PHP Programming
Mengirimkan Tweet Melalui PHP Secara Otomatis

Mengirimkan Tweet Melalui PHP Secara Otomatis

Oleh | Minggu, 03 Juni 2018 23:12 WIB | 934 Views | Comments 2018-06-03 23:12:29

Twitter adalah salah satu sosial media yang hingga saat ini masih bertahan bersanding bersama Facebook dan juga Instagram. Terkadang kita membutuhkan otomatisasi untuk mengirimkan status atau tweet ke Twitter dari aplikasi yang kita buat atau website yang kita buat menggunakan PHP. Untuk melakukannya, perhatikan beberapa langkah berikut ini:

Terlebih dahulu, kita harus membuat sebuah Apps di Twitter Development atau dengan mengunjungi URL https://apps.twitter.com. Di Halaman ini silahkan buat sebuah apps dengan melengkapi seluruh informasi yang diminta oleh twitter. Kemudian setelah terbuat aplikasinya silahkan masuk ke Tab Key and Token Keys yang tampilannya seperti dibawah ini:

Pada halaman diatas, semua informasi yang dibutuhkan untuk parameter di sourcecode yang akan kita buat sudah lengkap. Selanjutnya yang kita butuhkan lagi adalah script TwitterAuth yang telah dibuat oleh Abraham di github. Silahkan download sourcenya di https://github.com/abraham/twitteroauth, kemudian extractlah dan upload pada folder yang telah anda sediakan dihosting anda. 

Setelah semuanya lengkap berikut ini sourcecode yang dapat digunakan untuk membuat tweet otomatis menggunakan PHP dari website anda.

<?php
require 'twitter/autoload.php';
use AbrahamTwitterOAuthTwitterOAuth;

if (!defined('CONSUMER_KEY')) {   define('CONSUMER_KEY', 'ISI_DENGAN_APIKEY'); }

if (!defined('CONSUMER_SECRET')) {  define('CONSUMER_SECRET', 'ISI_DENGAN_APISECRET'); }

if (!defined('OAUTH_TOKEN')) {  define('OAUTH_TOKEN', 'ISI_DENGAN_TOKENKEY'); }

if (!defined('OAUTH_SECRET')) { define('OAUTH_SECRET', 'ISI_DENGAN_TOKENSECRET'); }

$connection = new TwitterOAuth(CONSUMER_KEY, CONSUMER_SECRET, OAUTH_TOKEN, OAUTH_SECRET);
$content = $connection->get('account/verify_credentials');
$status = "Ini adalah tweet otomatis yang dikirim dari PHP";
$connection->post('statuses/update', array('status' => $status));

?>

Script diatas anda dapat integrasikan dengan berbagai aplikasi yang telah anda buat seperti Informasi Cuaca, Berita otomatis terupdate ke twitter dan konten-konten lainnya dari website anda. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






PHP Programming Lainnya
Plugin Komentar Facebook Loading Lebih Cepat
Kamis, 01 Februari 2018 07:39 WIB
Plugin Komentar Facebook Loading Lebih Cepat
Facebook Comment Plugin atau Komentar plugin milik facebook beberapa waktu kebelakang terasa lambat, menyebabkan halaman web keseluruhan jadi terasa lambat. Ternyata kalau kita tidak sering update perkembangan plugin di facebook kita akan ketinggalan dan menyebabkan website kita terasa lemot.
Mengamankan Ajax Request pada PHP
Selasa, 05 Desember 2017 10:52 WIB
Mengamankan Ajax Request pada PHP
Ajax seringkali digunakan oleh banyak web programmer untuk mendapatkan data tertentu tanpa me-load keseluruhan halaman. Namun terkadang banyak celah yang dapat digunakan oleh para peretas dari pengunaan ajax ini.
Mendapatkan Array Key dan Value Dari Form yang Di Post
Selasa, 28 November 2017 04:48 WIB
Mendapatkan Array Key dan Value Dari Form yang Di Post
Terkadang kita mempunyai data banyak yang harus diposting dalam sebuah form tetapi merupakan data yang sama. Untuk lebih memudahkannya data ID dari barisan data itu kita jadikan kunci array (key) sedangkan isinya adalah sebagai value. Lalu bagaimana saat diposting dan dibaca oleh PHP?
Alternatif Bila Modul Curl di Disable Untuk Memanggil External API
Senin, 23 Oktober 2017 17:48 WIB
Alternatif Bila Modul Curl di Disable Untuk Memanggil External API
Modul curl di PHP yang berjalan di web server memang dirasa yang paling baik untuk pemanggilan API atau meng-hit URL yang ada di server luar atau eksternal, bahkan beberapa librari umum seperti Facebook Connect juga menggunakan CURL.
Cara Mendapatkan Jumlah Fans Facebook Menggunakan PHP
Sabtu, 04 Maret 2017 06:56 WIB
Cara Mendapatkan Jumlah Fans Facebook Menggunakan PHP
Terkadang kita ingin menampilkan jumlah fans dari Fanspage Facebook yang kita miliki, tetapi design ingin dibuat sedemikian rupa, dengan begitu kita membutuhkan data fans dari fanspage di facebook dalam bentuk numeric. Berikut adalah caranya
Membuat Welcome Page atau Splash Page di Joomla
Selasa, 30 Desember 2008 06:56 WIB
Membuat Welcome Page atau Splash Page di Joomla
Splash screen biasanya dipakai oleh aplikas-aplikasi desktop atau aplikasi yang dipasang secara standalone dikomputer, sepertinya hal inipun terjadi disebuah website, terkadang butuh halaman pembuka atau welcome page yang isinya biasanya preview dari website yang didalamnya dan didominasi oleh animasi dalam bentuk flash animation. Bagi pengguna joomla atau wordpress atau website yang menggunakan index.php menjadi satu-satunya halaman yang diakses dan biasanya menggunakan clean url dan mod_rewrite tentu akan sedikit mengalami kesulitan, namun dimana ada kotoran disitu ada lalat eh salah..dimana ada kemauan disitu ada jalan.