Hardware Tutorial
Komputer dan Data Tetap Aman di Tinggal Mudik

Komputer dan Data Tetap Aman di Tinggal Mudik

Oleh | Kamis, 02 September 2010 09:58 WIB | 6.893 Views | Comments 2010-09-02 09:58:14

Mudik sepertinya sudah menjadi keharusan bagi muslim perantau disetiap menjelang lebaran, tidak sedikit yang pulang kampung sampai begitu jauhnya dari kota sehingga harus meninggalkan barang-barang serta rumah yang biasa ditempatinya, salah satu barang yang juga ditinggalkan adalah computer beserta data yang ada didalamnya. Walaupun computer saat ini sudah tidak begitu mahal dipasaran tapi data yang tersimpan dikomputer itu bisa jadi lebih mahal dari komputernya. Oleh karena itu, sebelum kita mudik ada beberapa tips yang bisa digunakan supaya computer dan data kita tetap aman.

Komputer adalah Barang Elektronik.

Barang elektronik merupakan salah satu barang yang paling sensitif terhadap air atapun sesuatu yang dapat membuatnya rusak, dan computer merupakan salah satu barang elektronik. Sebelum mudik, pastikan computer kita jauh dari kemungkinan terkena air misalkan dijauhkan dari Aquarium atapun udara yang lembab. Bila computer kota tidak tertutup casingnya, maka sebelum mudik pastikan juga casing tertutup dengan aman, hal ini untuk menghindari udara dingin serta binatang kecil yang masuk kedalam CPU, terkadang ada cicak yang masuk kedalam CPU hingga mati ataupun kencing, tentu hal ini akan sangat berbahaya karena dapat menimbulkan konsleting.

Kabel arus yang terhubung dengan computer sebaiknya juga kita lepas, hal ini harus kita lakukan untuk menghindari jika terjadi kelebihan arus yang dapat menyebabkan rusaknya perangkat computer kita, biasanya terjadi jika setelah mati lampu atapun terjadi karena adanya induksi dari sambaran petir. Tidak hanya kabel power saja yang harus kita cabut, jika kita menggunakan jaringan local yang terhubung dengan sebuah switch, sebaiknya kita juga lepas berikut dengan switchnya. Selain itu, apabila dikomputer kita terpasang TV Tuner yang terhubung dengan antenna ataupun TV Kabel, pastikan juga dilepas jika memang benar-benar tidak digunakan.

Penggunaan cover monitor dan CPU juga akan mengurangi resiko computer kita terkena debu, kotoran atapun udara lembab. Baiknya, kita juga bisa menyimpan computer kita ditempat yang aman dari goncangan atapun gempa.

Data Tetap Aman

Setelah kita memastikan secara fisik computer kita sudah aman, selanjutnya kita juga harus mengamankan data yang ada dikomputer kita, hal yang harus dilakukan adalah melakukan backup. Backup dapat dilakukan dengan menggunakan external harddisk yang berkapasitas besar sehingga dapat menampung backup dari computer kita lebih banyak lagi. Kita juga dapat menggunakan CD atapun DVD untuk melakukan backup data yang ada dikomputer kita, tentu kita membutuhkan berkeping-keping CD/DVD jika kita ingin membackup semuanya dan juga computer kita harus terpasang CD Writer dan Software Burning. Jika memang ada keterbatasan pada media backup yang kita miliki, backuplah data yang benar-benar penting seperti data keuangan atapun data rahasia lainnya. Alangkah baiknya jika kita melakukan backup tidak hanya kedalam satu media, kita dapat menggunakan external harddisk dan juga kita gunakan piringan CD/DVD. Apabila ada data yang diperlukan untuk dibawa saat mudik, sebaiknya gunakan data backup dengan tetap mencatat history perubahan yang dilakukan apabila saat mudik melakukan perubahan data tersebut sehingga tetap singkron dengan data aslinya yang ada dikomputer.


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#






Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3


Hardware Tutorial Lainnya
Mengenal Istilah Hacker Versus Cracker
Jum'at, 27 Mei 2011 22:39 WIB
Mengenal Istilah Hacker Versus Cracker
Tips Awet Baterai Laptop Saat Dipakai
Minggu, 06 Desember 2009 06:18 WIB
Tips Awet Baterai Laptop Saat Dipakai
Kenapa "Laptop" Sekarang Bermonitor Widescreen ?
Kamis, 28 Juni 2007 06:11 WIB
Kenapa "Laptop" Sekarang Bermonitor Widescreen ?