Tentang Pangandaran
Gudang untuk UMKM Pangandaran

Gudang untuk UMKM Pangandaran

Oleh | Rabu, 08 Juli 2020 03:47 WIB | 1.664 Views | Comments 2020-07-08 03:47:12

Disadari atau tidak, UMKM dan koperasi adalah sektor yang sanggup bertahan di beberapa krisis terakhir, anggaplah pada tahun 1998, saat pasar saham dan bisnis makro tumbang. Bisnis retail semacam UMKM dan koperasi menjadi penyelamat. Baik sudah cukup sepertinya prolognya, intinya UMKM ini harus terus dibantu. Khususon untuk tanah kelahiranku tercinta, Pangandaran.

Pasar UMKM Pangandaran selain melayani kebutuhan lokal Pangandaran, juga beberapa dikirim dan dipasarkan ke luar kota, seingat saya, pasar potensial yang terbesar di Jawa Barat adalah Bandung , selain itu ada Jakarta.

Beberapa waktu yang lalu, saya ingin gula kawung Pangandaran, harganya murah, sayangnya untuk kirim ke Bandung ongkos kirimnya lebih mahal ketimbang harga gulanya. Lalu bagaimana solusinya?

Gudang Bersama

Inimah pikiran sederhana saya, Pemerintah cukup fasilitasi gudang di tiap kota yang jadi target market. Anggaplah di Bandung, ambil titik yang cocok untuk akses ke kota dan akses ke tol. Digudang ini, produk-produk UMKM Pangandaran yang biasanya dikirim ke Bandung ditampung, puluhan hingga ratusan UMKM bisa simpan barang disini. Setiap minggunya, satu truk besar akan bolak balik angkut barang dari Pangandaran ke Bandung, ke Jakarta dan kota-kota target market. Di pool di di Pangandaran dan diangkut secara berkala. Selanjutnya, UMKM pangandaran tinggal jualan secara online/bisa cek langsung barang ke gudang. Dibuat sistem yang bagus sehingga inventori di gudang dapat dikontrol juga oleh UMKM. Jadi kalau yang beli orang Bandung, packing bisa dilakukan di Bandung, ongkos kirim jadi lebih murah dan kecepatan pengiriman semakin tinggi. Tinggal disiapkan personil yang bisa digajih oleh bersama atau difasilitasi oleh Pemda, Kurir bisa langsung ambil ke gudang setiap harinya.

Selain gudang bersama, pemerintah daerah juga bisa mefasilitasi Marketplace Portal bersama, setiap UMKM bisa punya toko online masing-masing diluar marketplace yang biasa mereka gunakan. Pemda bisa melakukan promosi, melakukan edukasi dan berbagai cara untuk memperkenalkan channel penjualan ini.

Ini sih hanya mimpi, semoga saya segera bangun dari mimpi ini. (foto inakoran)

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet





Apa komentar anda tentang Tulisan Gudang untuk UMKM Pangandaran?

Tentang Pangandaran Lainnya
Menanti Pangandaran Command Center
Minggu, 09 Juni 2019 14:47 WIB
Menanti Pangandaran Command Center
Beberapa waktu yang lalu ada sebuah paket lelang yang akan digelar tahun ini khusus untuk penguatan dukungan teknologi di Pangandaran, yaitu Command Center. Sebagian orang menganggap bahwa Comannd Center (saya singkat CC) adalah teknologi paling wow yang ada saat ini, bagian yang tak terpisahkan dari sistem Smart City
Pariwisata Pangandaran, Antara Kebutuhan dan Mimpi
Selasa, 05 Februari 2019 21:45 WIB
Pariwisata Pangandaran, Antara Kebutuhan dan Mimpi
Suatu hari saya mengikuti meeting dengan Pa Haryadi, ketua PHRI Pusat, saya mewakili salah satu perusahaan di Jakarta, maklum, jadi orang IT kadang berganti-ganti baju sesuai dengan pekerjaan. Saat itu, hampir seluruh hotel yang datang saat itu mengeluhkan penurunan tingkat hunian hotelnya, tidak hanya hotel independent, hotel chain juga merasakan hal yang sama.
Semakin Mendunia Pariwisata Pangandaran, Semakin Hebat Tantangannya
Kamis, 29 November 2018 15:05 WIB
Semakin Mendunia Pariwisata Pangandaran, Semakin Hebat Tantangannya
Kolaborasi apik dari Pa AY, Kang Emil, Bu Susi dan Pa Jeje menurut saya impactnya bakal sangat terasa untuk pariwisata Pangandaran, atau setidaknya kolaborasi Kang Emil dan Pa Jeje, karena belum tentu Pa AY dan Bu Susi masih jadi mentri tahun-tahun mendatang. Kolaborasi ini tentu akan mewujudkan mimpi Pangandaran menjadi pariwisata berkelas dunia.
Ayolah Kawan, Sekali-Kali Keluarlah Dari Kotak Pariwisata
Minggu, 04 Februari 2018 02:17 WIB
Ayolah Kawan, Sekali-Kali Keluarlah Dari Kotak Pariwisata
Pangandaran adalah kabupaten baru yang memfokuskan diri pada pariwisata, bahkan misi utama dari Kabupaten yang dipimpin oleh Jeje Wiratadina ini adalah menjadi kabupaten pariwisata berkelas dunia, maka jangan salah bila keseluruhan aktifitasnya akan berbau pariwisata. Apakah termasuk generasi penerusnya?
Website Pangandaran Actual Disaster Information, Jadi Solusikah Perangi Hoax?
Rabu, 03 Januari 2018 07:52 WIB
Website Pangandaran Actual Disaster Information, Jadi Solusikah Perangi Hoax?
Pemerintah Kabupaten Pangandaran bergerak cepat pasca beberapa kali hoax tersebar khususnya yang berhubungan dengan informasi bencana dengan menghadirkan website Pangandaran Actual Disaster Information atau disebuat PADI, lalu apakah langkah ini akan mengurangi hoax dan membuat wisatawan tidak takut ke Pangandaran?
Pangandaran, Kabupaten Belia yang Sedang Marajut Mimpi
Rabu, 25 Oktober 2017 02:24 WIB
Pangandaran, Kabupaten Belia yang Sedang Marajut Mimpi
​Waktu 5 tahun bisa kita pandang dari dua sisi yang berbeda. Bila diibaratkan 5 tahun untuk usia seorang insan, 5 tahun adalah masa anak-anak yang belum mempunyai banyak daya, maka seringlah kita sebut sebagai balita, didunia belum lama, hanya lima tahun. Pun begitu dengan Kabupaten Pangandaran yang saat ini tengah berulang tahun yang kelima kalinya.