Networking dan Security
Membuat Domain Mainan di Localhost (Buat Presentasi Website)

Membuat Domain Mainan di Localhost (Buat Presentasi Website)

Minggu, 16 Desember 2007 06:36 WIB | 6.789 Views | Comments 2007-12-16 06:36:51

Apajadinya jika kita dihadapkan kepada seorang client atau kita disuruh presentasi didepan kelas , sedangkan tidak ada internet disitu dan kita dituntut untuk seolah-olah berada didepan internet untuk mendemokan website atau situs yang telah kita buat, misalkan kita seolah-olah sedang mengakses situs www.namakita.com di browser punya kita,sedangkan komputer kita bersistem operasi windows.

Hal pertama yang harus dilakukan tentunya adalah anda sudah selesai menginstall webserver serta selesai  mengkonfigurasikan website yang telah anda buat misalkan dengan menggunakan Apache Triad atau XAMPP. Biasanya kita mengakses dengan alamat http://localhost/namakita dan itu akan sedikit bingung dan aneh bagi  yang awam, apasih itu localhost?

Sekarang kita bandingkan dengan ketika presentasi kita mengakses situs dengan http://www.namakita.com, pasti lebih mantap dan orang yang kita presentasikan juga nantinya akan mudah mengerti.

Lalu bagaimana caranya?

Jika sudah diinstall webserver dan kita biasanya dileletakan di C: secara default dan biasa juga disimpan dalam folder htdocs. Misalkan file website kita disimpan dapalm C:apachehtdocs amakita. Selanjutnya kita akan mengkonfigurasikan local DNS supaya ketika kita ketik www.namakita.com akan lari menuju localhost caranya adalah dengan mengedit file di system32 milik komputer kita yaitu di :

C:WINDOWSsystem32driversetc , kemudian bua file hosts dengan notepad atau text editor kesangan anda, dan kemudian ubah isinya dengan menambahkan www.namakita.com dibagian paling bawah

# Copyright (c) 1993-1999 Microsoft Corp.
#
# This is a sample HOSTS file used by Microsoft TCP/IP for Windows.
#
# This file contains the mappings of IP addresses to host names. Each
# entry should be kept on an individual line. The IP address should
# be placed in the first column followed by the corresponding host name.
# The IP address and the host name should be separated by at least one
# space.
#
# Additionally, comments (such as these) may be inserted on individual
# lines or following the machine name denoted by a '#' symbol.
#
# For example:
#
#      102.54.94.97     rhino.acme.com          # source server
#       38.25.63.10     x.acme.com              # x client host

127.0.0.1       localhost
127.0.0.1    www.namakita.com
127.0.0.1    namakita.com


Setelah kita simpan kita coba di browser kesayangan dan ketikan www.namakita.com pada address bar, jika berhasil maka browser akan menampilkan isi yang persis sama dari localhost.

Sekarang bagaimana caranya supaya mengarah ke folder C:apachehtdocs amakita dan menampilkan situs buatan kita?

caranya adalah dengan mengkonfigurasikan file httpd.conf , biasanya berlokasi di C:apacheconf , buka dan tambahkan dibagian akhir baris seperti ini

<VirtualHost www.namakita.com:80>
  DocumentRoot C:apachehtdocs amakita
  ServerName www.namakita.com
</VirtualHost>

<VirtualHost namakita.com:80>
  DocumentRoot C:apachehtdocs amakita
  ServerName namakita.com
</VirtualHost>


Restart apache yang anda punya kita, kemudian dicoba kembali mengakses menggunakan browser www.namakita.com. Apa yang muncul ?

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Networking dan Security Lainnya
Mengenal TCP/IP
Jum'at, 10 Agustus 2007 08:10 WIB
Mengenal TCP/IP
Administrator jaringan komputer dan administrator sistem (server) adalah dua pekerjaan yang berbeda. Seorang administrator sistem bertugas melakukan pekerjaan seperti menambah user, mengerjakan backup file data, dan pekerjaan akuntingnya terbatas dalam satu jaringan komputer tersendiri. Sedangkan seorang administrator jaringan komputer (network administrator) melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan banyak jaringan komputer server. Pekerjaan seorang administrator jaringan baik atau buruk akan dirasakan oleh banyak user dari jaringan jaringan komputer dibawahnya. Seorang administrator jaringan komputer memberikan banyak manfaat kepada setiap orang didalam jaringan-jaringan komputer didalamnya.
Perancangan dan Implementasi Jaringan Komputer
Kamis, 28 Juni 2007 06:03 WIB
Perancangan dan Implementasi Jaringan Komputer
Jaringan lokal atau Local Area Network adalah sekumpulan dua atau lebih komputer yang berada dalam batasan jarak lokasi satu dengan yang lain, yang saling terhubung langsung atau tidak langsung. LAN dibedakan atas cara komputer tersebut saling terkoneksi, baik secara logik maupun fisik. Komputer dalam sebuah LAN bisa berupa PC, Macintosh, Unix, Minicomputer, Mainframe ataupun hardware lain dengan arsitektur yang berbeda, walaupun ada batasan dalam setiap mesin untuk saling terkoneksi dengan mesin lain berupa batasan fisik dan logik.
Dasar Jaringan Komputer
Kamis, 31 Mei 2007 08:06 WIB
Dasar Jaringan Komputer
Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian.