Curhatan Hatiku
Bosan, Tidak Ada Terobosan Baru Dari Gubernur Jawa Barat

Bosan, Tidak Ada Terobosan Baru Dari Gubernur Jawa Barat

Oleh | Senin, 19 Oktober 2009 18:28 WIB | 4.257 Views | Comments 2009-10-19 18:28:14

Sebagai warga Jawa Barat sepertinya sudah selayaknya saya mempertanyakan perkembangan signifikan yang terjadi di Jawa Barat, waktu pilkada beberapa tahun yang lalu saya termasuk orang yang respek terhadap calon gubernur yang berasal dari partai yang didominasi warna putih, kuning dan hitam. Saya waktu itu berharap banyak kepada gubernur terpilih untuk melanjutkan apa yang sudah ada membuat terobosan-terobosan baru yang memacu pertumbuhan semua bidang di Jawa Barat.

Setahun berjalan, sepertinya terobosan itu masih jauh dari pendengaran saya, bahkan tidak terdengar bisik-bisiknyapun sama sekali, apalagi gaungnya. Saya coba mencari info kepada beberapa teman-teman yang memang sering berkecimpung di Pemerintah Propinsi, ternyata informasi itu mengatakan bahwa setahun ini gubernur sedang membenahi organisasi yang ada dilingkup propinsi dan bahkan sebulan setelah beliau dilantik, terdengar kabar bahwa waktu itu digunakan untuk perkenalan dengan jajaran yang ada dibawahnya, mungkin ini salah satu resiko gubernur dipilih langsung dan berasal dari luar lingkungan. Saya sangat pahami hal ini, mungkin ini yang menyebabkan tidak adanya terobosan.

Bidang teknologi informasi adalah salah satu bidang yang sangat saya cermati, pada hari pelantikan gubernur saya sempat membeli koran Pikiran Rakyat yang isinya paparan program 100 hari gubernur, jujur sebagai rakyat biasa, tidak ada yang terasa benar apa yang sebenarnya dilakukan pemerintah selama 100 hari itu. Program Jabar CyberProvince yang digembor-gemborkan jauh-jauh hari oleh pemerintahan sebelumnya seperti hilang ditelan bumi entah kearah mana akan dibawa. Salah satu poin yang masih saya ingat adalah program pengadaan internet hingga keseluruh kecamatan di lingkup 25 kabupaten dan kota. Sepertinya itu juga cuma sepenggal tulisan saja, dilapangan terbukti pertumbuhan internet didominasi pihak swasta bahkan perusahan-perusahan kecil yang tumbuh dengan sendirinya dari masyarakat, saya tidak melihat campur tangan pemerintah secara langsung untuk memeratakan internet hingga seluruh kecamatan.

Tahun kedua sepertinya nasibnyapun sama seperti tahun sebelumnya, sangat menghawatirkan. Saya berfikir sepertinya bapak gubernur menggambil jalan yang benar-benar aman untuk menjalankan pemerintahanya, bisa jadi takut akan KPK dan bayang-bayang korupsi. Bagi saya kalau semuanya terhitung dan dapat dipertanggungjawabkan kenapa tidak membuat sebuah terobosan. Terobosan disini adalah suatu program atau kebijakan yang dapat mengakselerasi kemajuan sebuah bidang. Sebagai contoh di bidang IT saja, terobosan itu bisa berupa pembangunan sebuah IT Center di Jawa Barat misalkan, ataupun pemerintah membuka jalan berkembangnya industri kreatif berbasis IT. Saya yakin benar bapak gubernur dikelilingi oleh orang-orang benar-benar paham akan pentingnya pertumbuhan IT.

