Digital Marketing
17 Tentara Digital Marketing

17 Tentara Digital Marketing

Oleh | Selasa, 09 Maret 2021 08:08 WIB | 1.525 Views | Comments 2021-03-09 08:08:25

Jika tidak salah, pertemuan luas dengan salah satu konsultan digital marketing adalah keempat kalinya yang menekankan bahwa Digital Marketing butuh tentara, tentara yang buat sebagian orang sangat banyak, tetapi bagi sebagian lainnya itu adalah hal yang wajar dan memang harus ada. Ada yang jumlahnya minimal 7 posisi, ada yang minimalnya 14 posisi. Ditiap posisi bisa jadi diisi oleh lebih dari satu orang.

Menurut saya memang jika ingin benar-benar berjalan dengan baik, sebuah tim yang ideal dalam digital marketing harus lengkap semuanya. Jika memang budgetnya masih belum tersedia untuk mengumpulkan keseluruhan tim, biasa secara bertahap mengumpulkannya, tetapi yang menjadi tim inti harus ada, terutama Digital Marketing Strategist.

Digital Marketing Strategis (DMS) bisa dalam artian perseorangan, bisa juga tim, tentu tergantung skala bisnisnya. DMS inilah yang menjadi jendral perang dalam medan digital marketing. Perannya sangat vital, selain memang menyiapkan startegi, DMS juga bertugas untuk mengavaluasi jalannya sebuah strategi. Evaluasi ini tidak hanya pada proses digital marketingnya saja, tetapi juga menyentuh tiap-tiap individu didalam tim, apakah sesuai dengan KPI (Key Performance Indicator) atau tidak. Jika tidak, mungkin harus ditingkatkan skill-nya dengan diikutkan dalam sebuah workshop atau yang paling kejamnya adalah diganti. Fungsi lain dari DMS adalah menjembatani komunikasi Tim dengan Bussiness Owner.

Tim digital marketing secara ideal bisa mencapai belasan posisi antara lain:

1. Digital Marketing Strategist
2. Landingpage Creator
3. Website Creator
4. Ads Manager / Media Planner (SMM Specialist)
5. SEO Specialist
6. IT Support (System Administrator)
7. Affiliate/Reseller Manager
8. Community Manager
9. Copywriter
10. Designer
11. Stylist (Director)
12. Fotografer
13. Foto Editor
15. Presenter
15. Videografer
16. Video Editor
17. Admin/Customer Services

Banyak banget kan? bagi sebagian orang yang mungkin menjalankan bisnis yang sangat besar, 17 posisi ini mungkin sedikit, posisi ini tidak menggambarkan secara lurus jumlah tim, bisa jadi misalkan di bagian CS, mungkin jumlahnya bisa puluhan untuk menghandle trafik pertanyaan, trafik order, trafik complain yang masuk.

Ditulisan lebih lanjut saya akan coba membahas satu demi satu demi satu posisi, supaya kita benar-benar memahami fungsi dan tanggung jawab dari setiap tentara digital marketing. Semoga bermanfaat :)

* Foto tim myPangandaran, saya tidak ikutan foto :)


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3


Digital Marketing Lainnya
Cara Jitu Mendatangkan Trafik Website - Bagian 1
Jum'at, 14 Desember 2018 06:37 WIB
Cara Jitu Mendatangkan Trafik Website - Bagian 1
Bagaimana Orang Mendapatkan Urang Dari Youtube
Kamis, 13 Desember 2018 17:32 WIB
Bagaimana Orang Mendapatkan Urang Dari Youtube
Pengantar Internet Marketing untuk Pemula
Selasa, 15 November 2016 17:48 WIB
Pengantar Internet Marketing untuk Pemula