Digital Marketing
17 Tentara Digital Marketing

17 Tentara Digital Marketing

Oleh | Selasa, 09 Maret 2021 08:08 WIB | 722 Views | Comments 2021-03-09 08:08:25

Jika tidak salah, pertemuan luas dengan salah satu konsultan digital marketing adalah keempat kalinya yang menekankan bahwa Digital Marketing butuh tentara, tentara yang buat sebagian orang sangat banyak, tetapi bagi sebagian lainnya itu adalah hal yang wajar dan memang harus ada. Ada yang jumlahnya minimal 7 posisi, ada yang minimalnya 14 posisi. Ditiap posisi bisa jadi diisi oleh lebih dari satu orang.

Menurut saya memang jika ingin benar-benar berjalan dengan baik, sebuah tim yang ideal dalam digital marketing harus lengkap semuanya. Jika memang budgetnya masih belum tersedia untuk mengumpulkan keseluruhan tim, biasa secara bertahap mengumpulkannya, tetapi yang menjadi tim inti harus ada, terutama Digital Marketing Strategist.

Digital Marketing Strategis (DMS) bisa dalam artian perseorangan, bisa juga tim, tentu tergantung skala bisnisnya. DMS inilah yang menjadi jendral perang dalam medan digital marketing. Perannya sangat vital, selain memang menyiapkan startegi, DMS juga bertugas untuk mengavaluasi jalannya sebuah strategi. Evaluasi ini tidak hanya pada proses digital marketingnya saja, tetapi juga menyentuh tiap-tiap individu didalam tim, apakah sesuai dengan KPI (Key Performance Indicator) atau tidak. Jika tidak, mungkin harus ditingkatkan skill-nya dengan diikutkan dalam sebuah workshop atau yang paling kejamnya adalah diganti. Fungsi lain dari DMS adalah menjembatani komunikasi Tim dengan Bussiness Owner.

Tim digital marketing secara ideal bisa mencapai belasan posisi antara lain:

1. Digital Marketing Strategist
2. Landingpage Creator
3. Website Creator
4. Ads Manager / Media Planner (SMM Specialist)
5. SEO Specialist
6. IT Support (System Administrator)
7. Affiliate/Reseller Manager
8. Community Manager
9. Copywriter
10. Designer
11. Stylist (Director)
12. Fotografer
13. Foto Editor
15. Presenter
15. Videografer
16. Video Editor
17. Admin/Customer Services

Banyak banget kan? bagi sebagian orang yang mungkin menjalankan bisnis yang sangat besar, 17 posisi ini mungkin sedikit, posisi ini tidak menggambarkan secara lurus jumlah tim, bisa jadi misalkan di bagian CS, mungkin jumlahnya bisa puluhan untuk menghandle trafik pertanyaan, trafik order, trafik complain yang masuk.

Ditulisan lebih lanjut saya akan coba membahas satu demi satu demi satu posisi, supaya kita benar-benar memahami fungsi dan tanggung jawab dari setiap tentara digital marketing. Semoga bermanfaat :)

* Foto tim myPangandaran, saya tidak ikutan foto :)

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet





Apa komentar anda tentang Tulisan 17 Tentara Digital Marketing?


Digital Marketing Lainnya
7 Kesalahan Penjual Online Melalui Website yang Buat Penjualan Mandeg
Sabtu, 22 Agustus 2020 18:21 WIB
7 Kesalahan Penjual Online Melalui Website yang Buat Penjualan Mandeg
Banyak kesalahan-kesalahan kecil yang tidak sadar dilakukan oleh para Penjual online atau mereka yang menjual produk dan jasa menggunakan website. Setidaknya ada 7 kesalahan penjual online melalui website. Apa saja ya?
Cara Jitu Mendatangkan Trafik Website - Bagian 1
Jum'at, 14 Desember 2018 06:37 WIB
Cara Jitu Mendatangkan Trafik Website - Bagian 1
Website yang bagus adalah website yang trafiknya tinggi. Namun tidak gampang untuk mendatangkanya, banyak cara dan juga tips untuk mendatangkan trafik . Berikut video cara jitu bagaimana mendatangkan trafik kedalam sebuah website.
Bagaimana Orang Mendapatkan Urang Dari Youtube
Kamis, 13 Desember 2018 17:32 WIB
Bagaimana Orang Mendapatkan Urang Dari Youtube
Bagaimana sih orang-orang mendapatkan uang dari Youtube? mereka menyebut dirinya Youtubers. Saya termasuk orang yang "pernah" mendapatkan uang beberapa kali dari youtube sebelum Youtube awal saya di blok oleh Youtube hehe. Nah sebelum jauh kesana, coba perhatikan video ini.
Pengantar Internet Marketing untuk Pemula
Selasa, 15 November 2016 17:48 WIB
Pengantar Internet Marketing untuk Pemula
Mendengar kata marketing pasti anda tergambar relevansinya dengan berjualan, menjual barang atau menawarkan barang. Kenyataanya marketing adalah hal yang sangat luas dari sekedar berjualan. Begitupun dengan internet marketing bukan diterjemahkan menjadi berjualan di internet.
Mengenal Knowledge Management dan Kaitannya dengan Decision Support System
Rabu, 16 Januari 2008 13:31 WIB
Mengenal Knowledge Management dan Kaitannya dengan Decision Support System
Banyak yang bilang kalau sekarang bukan lagi membicarakan sebuah Informasi apalagi data, tapi orang mulai berfikir dan banyak membicarakan tentang Knowledge atau ilmu pengetahun yang justru berasal dari informasi itu sendiri. Belakangan banyak yang bilang bahwa kedepan KM (Knowledge Magement) merupakan ladang empuk untuk meraih sebuah profit atau hanya sekedar prestise. Bagaimana sih sebenarnya? mari kita belajar bersama-sama