lihat apa yang dilakukan oleh friendster.com atau website yang sering menyediakan fasilitas photo galeri bagi membernya. dan ternyata ketika si member mengupload photo maka system akan mengenerate menjadi ukuran yang lebih kecil dan membuat duplikasi berdasarkan kebutuhan, misalkan untuk ukuran thumnail 100 pixel dan ukuran zoom sebesar 500 pixel. Bagaimana mana caranya? mari kita belajar bersama-sama.
Membuat SMS Gateway menggunakan WaveCome GSM,  SMSTools, PHP dalam Debian
Selasa, 25 September 2007 06:49 WIB
Membuat SMS Gateway menggunakan WaveCome GSM, SMSTools, PHP dalam Debian
Bagi sebagian pengembang SMS Gateway, biasanya yang saya jumpai menggunakan aplikasi yang berjalan pada system operasi Microsoft Windows, ada yang menggunakan Borland Delphi, ada yang menggunakan visual basic atau beberapa aplikasi lain yang digunakan, kali ini saya akan coba bahas membuat sms gateway dengan menggunakan modem dulu, baru nanti kita coba yang terhubung langsung dengan SMS Center milik operator selular di Indonesia. Baca selengkapnya saja untuk informasi lebih lengkap.
Tips Keamanan, Register Global dalam PHP
Senin, 28 Mei 2007 06:12 WIB
Tips Keamanan, Register Global dalam PHP
Saya liat banyak sekali buku-buku yang beredar di Gramedia atau yang lainnya khususnya buku komputer yang membahas pemrograman PHP masih menggunakan Register Globals dimana dia diset menjadi on, padahal jika kita lihat dalam PHP Manual yang dikeluarkan PHP dot net pada halaman-halaman awal membahas tentang yang satu ini, mungkin ini adalah sesuatu yang crusial menurut pengembang PHP walaupun demikian belum banyak pembuat buku PHP yang merilis ulang bukunya dengan source code yang berjalan pada register globals off.