Curhatan Hatiku
Mau Jadi Apa Tua Nanti?

Mau Jadi Apa Tua Nanti?

Oleh | Jum'at, 12 Januari 2024 01:19 WIB | 820 Views 2024-01-12 01:19:55

Berapa usia teman-teman semua hari ini? 20? 30? 40? sudah pantaskah kita bicara tentang mau jadi apa tua nanti? tentu setiap orang mendamba di masa tua akan hidup enak, tidak harus kerja lagi dan menikmati masa "pensiun", benar begitu bukan?

Mendefisinikan masa tua memang banyak sekali sudut pandangnya, tapi yang paling mudah adalah mengambil masa pensiun PNS yaitu 60 atau 65 tahun, anggaplah kita ambil usia 60 tahun. Maka waktu persiapan kita untuk merencanakan dan mempersiapkan masa tua kita adalah 60 tahun - usia kita hari ini, mau seperti apa masa tua kita nanti?

Buat seorang PNS atau seseorang yang memiliki tabungan atau asuransi hari tua tentu tidak akan pusing, tinggal pilih mau tinggal dirumah atau tetap beraktifitas sesuai passion yang telah direncanakan, tidak sedikit pula yang tertantang untuk "bekerja lagi" dengan menjadi dosen, menjadi caleg atau menjadi konsultan, lagi-lagi itu pilihan hidup. Yang pasti dari itu semua adalah bagaimana mempersiapkannya, karena itu kunci.

Kita sering sekali melihat lansia yang ternyata masih harus mengayuh becak dijalanan, masih berjualan panggul dijalanan, bukannya mengerdirkan pekerjaan mulia itu, namun bila kita bertanya dan ada pilihan untuk sekedar istirahat dirumah, tentu akan memilih pilihan itu, dengan tambahan semakin mudah untuk beribadah di masjid.

Masa tua memang masih menjadi misteri, sampaikah kita kepadanya? belum tentu juga, tetapi persiapan, perencanaan harus tetap dilakukan. Jangan sampai kita menyesal setelah masa itu tiba, tanpa melakukan apapun sebelumnya.


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet








Mungkin anda tertarik menonton video tentang Memulai Bisnis Digital Bagian 2

Curhatan Hatiku Lainnya
Cita-cita dan Air Mata
Jum'at, 10 Juni 2022 21:45 WIB
Cita-cita dan Air Mata
Saya sering sekali mendengar kisah sukses seseorang dalam mencapai cita-citanya, selalu ada saja cerita yang menyebabkan airmata pejuang citanya keluar.
Aa, Saya Memilih Bergerak diluar Saja
Rabu, 24 Februari 2010 08:13 WIB
Aa, Saya Memilih Bergerak diluar Saja
Beberapa hari ini saya mulai intens lagi berhubungan dengan Aa Gym, guru sekaligus menjadi juragan saat masih berada di PT. Manajemen Qolbu, semuanya dimulai ketika Mang Yoyon dihubungi Aa untuk berdiskusi masalah internet di kediaman beliau. Seperti biasanya serasa ipin dan upin, Mang Yoyonpun mengajak saya untuk menemui Aa. Hal yang diduga sebelumya ternyata benar terjadi, Aa kembali seperti dulu dengan beberapa keinginanannya yang menggebu-gebu, salahsatunya dengan mulai memanfaatkan media yang ada untuk menguatkan dakwah yang ada
Bosan, Tidak Ada Terobosan Baru Dari Gubernur Jawa Barat
Senin, 19 Oktober 2009 18:28 WIB
Bosan, Tidak Ada Terobosan Baru Dari Gubernur Jawa Barat
Sebagai warga Jawa Barat sepertinya sudah selayaknya saya mempertanyakan perkembangan signifikan yang terjadi di Jawa Barat, waktu pilkada beberapa tahun yang lalu saya termasuk orang yang respek terhadap calon gubernur yang berasal dari partai yang didominasi warna putih, kuning dan hitam. Saya waktu itu berharap banyak kepada gubernur terpilih untuk melanjutkan apa yang sudah ada membuat terobosan-terobosan baru yang memacu pertumbuhan semua bidang di Jawa Barat
Oh Mungkin Tradisi Keluarganya Begitu
Senin, 06 April 2009 07:32 WIB
Oh Mungkin Tradisi Keluarganya Begitu
Setiap orang mempunyai adat dan tradisi berbeda dalam prilakunya, kadang tradisi itu dianggap baik oleh keluarga tersebut tetapi dianggap kurang menyenangkan bila dilihat oleh orang lain, hal ini menurut saya bukan masalah baik atau buruknya diliat dari segi etika, bisa jadi hanya masalah rasa dan beda kebiasaan saja. Terkadang kita sebel melihat prilaku orang yang sepertinya baik-baik saja, sebel disini timbul akibat perbedaan tradisi yang ada.
Memberi "Makan" Blog Peliharaan
Selasa, 24 Februari 2009 21:13 WIB
Memberi "Makan" Blog Peliharaan
Ibarat sebuah peternakan yang penuh dengan binatang yang beraneka ragam, semuanya perlu dan minta dikasih makan. Begitu pula dengan orang-orang yang mempunya banyak blog dan situs di internet. Saya termasuk orang yang gak mempunyai blog di bebeberapa tempat walapun saat ini saya sebetulnya kurang begitu nyaman di sebut blogger. Yang jadi pertanyaan adalah, apakah baik dengan model seperti ini? mempunyai banyak blog dibanyak tempat?
Promosi Diri, Perlukah Dilakukan? Bagaimana Caranya?
Sabtu, 20 Desember 2008 04:52 WIB
Promosi Diri, Perlukah Dilakukan? Bagaimana Caranya?
Beberapa hari yang lalu saya menerima email dari mungkin salah satu pengunjung web ini, satu hal yang menarik yang saya cermati adalah pertanyaannya. Biasanya email-email yang masuk berisi pertanyaan tentang hal-hal yang berbau teknis, tapi tidak untuk kali ini, pertanyaannya bukan tentang teknis bagaimana dan apa yang harus dilakukan dalam implementasi teknologi informasi, tetapi pertanyaannya tentang bagaimana cara mempromosikan diri, produk buatan sendiri yang sudah diproduksi dalam bidang teknologi Informasi, begini pertanyaan.