Curhatan Hatiku
Mau Jadi Apa Tua Nanti?

Mau Jadi Apa Tua Nanti?

Oleh | Jum'at, 12 Januari 2024 01:19 WIB | 2.225 Views 2024-01-12 01:19:55

Berapa usia teman-teman semua hari ini? 20? 30? 40? sudah pantaskah kita bicara tentang mau jadi apa tua nanti? tentu setiap orang mendamba di masa tua akan hidup enak, tidak harus kerja lagi dan menikmati masa "pensiun", benar begitu bukan?

Mendefisinikan masa tua memang banyak sekali sudut pandangnya, tapi yang paling mudah adalah mengambil masa pensiun PNS yaitu 60 atau 65 tahun, anggaplah kita ambil usia 60 tahun. Maka waktu persiapan kita untuk merencanakan dan mempersiapkan masa tua kita adalah 60 tahun - usia kita hari ini, mau seperti apa masa tua kita nanti?

Buat seorang PNS atau seseorang yang memiliki tabungan atau asuransi hari tua tentu tidak akan pusing, tinggal pilih mau tinggal dirumah atau tetap beraktifitas sesuai passion yang telah direncanakan, tidak sedikit pula yang tertantang untuk "bekerja lagi" dengan menjadi dosen, menjadi caleg atau menjadi konsultan, lagi-lagi itu pilihan hidup. Yang pasti dari itu semua adalah bagaimana mempersiapkannya, karena itu kunci.

Kita sering sekali melihat lansia yang ternyata masih harus mengayuh becak dijalanan, masih berjualan panggul dijalanan, bukannya mengerdirkan pekerjaan mulia itu, namun bila kita bertanya dan ada pilihan untuk sekedar istirahat dirumah, tentu akan memilih pilihan itu, dengan tambahan semakin mudah untuk beribadah di masjid.

Masa tua memang masih menjadi misteri, sampaikah kita kepadanya? belum tentu juga, tetapi persiapan, perencanaan harus tetap dilakukan. Jangan sampai kita menyesal setelah masa itu tiba, tanpa melakukan apapun sebelumnya.


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3

Curhatan Hatiku Lainnya
Cita-cita dan Air Mata
Jum'at, 10 Juni 2022 21:45 WIB
Cita-cita dan Air Mata
Aa, Saya Memilih Bergerak diluar Saja
Rabu, 24 Februari 2010 08:13 WIB
Aa, Saya Memilih Bergerak diluar Saja
Oh Mungkin Tradisi Keluarganya Begitu
Senin, 06 April 2009 07:32 WIB
Oh Mungkin Tradisi Keluarganya Begitu