Linux dan Server
Menggunakan Distro Pilihan PCLinuxOS

Menggunakan Distro Pilihan PCLinuxOS

Senin, 09 November 2009 06:53 WIB | 5.238 Views | Comments 2009-11-09 06:53:02

PCLinuxOS adalah distro Linux yang lahir pada musim panas 2003 dan awalnya dikembangkan dari Mandrake (sekarang Mandriva) . Saat itu Mandrake masih menggunakan kernel versi 2.4 dan XFree86. Dalam dua tahun ini, telah berevolusi menjadi sebuah distro yang sama sekali baru sebagaimana Mandriva berkembang meninggalkan akar RedHatnya.

Bagi pemula yang ingin melakukan migrasi sistem Windows ke sistem Linux, memilih desktop Linux yang ringan namun bagus, tampilannya serta mudah dikonfigurasi dan diinstall merupakan salah satu tahapan yang cukup membingungkan

PCLinuxOS Preview 9 yang terbaru telah menggunakan Kernel 2.6.11 yang bekerja sempurna dengan desktop KDE 4. KDE4 sendiri memanfaatkan tools backend untuk memudahkan automounting perangkat seperti usb key, cdrom, kamera, dan scanner.

PCLinuxOS disebarkan dalam bentuk live CD dan juga anda bisa memasannya kedalam sebuah USB Drive atau flashdisk . Ini berarti Anda tidak perlu meng-install PCLinuxOS ke dalam harddisk. Cukup masukkan CDnya dan boot dari CDROM. Dalam waktu sekitar lima menit ,Anda sudah dapat menggunakannya. PCLinuxOS akan meng-uncompress data dari CD sambil jalan sehingga Anda dapat menikmati berbagai program yang berukuran sekitar 2 gigabyte. PCLinuxOS akan berjalan di memori dan memungkinkan Anda untuk mengakses seluruh komputer, membakar CD, menyimpan ke harddisk, menikmati hiburan digital atau berselancar di web. Live CD berarti portabilitas alias membawa lingkungan sistem yang sudah Anda kenal dengan baik kemanapun anda pergi.
PCLinux memudahkan anda untuk melakukan konfigurasi untuk semua hal yang ada didalam operating system itu, anda disuguhi semacam control panel yang sangat mudah digunakan.

Meng-install PCLinuxOS ke harddisk sekaligus meng-install berbagai program untuk kebutuhan Anda yang beragam. Pengembang PCLinuxOS nampaknya telah benar-benar memperimbangkan kebutuhan pengguna dan memilihkan aplikasi-aplikasi yang paling umum dipakai. Mulai dari aplikasi office, pengolah gambar, media player, games, sampai tools untuk para developer semuanya langsung diinstall dan menunggu Anda untuk mencobanya.

Untuk keperluan mendownload program baru dan mengupdate sistem agar tak ketinggalan zaman, PCLinuxOS menyediakan tool yang disebut Synaptic. Synaptic menjadi pintu Anda ke gudang aplikasi PCLinuxOS di Web, ribuan program gratis siap didownload tanpa bayar. Ketika Anda ingin menginstall sebuah program, mulai dengan menjalankan fasilitas search di Synaptic. Jika program tersebut belum terinstall dan tersedia di gudang aplikasi PCLinuxOS, Anda dapat langsung meng-install program itu lewat Synaptic. Synaptic juga memiliki feature smart upgrade untuk mengupgrade program atau sistem operasi yang sudah terinstall. Semuanya begitu mudah.

Kelebihan lain PCLinuxOS adalah adanya forum komunitas yang siap menjawab berbagai masalah Anda. Newbie tidak perlu sungkan bertanya tentang kesulitan yang ditemui, karena anggota komunitas lain dengan ramah akan menjawab pertanyaan Anda dengan jelas. Tak jarang para developer PCLinuxOS juga terlibat langsung dalam menjawab berbagai pertanyaan. Hal ini membuat forum dan milis PCLinuxOS menjadi sarana belajar yang asyik dan mendidik.

PCLinuxOS tak pelak lagi memenuhi semua syarat sebuah distro tidak membuat jera Linuxer pemula. Kemudahan instalasi, dukungan penuh untuk produktivitas dan hiburan, serta forum komunitas yang solid dan bersahabat. Tak heran jika beberapa ulasan distro menobatkan PCLinuxOS sebagai distro terbaik di tahun 2005.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#




Apa komentar anda tentang Tulisan Menggunakan Distro Pilihan PCLinuxOS?


Linux dan Server Lainnya
Mengurangi Email Spam Dengan Bantuan DSBL di Postfix MailServer
Minggu, 01 November 2009 20:30 WIB
Mengurangi Email Spam Dengan Bantuan DSBL di Postfix MailServer
Masalah spam adalah masalah yang sangat klasik dan terus menghantui para pengguna email di jagad internet apalagi bagi seorang admin mail server atau pengusaha hosting, sudah dipastikan banyak sekali complaint dan cercaan dari pengguna email dan bisa jadi kita mencerca diri sendiri akibat banyaknya spam yang masuk ke inbox kita, banyak sekali metode yang digunakan untuk melawan spam ini, ada yang menggunakan jasa perusahaan antispam seperti norton ada juga yang menginstall antispam dimail servernya sendiri menggunakan ClamAv atapun SpamAssasin, kali ini saya coba berbagi sedikit bagaimana memanfaatkan situs DSBL untuk membantu melawan spam, hasilnya tidak 100 persen bersih, tapi sejauh ini saya cukup puas dengan kerja DSBL
Internet Sharing Sederhana dengan Debian dan IPTables
Senin, 29 Oktober 2007 06:43 WIB
Internet Sharing Sederhana dengan Debian dan IPTables
Biasanya orang terkadang bingung untuk memilih distro yang akan digunakan untuk Linux Router Box atau gateway untuk menyambungkan sebuah jaringan lokal kedalam sebuah jaringan internet, saya biasanya mencoba apapun dengan debian dan ternyata memang lebih mudah hanya saja harus terbiasa menggunakan command line interface untuk lebih handal hasilnya, kali ini kita akan membahas bagaimana membuat linux debian menjadi router internet yang sederhana, kenapa dikatakan sederhana karena hanya me-routing saja belum menggunakan proxy server.
Debian untuk Server
Kamis, 24 Mei 2007 07:08 WIB
Debian untuk Server
Seperti yang telah dikemukakan dalam sekilas tentang debian. Debian memang sangat cocok untuk diimplementasikan sebagai server. Hal inilah yang menjadi landasan oleh para pengguna debian karena mereka merasa nyaman dengan menggunakan debian ini.
Sekilas Debian GNU Linux
Sabtu, 19 Mei 2007 18:25 WIB
Sekilas Debian GNU Linux
Debian merupakan salah satu distribusi linux yang besar yang eksis saat ini. Hal ini terjadi karena debian tidak menjadi sebuah distribusi linux yang komersial tetapi terus menjadi sebuah distro yang dikembangkan oleh komunitas dan organisasi non komersial yaitu volunteers. Tidak ada perusahaan yang mengambil banyak untung dari distribusi ini, bahkan debian bisa didownload secara gratis dari Website resmi debian maupun mirror yang terletak di berbagai negara termasuk indonesia