Tentang Pangandaran
Website Resmi Pemda Pangandaran Masih Down, Bisa Hambat Layanan dan Informasi untuk Masyarakat

Website Resmi Pemda Pangandaran Masih Down, Bisa Hambat Layanan dan Informasi untuk Masyarakat

Oleh | Jum'at, 14 Juli 2023 00:50 WIB | 2.306 Views 2023-07-14 00:50:16

Sudah lebih 2 minggu menurut pantauan saya website pemda Pangandaran yang beralaman di portal.pangandarankab.go.id down atau tidak bisa diakses. Sebagai website utama, tentu ini akan menghambat masyarakat untuk mengakses informasi tentang pemda dan lebih luas lagi informasi Pangandaran. Padahal, website adalah salah satu kanal distribusi informasi dan kehumahasan yang wajib dimiliki oleh pemerintah derah.

Website menjadi sangat penting karena informasi bisa lebih terstruktur dan memiliki peta situs (sitemap) yang memang dirancang untuk lebih mudah mengakses informasi. Oleh karena itu, tumbangnya portal kabupaten Pangandaran harus benar-benar diperhatikan secara serius. Lebih jauh lagi, masyarakat akan bertanya kinerja dan bagaimana SOP di dinas terkait tentang matinya website hingga berhari-hari bahkan berminggu-minggu, padahal, untuk sebuah website seharusnya memiliki uptime hingga 99%.

Konfirmasi Kominfo Pangandaran
Dinas Kominfo biasanya menjadi dinas yang bertugas untuk menghandle infrastruktur teknologi informasi yang didalamnya biasanya ada server-server yang digunakan untuk hosting website dan sistem informasi. Oleh karena itu, saya mencoba menghubungi kominfo melalui Twitter dan kominfo membalas bahwa sedang dikonfirmasi ke bagian Command Center.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanannya kak.. Info dari pengelola Command Center sedang terjadi kendala Teknis, saat ini masih sedang diusahakan agar kembali normal" balas akun twitter Kominfo Pangandaran.

Sebenarnya, saya cukup bertanya, benarkah yang bertanggung jawab terhadap infrastruktur IT di Pangandaran adalah Command Center, saya pikir Command Center justru pihak yang juga menjadi penerima layanan dari Kominfo.

Banyak Sub Situs yang Ikut Mati
Selain portal utama, matinya server website utama juga menyebabkan banyak subdomain atau anak situs ikut mati, bila dilakukan pengecekan beberapa situs yang ikut mati antara lain bkad.pangandarankab.go.id, simpkk.pangandarankab.go.id, tourism.pangandarankab.go.id, csr.pangandarankab.go.id, asb.pangandarankab.go.id, sigampil.pangandarankab.go.id, jdih.dprd.pangandarankab.go.id dan beberapa lagi yang lainnya.

Bahkan, situs Dinas Pariwisata yang beralamat di tourism.pangandarankab.go.id juga mati, padahal website ini yang sering digunakan pada promo-promo wisata yang dilakukan oleh pemerintah kabupaten Pangandaran.

Matinya portal kabupaten Pangandaran tentu harus disolusikan secara serius oleh pihak terkait, supaya masyarakat bisa kembali mengakses berbagai informasi yang diperlukan dan lebih jauh lagi menjaga citra Kabupaten Pangandaran khususnya dalam bidang teknologi informasi yang menjadi elemen pendukung visi Kabupaten Pangandaran menjadi destinasi pariwisata berkelas dunia.


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet








Mungkin anda tertarik menonton video tentang Memulai Bisnis Digital Bagian 2

Tentang Pangandaran Lainnya
Perlunya Kompetisi Startup dan Bisnis Rintisan di Pangandaran
Selasa, 09 Agustus 2022 14:47 WIB
Perlunya Kompetisi Startup dan Bisnis Rintisan di Pangandaran
Ya, kompetisi startup atau bisnis pemula memang perlu diadakan di Pangandaran, setingkat kabupaten. Hal ini dibuktikan di beberapa daerah lain bisa mentriger para pemuda dan inovator untuk unjung gigi dan mentriger masyarakat dengan rentan usia produktif untuk berkompetisi dalam hal bisnis.
Libur Lebaran di Pangandaran Selalu Macet, Gedung Parkir jadi Solusikah?
Kamis, 05 Mei 2022 06:39 WIB
Libur Lebaran di Pangandaran Selalu Macet, Gedung Parkir jadi Solusikah?
​Mulai hari kedua setelah lebaran hingga H+4 tahun ini Pangandaran kembali macet parah, sampai-sampai banyak sekali video viral di sosial media yang menggambarkan kemacetan yang sampai berjam-jam. Lalu ada perbincangan dengan teman terkait gedung parkir, jadi solusikah?
Tempat Renang Masa Kecil, Kini Terbentang Jembatan Pantai Timur Pangandaran
Jum'at, 19 November 2021 07:07 WIB
Tempat Renang Masa Kecil, Kini Terbentang Jembatan Pantai Timur Pangandaran
Nama tempatnya Cileutik, ditempuh hanya sekitar 5 menit memakai sepeda dari sekolah saya saat sekolah dasar, sangat wajar jika tempat ini adalah salah satu tempat favorit saat istirahat sekolah. Apalagi saat itu belum ada bangunan berbeton.
Wisata Pangandaran Saatnya Belajar dari Pengelolaan Bioskop Masa Kini
Minggu, 16 Mei 2021 07:30 WIB
Wisata Pangandaran Saatnya Belajar dari Pengelolaan Bioskop Masa Kini
Ramai-ramainya membludaknya kunjungan ke objek wisata batukaras Pangandaran membuat saya ingat lagi tulisan saya yang telah lalu tentang tiketing, tentang bagaimana manajemen tiket masuk di Pangandaran. Sebagian bioskop di tanah air, sudah menerapkan sistem booking online dalam masa pembatasan penonton, terbukti efektif.
2020 Dibangun Sentra UMKM di Pangandaran, Efektifkah?
Kamis, 22 April 2021 10:23 WIB
2020 Dibangun Sentra UMKM di Pangandaran, Efektifkah?
Ah Ang Adi mah suka pesimis duluan begitu, tunggu aja dulu atuh sampai bener-bener dibangun. Engga kok, saya engga pesimis dengan efektifitas Sentra UMKM yang akan dibangun, justru saya mengapresiasi. Namun memang benar-benar harus serius saat menjalannya nanti.
Gudang untuk UMKM Pangandaran
Rabu, 08 Juli 2020 03:47 WIB
Gudang untuk UMKM Pangandaran
​Disadari atau tidak, UMKM dan koperasi adalah sektor yang sanggup bertahan di beberapa krisis terakhir, anggaplah pada tahun 1998, saat pasar saham dan bisnis makro tumbang. Bisnis retail semacam UMKM dan koperasi menjadi penyelamat. Baik sudah cukup sepertinya prolognya, intinya UMKM ini harus terus dibantu. Khususon untuk tanah kelahiranku tercinta, Pangandaran.