Digital Marketing
Pengantar Internet Marketing untuk Pemula

Pengantar Internet Marketing untuk Pemula

Oleh | Selasa, 15 November 2016 17:48 WIB | 4.087 Views | Comments 2016-11-15 17:48:15

Mendengar kata marketing pasti anda tergambar relevansinya dengan berjualan, menjual barang atau menawarkan barang. Kenyataanya marketing adalah hal yang sangat luas dari sekedar berjualan. Begitupun dengan internet marketing bukan diterjemahkan menjadi berjualan di internet.

Menurut Wikipedia, Pemasaran Internet atau pemasaran elektronik (bahasa Inggris: Internet marketing, e-marketing, atau online-marketing) adalah segala upaya yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media elektronik atau Internet. Huruf 'e' dalam e-marketing ini berarti elektronik yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik melalui jaringan Internet. Dengan terciptanya teknologi Internet, banyak istilah baru yang menggunakan awalan huruf e, seperti halnya: e-mail, e-business, e-gov, e-society dan lain sebagainya.

Menurut saya, secara sederhana Internet marketing adalah sebuah cara untuk memperkenalkan apapun, baik itu produk ataupun jasa, atau hanya sekedar nama supaya orang lebih kenal, mengetahui tentang sesuatu itu. Goalnya bisa bermacam-macam, ada yang ingin produknya laku, jasanya sering dipakai, namanya jadi populer. Beberapa tujuan dari Internet marketing antara lain:

Meningkatkan Sales
Diakui atau tidak tujuan mayoritas dari internet marketing adalah Sales, penjualan. Penjualan bukan berarti produk saja, semisal lembaga pelatihan adalah sebanyak mungkin peserta yang bergabung, bagi seorang artis bisa jadi jumlah fans yang meningkat, kesemuanya bisa kita sebut sebagai sales. Sayangnya banyak yang menerjemahkan bahwa internet marketing adalah langsung jualan, justru tidak. Internet marketing menurut saya lebih memiliki peran untuk memperkenalkan, mengajak orang aware terhadap produk dan mengajak sebanyak mungkin orang tau tentang produk itu, masalah bagaimana tingkat konversi ke salesnya itu ada prosesnya lagi.

Brand Awareness
Kerennya begitu, internet marketing berperan untuk meningkatkan aware orang kepada salah satu brand, baik itu brand yang dimiliki oleh perusahaan atau personal. Tujuannya hanya itu saja, tidak peduli orang mau beli atau tidak yang penting orang kenal, paham, mengakui keberadaan suatu brand itu sudah sampai pada salah satu tujuan internet marketing.

Membangun Citra Positif
Selain brand awarness, internet marketing juga ada yang dimanfaatkan untuk membangun citra positif, biasanya lebih identik dengan citra personal. Sebagian orang ada yang memanfaatkan internet marketing juga untuk menghapus citra negatif, konten negatif yang berhubungan dengan seseorang bisa tergeser oleh kuatnya citra positif yang dibangun oleh proses internet marketing.

Banyak lagi tujuan dari Internet marketing, selanjutnya kita akan mempelajari Internet marketing untuk meningkatkan sales atau penjualan.

 


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3


Digital Marketing Lainnya