Database Tutorial
Mengubah Password Root MariaDB atau MySQL

Mengubah Password Root MariaDB atau MySQL

Oleh | Selasa, 15 Maret 2022 12:20 WIB | 444 Views | Comments 2022-03-15 12:20:16

Secara default atau bawaan, di versi Debian 9 hingga terakhir, begitu terinstall MariaDB maka secara otomatis password root tidak terisi atau kosong, lalu bagaimana bila ingin diganti? Untuk menggantinya perhatikan cara berikut ini.

Pertama kita nyalakan mysqld_safe terlebih dahulu.
sudo mysqld_safe --skip-grant-tables &

Kemudian jalankan MySQL dan jalankan perintah sebagai berikut, terlebih dahulu ganti mynewpassword dengan password terbaik pilihan anda.
mysql -u root
use mysql;
update user set password=PASSWORD("mynewpassword") where User='root';
update user set plugin="mysql_native_password";
quit;


Setelah keluar dari mysql console, lanjutkan perintah dibawah ini.
/etc/init.d/mysql stop
sudo kill -9 $(pgrep mysql)
/etc/init.d/mysql start


Selamat mencoba!


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet



Mungkin anda tertarik menonton video tentang Tarik Uang via LinkAja di ATM Tidak Keluar? Ini Solusi Ampuhnya - Tips Teknologi

Apa komentar anda tentang Tulisan Mengubah Password Root MariaDB atau MySQL?


Database Tutorial Lainnya
Tips Optimasi dan Mengontrol MySQL
Senin, 02 Februari 2009 06:41 WIB
Tips Optimasi dan Mengontrol MySQL
Buat anda yang baru saja mengenal database server jenis MySQL dan melakukan programming dengan sedikit data ataupun mempunyai pangakses sedikit tidak terlalu bermasalah dengan load server yang makin hari semakin berat. Saya pernah mengalami server hang karena kesalahan query yang melakukan join dua tabel yang masing-masing mempunyai record lebih dari 100 ribu record berisi postingan blog berbentuk text. Kejadian itu hingga menyebabkan server hang walaupun kondisi server masih terbilang bagus. Waktu itu saya menggunakan server bersistem operasi Solaris dengan memori 4 GB. Tapi tetap saja locked.
Database Oracle Terdistribusi
Senin, 05 Mei 2008 11:48 WIB
Database Oracle Terdistribusi
Database terdistribusi berbeda dengan database terdesentralisasi, dimana database terdistribusi merupakan suatu database tunggal logik yang secara fisik disebarkan kepada komputer-komputer pada banyak lokasi yang kemudian saling dikoneksikan oleh link data komunikasi. Sedangkan database terdesentralisasi merupakan koleksi database independen pada komputer yang tidak terhubung dalam suatu jaringan . Suatu sistem database terdistribusi terdiri atas situs-situs yang saling berpasangan yang tidak saling membagi komponen fisik. Sistem database akan berjalan pada situs yang independen
Belajar Awal Sebuah Query
Kamis, 14 Juni 2007 06:26 WIB
Belajar Awal Sebuah Query
Membicarakan tentang query, sangat erat hubungannya dengan cara penulisan query tersebut ke dalam sebuah bentuk bahasa yang mudah dimengerti. Pada umumnya, bahasa query yang digunakan untuk mengekspresikan sebuah pernyataan dari query adalah SQL (Structure Query Language).