Waktu tersisa tinggal beberapa tahun saja, sepertinya Jawa barat akan semakin jauh saja dari kemajuan apabila gubernur sebagai pemimpin masih berjalan seperti 2 tahun kebelakang. Semoga Allah memberi kekuatan kepada beliau supaya membuat terobosan baru yang lebih meningkatkan keilmuan, kemampuan, kesejahteraan dan kedamaian warganya. Amiin

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Curhatan Hatiku Lainnya
Oh Mungkin Tradisi Keluarganya Begitu
Senin, 06 April 2009 07:32 WIB
Oh Mungkin Tradisi Keluarganya Begitu
Setiap orang mempunyai adat dan tradisi berbeda dalam prilakunya, kadang tradisi itu dianggap baik oleh keluarga tersebut tetapi dianggap kurang menyenangkan bila dilihat oleh orang lain, hal ini menurut saya bukan masalah baik atau buruknya diliat dari segi etika, bisa jadi hanya masalah rasa dan beda kebiasaan saja. Terkadang kita sebel melihat prilaku orang yang sepertinya baik-baik saja, sebel disini timbul akibat perbedaan tradisi yang ada.
Memberi "Makan" Blog Peliharaan
Selasa, 24 Februari 2009 21:13 WIB
Memberi "Makan" Blog Peliharaan
Ibarat sebuah peternakan yang penuh dengan binatang yang beraneka ragam, semuanya perlu dan minta dikasih makan. Begitu pula dengan orang-orang yang mempunya banyak blog dan situs di internet. Saya termasuk orang yang gak mempunyai blog di bebeberapa tempat walapun saat ini saya sebetulnya kurang begitu nyaman di sebut blogger. Yang jadi pertanyaan adalah, apakah baik dengan model seperti ini? mempunyai banyak blog dibanyak tempat?
Promosi Diri, Perlukah Dilakukan? Bagaimana Caranya?
Sabtu, 20 Desember 2008 04:52 WIB
Promosi Diri, Perlukah Dilakukan? Bagaimana Caranya?
Beberapa hari yang lalu saya menerima email dari mungkin salah satu pengunjung web ini, satu hal yang menarik yang saya cermati adalah pertanyaannya. Biasanya email-email yang masuk berisi pertanyaan tentang hal-hal yang berbau teknis, tapi tidak untuk kali ini, pertanyaannya bukan tentang teknis bagaimana dan apa yang harus dilakukan dalam implementasi teknologi informasi, tetapi pertanyaannya tentang bagaimana cara mempromosikan diri, produk buatan sendiri yang sudah diproduksi dalam bidang teknologi Informasi, begini pertanyaan.
Wajah Polisi Negeri Ini Tetap Menakutkan
Minggu, 30 November 2008 05:42 WIB
Wajah Polisi Negeri Ini Tetap Menakutkan
Sebagai penegak hukum Polisi memang dituntut untuk bersikap tegas dan berwibawa, sebagian orang menggangap tegas dan berwibawa akan tumbuh dalam diri seseorang yang bermuka menakutkan, tentu bukan menakutkan seperti hantu dalam film-film tetapi setidaknya orang akan "murungkut" kalau melihatnya.Ternyata, selain sebagai penegak hukum polisi juga sebagai teladan, pelayan masyarakat. Ini adalah yang perlu digaris bawahi yaitu pelayan.
Tidak Adakah Kata yang Lebih Baik dari kata PESTA
Senin, 03 November 2008 05:22 WIB
Tidak Adakah Kata yang Lebih Baik dari kata PESTA
Sebenernya saya tidak ingin menulis tulisan ini tapi karena tidak tertahan untuk mencurahkankan uneg-uneg yang ada ya sudahlah. Rasanya rasa kekurangsukaan saya terhadap teman-teman blogger tidak hanya dirasakan oleh saya sendiri, banyak teman-teman yang saya jumpai merasakan hal yang serupa. bahkan ada yang langsung berani berkomentar pedas di website resmi acara Pesta Blogger yang rencananya akan digelar 22 November 2008 ini.
Apakah Aku Seorang Blogger?
Jum'at, 24 Oktober 2008 06:28 WIB
Apakah Aku Seorang Blogger?
Diawal saya menganggap bahwa seorang blogger adalah orang yang selalu menuliskan sesuatu yang ada dalam pikirannya melalui aplikasi semacam dashboard yang disediakan gratis oleh vendor-vendor blog tertentu. Dalam perjalanannya ternyata banyak tulisan-tulisan yang terpasang di website-website pribadi yang ternyata masih menggunakan aplikasi opensource semacam WordPress. Yang jadi pertanyaan adalah jikalau seseorang yang selalu menulis dan dipasang pada aplikasi sendiri dan menggunakan domain sendiri apakah bisa disebut Blogger?