Tentang Pangandaran
Perlunya Kompetisi Startup dan Bisnis Rintisan di Pangandaran

Perlunya Kompetisi Startup dan Bisnis Rintisan di Pangandaran

Oleh | Selasa, 09 Agustus 2022 14:47 WIB | 588 Views 2022-08-09 14:47:44

Perlu tidak perlu tidak perlu tidak perlu tidak perlu tidak perlu tidak perlu tidak... perlu!

Ya, kompetisi startup atau bisnis pemula memang perlu diadakan di Pangandaran, setingkat kabupaten. Hal ini dibuktikan di beberapa daerah lain bisa mentriger para pemuda dan inovator untuk unjung gigi dan mentriger masyarakat dengan rentan usia produktif untuk berkompetisi dalam hal bisnis.

Seperti di Bandung misalkan, komunitas-komunitas startup sering sekali mengadakan semacam open pitching untuk menjaring startup potensial, lomba inovasi seperti yang dilakukan oleh Kota Cimahi melalui Chima dan beberapa daerah lain yang secara konsisten setiap tahunnya ada.

Untuk sekala Provinsi sudah ada seperti Wirausaha Muda Juara, Jabar Inovasi Awards dan beberapa lainnya. Tapi di Pangandaran, sejauh yang saya dengar masih sangat minim event seperti ini.

Kompetisi semacam ini bukan hanya menilai dari rasa masakan seperti yang sering diadakan seperti lomba tumpeng, lomba pindang gunung atau lomba masak lainnya. Lebih luas lagi kompetisi harus dikategorisasi seperti Craft dan Fashion, Kuliner dan Makanan, Teknopreneur, Sociopreneur, Reliopreneur, perdagangan dan yang lainnya. Usia pesertanya tidak boleh lebih dari 30 tahun seperti ditempat lainnya.

Kompetisi ini bisa berjenjang dari tingkat desa sampai ke Kabupaten, atau bisa langsung siapapun bisa mendaftar sampai tingkat kabupaten. Selain dikategorisasi berdasarkan jenis usaha dan inovasi, bisa juga dikategorisasi berdasarkan usia atau bidang peserta misalnya Sekolah, Perguruan Tinggi atau Umum, dengan syarat berdomisili di Pangandaran.
Kegiatan ini bukan hanya kegiatan kompetisi, seluruh peserta atau bisa juga misalkan 10 dari tiap-tiap kategori akan mendapatkan bimbingan dan Bootcamp bisnis, jadi walaupun mereka tidak juara, mereka mendapatkan pengalaman dan knowledge baru tentang strategi bisnis, strategi operasional, manajemen keuangan, manajemen sdm, marketing, scale-up dan yang lainnya.

Ditahun kedua, para alumni di tahun-tahun sebelumnya harus transfer knowledge ke angkatan yang lebih muda, berbagi pengalaman dan ikut mengikubasi adik angkatannya.
Saya berharap semoga ada, gitu aja. Aamiin


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet



Mungkin anda tertarik menonton video tentang Pengantar Belajar SEO untuk Pemula - Bagian 1

Apa komentar anda tentang Tulisan Perlunya Kompetisi Startup dan Bisnis Rintisan di Pangandaran?

Tentang Pangandaran Lainnya
Libur Lebaran di Pangandaran Selalu Macet, Gedung Parkir jadi Solusikah?
Kamis, 05 Mei 2022 06:39 WIB
Libur Lebaran di Pangandaran Selalu Macet, Gedung Parkir jadi Solusikah?
​Mulai hari kedua setelah lebaran hingga H+4 tahun ini Pangandaran kembali macet parah, sampai-sampai banyak sekali video viral di sosial media yang menggambarkan kemacetan yang sampai berjam-jam. Lalu ada perbincangan dengan teman terkait gedung parkir, jadi solusikah?
Tempat Renang Masa Kecil, Kini Terbentang Jembatan Pantai Timur Pangandaran
Jum'at, 19 November 2021 07:07 WIB
Tempat Renang Masa Kecil, Kini Terbentang Jembatan Pantai Timur Pangandaran
Nama tempatnya Cileutik, ditempuh hanya sekitar 5 menit memakai sepeda dari sekolah saya saat sekolah dasar, sangat wajar jika tempat ini adalah salah satu tempat favorit saat istirahat sekolah. Apalagi saat itu belum ada bangunan berbeton.
Wisata Pangandaran Saatnya Belajar dari Pengelolaan Bioskop Masa Kini
Minggu, 16 Mei 2021 07:30 WIB
Wisata Pangandaran Saatnya Belajar dari Pengelolaan Bioskop Masa Kini
Ramai-ramainya membludaknya kunjungan ke objek wisata batukaras Pangandaran membuat saya ingat lagi tulisan saya yang telah lalu tentang tiketing, tentang bagaimana manajemen tiket masuk di Pangandaran. Sebagian bioskop di tanah air, sudah menerapkan sistem booking online dalam masa pembatasan penonton, terbukti efektif.
2020 Dibangun Sentra UMKM di Pangandaran, Efektifkah?
Kamis, 22 April 2021 10:23 WIB
2020 Dibangun Sentra UMKM di Pangandaran, Efektifkah?
Ah Ang Adi mah suka pesimis duluan begitu, tunggu aja dulu atuh sampai bener-bener dibangun. Engga kok, saya engga pesimis dengan efektifitas Sentra UMKM yang akan dibangun, justru saya mengapresiasi. Namun memang benar-benar harus serius saat menjalannya nanti.
Gudang untuk UMKM Pangandaran
Rabu, 08 Juli 2020 03:47 WIB
Gudang untuk UMKM Pangandaran
​Disadari atau tidak, UMKM dan koperasi adalah sektor yang sanggup bertahan di beberapa krisis terakhir, anggaplah pada tahun 1998, saat pasar saham dan bisnis makro tumbang. Bisnis retail semacam UMKM dan koperasi menjadi penyelamat. Baik sudah cukup sepertinya prolognya, intinya UMKM ini harus terus dibantu. Khususon untuk tanah kelahiranku tercinta, Pangandaran.
Menanti Pangandaran Command Center
Minggu, 09 Juni 2019 14:47 WIB
Menanti Pangandaran Command Center
Beberapa waktu yang lalu ada sebuah paket lelang yang akan digelar tahun ini khusus untuk penguatan dukungan teknologi di Pangandaran, yaitu Command Center. Sebagian orang menganggap bahwa Comannd Center (saya singkat CC) adalah teknologi paling wow yang ada saat ini, bagian yang tak terpisahkan dari sistem Smart City