Pembelian Tokel Listrik Berbasis Potong Pulsa SMS, Bagaimana Rancangan Sistemnya?

Pembelian Tokel Listrik Berbasis Potong Pulsa SMS, Bagaimana Rancangan Sistemnya?

Senin, 10 April 2017 06:19 WIB | 514 Views 2017-04-10 06:19:48

Pembelian Tokel Listrik Berbasis Potong Pulsa SMS, Bagaimana Rancangan Sistemnya?

Senin, 10 April 2017 06:19 WIB | 514 Views 2017-04-10 06:19:48

Terima kasih sudah membaca salah satu tulisan saya tentang beberapa ide dasar Skripsi tahun 2017. Saat ini memang cara untuk membeli token listrik prabayar dari PLN sudah semakin mudah, semisal dengan Mobile Banking, namun tidak semua orang memiliki mobile banking. Salah satu cara termudah menurut saya yaitu dengan potong pulsa handphone. Saat ini menurut saya belum ada yang mengambil bisnis disini, saya sendiri kurang tahu mengapa. Namun prinsipnya menurut saya dapat dilakukan, saya dulu pernah membuat dan mengelola SMS Infaq yang memungkinkan orang untuk berinfaq dengan potong pulsa, prinsipnya adalah sama saja.

Sebelum lebih jauh harus dipahami terlebih dahulu bahwa membuat sistem potong pulsa untuk apapun bukan hal yang mudah dan cukup ribet, terutama yang berhubungan dengan yang namanya Operator. Ada beberapa pihak yang harus ada dalam sistem ini yang pertama adalah Operator Selular, Content Provider (Pemiliki Program Potongpulsa) dan juga PLN sebagai pemilik token listrik. Secara sederhana anda dapat melihat gambar dibawah ini.

Skema Dasar SMS Potong Pulsa Untuk Beli Token Listrik
Dari gambar diatas dapat dilihat secara sederhana dalam sistem ini, yang harus dibuat dan disiapkan adalah dibagian Content Provider. Disini anda harus dapat membuat sistem yang dapat merequest Token ke PLN ketika ada SMS masuk yang dikirimkan dari Operator. Kemudian Token yang dikirimkan dari PLN anda teruskan ke Operator untuk dikirimkan kepada customer sembari melakukan potongan pulsa, nanti anda akan mengenal istilah MO dan MT, yaitu Mobile Originated dan Mobile Terminated, sistem pemotongan pulsa yang dilakukan diawal request atau dibelakang setelah proses berhasil.

Untuk sistem yang dibangun anda bisa menggunakan pemrograman yang anda kuasai bisa Java Server, PHP atau apapun. Software ini harus dapat berinteraksi dengan sistem yang dimiliki oleh Operator dan juga PLN, biasanya nanti ada dokumentasi API (Application Protocol Interface) yang memungkinkan satu sistem berinterinteraksi dengan sistem lainnya walaupun berbeda flatform.

Secara sederhana Sistem pembelian token listrik PLN dengan potong pulsa adalah seperti itu, sebagai tambahan informasi anda dapat membaca tulisan saya tentang Senangnya Jika Topup Pulsa Listrik Potong Pulsa Handphone . Selamat mencoba semoga jawaban saya bermanfaat.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet


Untuk mengajukan pertanyaan seputar Internet dan yang lain sebagainya silahkan bisa memanfaatkan fasilitas pertanyaan dibagian bawah website atau dengan cara mengirimkan email ke adisumaryadi [at] gmail.com




Berikan Komentar Via Facebook

Berikan Komentar Via Disqus
comments powered by Disqus

Konsultasi IT Lainnya
Efektif dan Potensialkah Website Iklan Lokal Sebagai Pundi Penghasilan?
Selasa, 28 Maret 2017 03:39 WIB
Efektif dan Potensialkah Website Iklan Lokal Sebagai Pundi Penghasilan?
Dear, Kang Adi Sumaryadi Assalamualaikum kang, saya seorang mahasiswa. Selain rutinitas kuliah dan kerja saya juga punya hobi bloging dan kadang kadang juga web developing atas permintaan klien dengan self- hosted di wordpress.org Saya mengikuti berbagai program monetisasi blog namun dirasa kurang, saya ingin memiliki jasa iklan mandiri untuk ditawarkan kepada advertiser lokal mengingat di Pangandaran banyak sekali kegiatan usaha jasa dan perdagangan, saya ingin menawarkan Space iklan dan jasa ulasan produk mereka. Pertanyaanya adalah efektifkah hanya menggunakan blog ? Rasanya kurang [Pede] gitu.
Apa Saja Langkah Awal Belajar Menguasai Website?
Minggu, 20 November 2016 16:04 WIB
Apa Saja Langkah Awal Belajar Menguasai Website?
Assalamualaikum Pak, Saya Naura, mahasiswi dari Padang. Saya sudah punya website pribadi sudah setahun tapi pengetahuan saya masih minim sekali untuk web ini. Hanya berkisar otak atik yang sudah jadinya dari wordpress. Saya punya web karna pengen nulis dan berbagi, walau sebenernya ini bukan jurusan saya. Nah, berhubung udah mau tamat kuliah dan saya memiliki waktu lebih lowong. Saya ingin lebih meng-explore lagi mengenai web ini. Saya butuh saran Pak, kalau mau belajar menguasai web saya harus mulai dari mana Pak? Terimakasih Pak atas jawabannya, wassalam.