Bisnis dan Wirausaha
DELEGASI, Kunci Bisnis Berkembang dan Membesar

DELEGASI, Kunci Bisnis Berkembang dan Membesar

Oleh | Kamis, 28 Maret 2024 05:48 WIB | 1.098 Views 2024-03-28 05:48:32

Ada seorang yang sangat pandai dalam memulai bisnis, pandai mengelola keuangan, pandai marketing bahkan ia pandai produksi, tapi lebih dari 10 tahun berjalan, bisnisnya segitu saja, bahkan terlihat mudah letih, ternyata kesalahannya hanya satu, tak ada delegasi.

Dalam bisnis era modern, walaupun sebenarnya sejak lama bahwa bisnis yang berkembang adalah buah dari percaya dari seorang founder kepada timnya. Prinsip ini tidak hanya dalam bisnis saja sebenarnya, lebih luas dalam organisasi.

Islam hadir di Indonesia, hadir di mesir dan eropa adalah buah dan kesuksesan delegasi, bagaimana khalifah saat itu mengirim panglima terbaik, ulama terbaik untuk mendakwahkan islam. Bukankah Khalifah Umar bisa melakukannya sendiri? bisa, tapi ada yang lebih luas yang harus dipikirkan.

Pebisnis memang pengambil tantangan sejati, mendelegasikan sesuatu bukan tanpa resiko, tentu jawabannya akan ada dua, delegasinya berhasil dan bisnis tumbuh berkembang, atau delegasinya gagal dan bisnis hancur lebur. Insting, kemampuan memilih, pengalaman serta kejelian untuk memilih tim yang delegasikan adalah kuncinya.

Coba lihat gambar yang ada dalam postingan ini yang dibuat oleh Chris Donnely , menarik sekali menjabarkan DELEGATE seperti dibawah ini:


D,Develop skills and confidence in your team. Ya sebelum mendelegasikan, pastikan kemampuan dan kepercayaan diri tim harus dibangun dengan kuat. Dengan dua kekuatan ini, tim akan lebih pede untuk melakukan apa yang seharusnya dilakukan.

E, Enhance efficiency by assigning the right tasks. Memberikan kepercayaan itu juga bicara tentang bagaimana memberikan pekerjaan yang tepat kepada orang yang tepat. Ketua tim atau pemilik bisnislah yang paling tau, dan anda merupakan kuncinya.

L,Lighten your workload to focus on big-picture strategies. Dengan mendelegasikan banyak hal kepada tim, kita bisa berfikir lebih strategis dan merencanakan hal-hal yang lebih besar lagi.

E,Empower team members to take initiative and grow. Mendelegasikan kepercayaan juga akan membuat tim tumbuh dan mengambil inisiatif, pisahkan mana yang harus melalui persetujuan kita sebagai bisnis owner dan mana yang boleh diputuskan dalam tim, termasuk urusan keuangan. Inilah kadang pentingnya ada petycash dalam sebuah bisnis.

G, Generate new ideas through collaboration. Teruslah ajak tim untuk mencari ide-ide baru, jangan malu mengapresiasi tim yang memiliki ide bagus dan jadikan pemilik ide sebagai penanggung jawabnya.

A,Avoid burnout by sharing responsibilities. Ini paling penting, berbagi tanggung jawab tidak hanya membuat anda lebih ringan, tetapi ada tim yang akan lebih percaya diri karena diberi tanggung jawab.

T, Trust your team's abilities and judgement. Delegasi lagi-lagi bicara tentang bagaimana kita percaya dengan tim, dengan kemampuan tim, dengan strategi tim, dengan keputusan-keputusan yang diambil oleh tim.

E, Elevate overall team performance and morale. Fokuslah pada bagaimana meningkatkan performa tim secara keseluruhan.

Namun, lagi-lagi semuanya tergantung anda, mendelegasikan sesuatu juga selain mendapatkan efek positif, tentu anda harus berbagi "pendapatan" dengan mereka, kerja dan effort mereka juga harus dihargai lebih. Semuanya tergantung anda teman-teman semua.


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3

Bisnis dan Wirausaha Lainnya
Kadang, Tidak Terlalu Canggih Dalam Bisnis itu Perlu
Sabtu, 04 Desember 2021 10:15 WIB
Kadang, Tidak Terlalu Canggih Dalam Bisnis itu Perlu
Menggeser Brand Image, Gampang-Gampang Susah
Minggu, 19 September 2021 18:02 WIB
Menggeser Brand Image, Gampang-Gampang Susah
Fokus Pada Mereka yang Mengapreasi Diri
Rabu, 14 April 2021 01:30 WIB
Fokus Pada Mereka yang Mengapreasi Diri