Digital Marketing
7 Cara Meningkatkan Engagement Instagram Kamu

7 Cara Meningkatkan Engagement Instagram Kamu

Oleh | Rabu, 04 Agustus 2021 21:17 WIB | 1.352 Views | Comments 2021-08-04 21:17:33

Anda tentu tahu, salah satu goal dari adanya sosial media adalah melakukan conversi ke sales. Sales bukan hanya bicara penjualan, bisa juga akuisisi, mendaftar, mendownload atau hal lainnya. Nah, conversi ke sales itu sangat dipengaruhi oleh enggament atau interaksi yang terjadi di akun Instagram anda, jadi semakin tinggi engagement  maka kemungkinan conversi juga meningkat. Lalu bagaimana caranya untuk meningkatkan engagement?

  1. Tingkatkan Kualitas Konten
    Conten is the king, katanya begitu. Dalam dunia digital marketing, nyaris konten adalah menjadi faktor utama dalam berkembangnya sebuah akun, di social media manapun, bahkan termasuk website dengan SEO-nya. Strategi konten juga sangat beragam, ada yang mengandalkan keunikan, ada pula yang mengandalkan volume (jumlah yang banyak). Semakin bagus kualitas konten, kemungkinan untuk mendapatkan enggagment semakin tinggi. Kualitas bisa dilihat dari isi atau story yang ingin disampaikan, kualitas foto bila unggahan berupa foto, kualitas video dan juga kualitas audio.
     
  2. Berusaha untuk terus aktif berinterasi
    Aktifnya anda dalam berinteraksi di postingan yang anda buat juga menjadi kunci, jangan biarkan mereka yang sudah berkomentar di postingan, lama anda biarkan, bahkan tidak ditengok sama sekali. Berusahalah untuk terus membalas, setidaknya anda klik "suka" untuk komentar yang masuk.
     
  3. Mampir ke Instagram Follower atau Akun Lain
    Sosial media itu wujud online dari kehidupan manusia dalam bersosialisasi, maka ibarat anda dalam satu komplek, sering-seringlah silaturahmi, berkunjung, berinteraksi. Dari sini anda juga sangat mungkin mendatangkan enggament baru dan tinggi. Sesekali stalking tidak apa-apa, berkomentar di status orang, mem-follow orang dan berintraksi dengan cara lainnya.
     
  4. Mencoba Layanan Seperti RajaKomen
    Saya baru nemu satu situs ini, namnya RajaKomen dan bisa diakses di RajaKomen.com, disini kamu bisa pesan komen dari akun-akun real yang tergabung didalamnya, ini juga penting untuk mentriger netizen lain untuk berkomentar dan menaikan trust akun ada. Boleh dicoba
     
  5. Konten Mengandung Triger Interaksi
    Konten juga tidak hanya harus baik dan berkualitas, sesekali anda harus membuat konten yang dapat mentriger follower anda berinteraksi seperti kuis, pertanyaan, give away atau hanya sekeder bertanya kepada follower anda. Pertanyaan yang bisa digunakan seperti "Apakah anda pernah mengalaminya?", "Siapa yang pernah?", "Ada pengalaman yang sama?", "Coba tebak yang mana?", "Pilih yang mana coba?" dan masih banyak lainnya. Pertanyaan ini bisa dalam bentuk gambar juga video, anda tentu yang paling sangat paham.
     
  6. Konsisten dalam memproduksi konten
    Konsisten itu sangat penting, konsisten memproduksi konten akan membuat akun instagram anda kaya, sehingga interaksi atau enggamentnya juga semakin tinggi. Anda bisa membuat jadwal yang anda sepakati sendiri misalnya sehari satu, seminggu sekian, sebulan sekian, atau bahkan setiap sekian jam.
     
  7. Lakukan Evaluasi berkala
    Banyak cara dan strategi untuk meningkatkan follower, meningkatkan enggament, meningkatkan konversi dan yang lainnya. Tetapi, bila tidak dilakukan evaluasi secara berkala, bisa jadi banyak step, banyak langkah yang kurang efektif malah dilakukan berulang-ulang. Evaluasi akan menjadi jalan menemukan cara baru yang lebih efektif dan meninggalkan cara yang salah, atau mungkin kurang tepat.
Masih banyak lagi cara untuk meningkaykan meningkatkan engagement instagram anda. Teruslah mencoba. Semoga bermanfaat
 


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3


Digital Marketing Lainnya