Gadget dan Mobile
Tips Aman Menggunakan Blackberry

Tips Aman Menggunakan Blackberry

Oleh | Jum'at, 29 Oktober 2010 20:12 WIB | 5.640 Views | Comments 2010-10-29 20:12:22

Blackberry? Sepertinya tidak asing lagi bagi sebagian orang. Ya, perangkat mobile jenis ini sedang sangat marak digunakan tidak hanya di luar negeri tapi juga di Indonesia. Banyak orang yang merasa nyaman dengan menggunakan blackberry terutama dengan fasilitas instant messaging, social network dan juga push email yang sangat menarik. Pengguna Blackberry tidak hanya digunakan oleh kalangan bos melainkan juga sudah digunakan oleh kalangan menengah. Bentuknya yang unik, ergonomis, dan tentu saja canggih membuat banyak masyarakat kita rela merogoh kocek yang lumayan. Namun, penggunaan Blackberry yang kurang hati-hari justru akan menyebabkan malapetaka bagi pemiliknya. Oleh karena itu, perhatikan tips aman menggunakan Blackberry berikut ini.

Pertama, perlakukanlah Blackberry seperti layaknya PC atapun laptop yang biasa kita gunakan, karena pada dasarnya secara fungsi menyerupai hanya berbeda bentuk. Jika kita terhubung dengan internet bahkan sampai melakukan transaksi di internet dengan bantuan Blackberry kita pastikan kita menggunakan firewall, antispyware ataupun antivirus seperti layaknya kita menggunakan komputer, aplikasi seperti itu bisa kita dapatkan saat pertama kali membeli ataupun download di kemudian hari.

Kedua, gunakan password yang aman. Blackberry anda menyimpan banyak data di dalamnya, mulai dari daftar teman-teman, arsip pesan singkat hingga dokumen pribadi. Oleh karena itu, biasakan untuk menggunakan password untuk Blackberry anda.

Ketiga, jangan ceroboh. Terkadang kita lupa bahwa Blackberry tidak hanya sekadar telefon yang biasa kita gunakan, didalamnya juga terdapat akun situs jejaring sosial kita seperti Facebook atapun Twitter, bahkan bagi yang terbiasa menggunakan push e-mail sudah dipastikan bertumpuk data e-mail yang masuk. Oleh karena itu, biasakan gunakan Blackberry di tempat yang aman dan hindari keramaian. Dengan bentuk yang kecil, Blackberry Anda akan sangat mudah tertinggal atapun dicuri orang.

Keempat, lakukan backup secara teratur. Sebagai barang elektronik yang sangat mungkin mati baik itu karena kerusakan hardware maupun karena sebab lain seperti jatuh, tersiram air, dan yang lainnya, maka kita harus terbiasa melakukan backup. Caranya adalah dengan menghubungkan Blackberry kita dengan desktop dengan bantuan desktop manager.

Kelima, selektif saat meng-install aplikasi. Banyaknya aplikasi yang tersedia di Application Word membuat kita seenaknya meng-install tanpa memperhatikan aplikasi yang kita install. Pastikan aplikasi yang kita install cocok dengan tipe Blackberry yang digunakan. Kesalahan instalasi dapat menyebabkan hilangnya data kontak di BB Messanger sehingga kita harus meng-add ulang teman-teman kita.

Keenam, biasakan merawat Blackberry kita. Merawat Blackberry tidak hanya dilakukan kepada hardware ataupun fisik dari Blackberrynya sendiri misalkan dengan membungkus dengan pengaman karet, tetapi juga harus dirawat bagian software. Biasakan untuk menghapus data-data atau aplikasi yang tidak penting, hal ini akan membuat laju sistem semakin cepat dan tidak berat.

Ketujuh, update selalu informasi tentang Blackberry. Sebagai pengguna Blackberry kita diharuskan untuk mengetahui informasi terbaru tentang Blackberry. Kita bisa mendapatkan informasi terbaru dari internet, televisi, hingga majalah dan koran, bukan berarti harus bersifat konsumtif dengan selalu mengganti dengan yang baru, tetapi kita tau isu terbaru tentang aplikasi, keamanan serta hal lain yang berhubungan dengan Blackberry kesayangan kita. (Adi Sumaryadi, praktisi teknologi informasi.

Tulisan ini pernah terbit di Rubrik Cakrawala Pikiran Rakyat - Edisi 28 Oktober 2010


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#






Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3


Gadget dan Mobile Lainnya
Menemukan IPad,IPhone dan IPod yang Hilang
Jum'at, 10 Desember 2010 06:01 WIB
Menemukan IPad,IPhone dan IPod yang Hilang
Info Lokasi Minimarket Berbasis Mobile Web dan SMS
Rabu, 28 Oktober 2009 16:07 WIB
Info Lokasi Minimarket Berbasis Mobile Web dan SMS
Tips Berinternet Saat Pulang  Kampung Halaman
Selasa, 21 Oktober 2008 07:12 WIB
Tips Berinternet Saat Pulang Kampung Halaman
Ponsel Anda adalah Media Massa Ketujuh
Selasa, 05 Agustus 2008 08:23 WIB
Ponsel Anda adalah Media Massa Ketujuh