Tutorial
Mengenal Lembaga Standard Web dan Internet

Mengenal Lembaga Standard Web dan Internet

Rabu, 06 Juni 2007 06:54 WIB | 18.242 Views | Comments 2007-06-06 06:54:21

World Wide Web Consortium (W3C)

The World Wide Web Consortium (W3C) merupakan sebuah lembaga konsorsium yang membuat dan terus berobservasi dalam pengembangan teknologi web mencangkup XML, HTML dan aplikasi-aplikasi lain yang sering digunakan dalam dunia web. Mereka juga selalu mengeluarkan aturan dan standard supaya siapapun yang membuat dan mengimplementasikan  selalu memperhatikan berbagai aspek yang fital seperti kecocokan dengan perangkat dan browser pengakses, pembaca hingga membuat sebuah website yang dapat berjalan bertahun-tahun karena perubahannya mudah.

Walaupun W3C bukan satu-satunya standar dalam pembuatan web, namun W3C merupakan lembaga yang sangat besar effortnya bagi dunia web. Selain mengeluarkan standard yang mudah dimengerti ternyata lembaga inipun mengeluarkan artikel dan tutorial yang mendukung teknologi yang diobservenya itu. Bahkan untuk mengecek kehandalan desain kita, W3C mengeluarkan beberapa macam validator.

ISO (International Organization for Standardization)

The ISO adalah lembga standard yang sebenarnya hanya saja tidak terlalu fokus kedalam teknologi web, lembaga ini mengatur lebih dari 10,000 standard meliputi semua yang berhubungan dengan sistem informasi,character set dan banyak lagi yang lainya. ISO juga salah satu lembaga terpercaya yang memberikan approval kepada kecocokan teknologi web dalam perdagangan dan teknologi informasi.

IETF (Internet Engineering Task Force)

The IETF adalah komunitas internasional yang mengumpulkan network designer, operator, vendor, peneliti yang konsen dalam evolusi dan perkembangan teknologi internet diseluruh dunia. Lembaga ini yang mengeluarkan standard (RFC) yang meliputi beberapa standar mutlak dalam dunia internet seperti FTP, TCP/IP, HTTP, dan email.

Ecma International
Sebelumnya dikenal sebagai ECMA (European Computer Manufacturers Association) , lembaga ini merupakan perkumpulan orang eropa yang mengeluarkan standar dalam sistem teknologi dan informasi. Ecma International adalah lembaga yang mengeluarkan standarisasi dalam ECMAScript, sebuah standard yang mengelola JavaScript.

The Unicode Consortium

Lembaga ini yang mengeluarkan standard dalam multilingual character sets.

ANSI (American National Standards Institute)

ANSI adalah lembaga amerika yang mengeluarkan standard ASCII (American Standard Code for Information Interchange)

Ternyata banyak juga yang mengeluarkan standard ya, disini belum disebutkan semuanya dan bahkan vendor-vendor yang mengeluarkan standard sendiri seperti CISCO System dan yang lainnya, sekarang yang jadi pertanyaannya adalah seberapa seringkah kita implementasi dan develop teknologi yang mengikuti standard? pertanyaan yang kedua kenapa gak ada yang berasal dari indonesia yah? Bagaimana pendapat anda?


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#






Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3


Tutorial Lainnya