Teknologi Informasi
Hati-Hati Jelang Natal dan Tahun Baru, APK Android Palsu Bisa Susur Pengguna Awam

Hati-Hati Jelang Natal dan Tahun Baru, APK Android Palsu Bisa Susur Pengguna Awam

Oleh | Minggu, 24 Desember 2023 02:03 WIB | 1.935 Views 2023-12-24 02:03:41

Moment untuk saling berkirim ucapan menjadi moment yang harus diwaspadai, pasalnya APK Android palsu bisa dengan sangat mudah menyebar dengan modus ucapan natal atau tahun baru.

APK Palsu yang dimaksud adalah ucapan yang dikirimkan melalui WhatsApp yang sengaja dibubuhi sebuah file APK yang sebenarnya APK ini adalah APK yang didesign atau dibuat khusus untuk dapat mengendalikan HP korban ketika korban baik dengan sengaja atau tidak sengaja disebar.

Ucapan natal dan tahun baru yang dibilangnya tertera dalam file APK sebetulnya hanya jebakan saja, maka setelah korban menginstall sangat mungkin hacker untuk mengendalikan HP korban.

Mencegah dan Menanggulangi

Cara yang paling mudah untuk mengurangi kemungkinan kejahatan terjadi seperti dikurasnya rekening, pencurian data dan pelanggaran hak privasi adalah dengan tidak menginstall APK sembarangan, apalagi dari Attachment di WA. Kemudian, selalu teliti membaca pesan serta mengaktifkan fitur yang tidak mengijinkan install APK dari WhatsApp.

Jika sudah terlanjur terinstall maka segeralah uninstall, melakukan reset factory Handphone akan lebih baik, tentu setelah melakukan backup data secara baik. Bila sudah terjadi pencurian data ataupun rekening bobol, jangan ragu untuk segera melapor ke kepolisian.


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3

Teknologi Informasi Lainnya
Mengenang Kejayaan SMS Premium!
Senin, 27 Mei 2024 18:41 WIB
Mengenang Kejayaan SMS Premium!