Gadget dan Mobile
Info Lokasi Minimarket Berbasis Mobile Web dan SMS

Info Lokasi Minimarket Berbasis Mobile Web dan SMS

Oleh | Rabu, 28 Oktober 2009 16:07 WIB | 3.860 Views | Comments 2009-10-28 16:07:26

Kebutuhan akan informasi lokasi sebuah minimarket terkadang merupakan hal sepele, namun terkadang ketika kita dalam perjalan atupun sedang bepergian disuatu tempat, informasi itu akan sangat berguna sekali apalagi kita membutuhkan barang yang kita tahu hanya ada di sebuah minimarket. Informasi ini tentunya selain harus lengkap juga mudah dan cepat diakses oleh pengguna, oleh karena itu sebuah teknologi SMS dan Mobile web menjadi salah satu losusi untuk mengatasai permasalahan ini.

GPS Lokasi MinimarketInfo lokasi minimarket berisi database minimarket, supermarket hingga hypermarket, tidak hanya namanya saja melainkan informasi letak sangatlah detail, mulai dari nama jalan, nama komplek atau kecamatan dan dilengkapi dengan koordinat GPS sehingga memudahkan bagi pengguna GPS di kendaraan atapun pengguna peta digital lainnya untuk langsung menemukan lokasi dimana sebuah minimarket berada.

Metode Pengaksesan

Pengguna layanan ini dapat memanfaatkan 2 buah metode yang digunakan untuk mengakses database informasi lokasi dan tempat sebuah minimarket:

  1. Menggunakan Mobile Web
    Penggunaan mobile web akan memudahkan pengguna untuk mengakses informasi, apalagi jika kita membuat sebuah aplikasi berbasis java yang bisa dipasang dihandphone, sederhananya membuka halaman mobile web tadi. Misalkan dengan alamat m.infominimarket.com, pengguna bisa mengakses halaman itu dari handphone, kemudian halamannya pun tidak perlu kompleks, cukup pencarian saja mulai dari kota, nama lokasi dan nama jalan. Hasil pencarian akan menampilkan informasi minimarket yang terdekat dilengkapi dengan nama jalan, informasi singkat hingga koordinat GPS ( Global Positioning System ), pada saat searching pengguna pun dapat memasukan koordinat GPS sehingga aplikasi ini akan menunjukan minimarket yang koordinat GPS nya terdekat dengan posisi pengguna.

    Aplikasi ini juga mendeteksi perangkat atapun browser yang digunakan oleh pengguna, jika diakses melalui handphone / mobile maka aplikasi akan menampilkan info dalam bentuk mobile web, namun aplikasi menggukan PC maka aplikasi akan menampilkan informasi dalam bentuk web penuh, tentu dilengkapi dengan data yang lebih detail seperti peta Google dan yang lainnya.
  2. Menggunakan SMS
    SMS sebagai layanan mobile yang paling sering digunakan akan menjadi sebuah metode pula untuk mengakses informasi ini, bisa dibangun layanan misalkan menggunakan shortnumber sehingga penyedia layanan ini dapat melakukan charging yang setimpal dengan info yang diberikan. Format pengiriman sebagai contoh cukup sederhana saja misalkan Ketik MINIMARKET#nama kota#nama jalan kemudian kirim ke sebuah shortnumber. Penyedia layanan akan mengirimkan infomasi minimarket terdekat seperti layaknya mobile web hanya saja via SMS.

Ketika database ini besar dan lengkap, aplikasi ini juga bisa dibundling oleh operator dalam staterkit atapun menushortcut *123# sehingga memudahkan pengguna untuk menikmati layanan ini.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#







Gadget dan Mobile Lainnya
Tips Berinternet Saat Pulang  Kampung Halaman
Selasa, 21 Oktober 2008 07:12 WIB
Tips Berinternet Saat Pulang Kampung Halaman
Berinternet rasanya saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan dalam kehidupan seorang manusia modern bahkan sebagian orang sudah kecanduan dengan yang namanya internet, tidak siang tidak malam, internet sudah menjadi alternatif hiburan dan pekerjaan bagi sebagian orang. Kita terkadang tidak terasa telah duduk lama didepan komputer sambil menggunakan internet, mulai dari browsing, chating hingga berkomunikasi dengan teman-teman kita, namun apa jadinya jika saat kita mudik? Apakah masih bisa berinternet ria?
Ponsel Anda adalah Media Massa Ketujuh
Selasa, 05 Agustus 2008 08:23 WIB
Ponsel Anda adalah Media Massa Ketujuh
Ponsel yang saat ini ada di saku Anda adalah media massa ketujuh. Kok bisa ? yang beneran Pengen tahu lebih lanjut ? Begini, saat ini apakah ada rekan, saudara, sanak keluarga atau Anda sendiri berlanggangan sms premium, entah sms religi, sms berita terbaru dari surat kabar tertentu, sms dari artis idola Anda atau sms alert yang lain. Setiap periode tertentu Anda akan mendapat info atau konten terbaru dari provider. Ini adalah salah satu bukti bahwa ponsel Anda adalah media massa yang mampu menyampaikan informasi terkini dan serempak tidak hanya untuk Anda tetapi juga mungkin ribuan atau ratusan ribu orang yang juga berlangganan layanan sms premium seperti Anda.