Tentang Pangandaran
Menanti Pangandaran Command Center

Menanti Pangandaran Command Center

Oleh | Minggu, 09 Juni 2019 14:47 WIB | 1.132 Views | Comments 2019-06-09 14:47:32

Mohon koreksi saya bila saya salah membaca berita, beberapa waktu yang lalu ada sebuah paket lelang yang akan digelar tahun ini khusus untuk penguatan dukungan teknologi di Pangandaran, yaitu Command Center. Sebagian orang menganggap bahwa Comannd Center (saya singkat CC) adalah teknologi paling wow yang ada saat ini, bagian yang tak terpisahkan dari sistem Smart City. Pemberitaan besar-besaran yang dilakukan media beberapa tahun silam yang menayangkan CC milik kota Bandung dan DKI jakarta mungkin salah satu sebabnya.

Perlukah Command Center di Pangandaran?

Pertanyaan itu seringkali saya dapatkan juga, sudah perlukah? jika ditanya begitu maka saya akan menjawab, Ya, sangat perlu. Tetapi jangan sampai salah kaprah membangun command center, didesain dengan cantik dan hightech tetapi pendukung dasar dari CC itu sendiri belum siap.

Mungkin anda seringkali melihat berbagai jenis command center di film-film khususnya holywood, banyak menampilkan command center seperti Command Center milik NASA di film The Martian misalnya dan banyak film-film lainnya. Tempat ini biasanya khas dihiasi oleh banyak monitor yang keseluruhannya berfungsi sebagai pendukung pengambil keputusan. Ya, fungsi utama dari Command Center memang sebagai pusat pengambilan keputusan berdasarkan data, jadi data dan informasi inilah yang sangat penting dan elemen dari sebuah command center.

Lalu dari mana data dan informasi itu didapat? Informasi dan data didapat dari sistem besar yang dibangun dibawah naungan eGoverment tentunya, dan data itu di agregrasi (dikumpulkan) dari sub-sub sistem dibawahnya. Command Center tidak akan hanya bicara tentang CCTV saja, tetapi banyak informasi lainnya yang harus dijuga dikumpulkan.

Di Pangandaran, sebagai daerah wisata sekaligus daerah rawan bencana, keberadaan command center sangat diperlukan, namun tentu harus terkoneksi dengan berbagai sistem yang ada misalnya dengan lalu-lintas, BMKG, kemaritiman, BPBD, Pengaduan masyarakat, pemetaan penduduk dan masih banyak lagi. Pertanyaannya, sudah adakah sistem itu? setau saya, BPBD Pangandaran yang cukup mumpuni bila bicara tentang sistem dan data, bahkan saya pernah lihat ada semacam Command Center Mini yang sudah digunakan.

Kesimpulannya adalah, tidak ada yang salah dengan membangun Command Center, tetapi sistem-sistem kecil pendukungnya juga harus diperhatikan, bahkan harus didahulukan, CCTV harus diperbanyak, sistem yang bisa interaksi antara masyarakat dengan pemda, sistem yang bisa berinteraksi antar instansi dalam lingkup pemda dan sistem-sistem lainnya.

Yang terpenting dari itu semua, penganggaran pembangunan Command Center harus diikuti dengan penganggaran pengelolaan, maintenance dan pengembangannya. Saya mendapat kabar di satu kota CC tidak berjalan semestinya karena timnya dibubarkan dan tidak ada anggaran lagi.

Tidak ada doa yang paling baik untuk Pangandaran tercinta, semoga semakin maju, semakin sejahtera

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Tentang Pangandaran Lainnya
Pariwisata Pangandaran, Antara Kebutuhan dan Mimpi
Selasa, 05 Februari 2019 21:45 WIB
Pariwisata Pangandaran, Antara Kebutuhan dan Mimpi
Suatu hari saya mengikuti meeting dengan Pa Haryadi, ketua PHRI Pusat, saya mewakili salah satu perusahaan di Jakarta, maklum, jadi orang IT kadang berganti-ganti baju sesuai dengan pekerjaan. Saat itu, hampir seluruh hotel yang datang saat itu mengeluhkan penurunan tingkat hunian hotelnya, tidak hanya hotel independent, hotel chain juga merasakan hal yang sama.
Semakin Mendunia Pariwisata Pangandaran, Semakin Hebat Tantangannya
Kamis, 29 November 2018 15:05 WIB
Semakin Mendunia Pariwisata Pangandaran, Semakin Hebat Tantangannya
Kolaborasi apik dari Pa AY, Kang Emil, Bu Susi dan Pa Jeje menurut saya impactnya bakal sangat terasa untuk pariwisata Pangandaran, atau setidaknya kolaborasi Kang Emil dan Pa Jeje, karena belum tentu Pa AY dan Bu Susi masih jadi mentri tahun-tahun mendatang. Kolaborasi ini tentu akan mewujudkan mimpi Pangandaran menjadi pariwisata berkelas dunia.
Ayolah Kawan, Sekali-Kali Keluarlah Dari Kotak Pariwisata
Minggu, 04 Februari 2018 02:17 WIB
Ayolah Kawan, Sekali-Kali Keluarlah Dari Kotak Pariwisata
Pangandaran adalah kabupaten baru yang memfokuskan diri pada pariwisata, bahkan misi utama dari Kabupaten yang dipimpin oleh Jeje Wiratadina ini adalah menjadi kabupaten pariwisata berkelas dunia, maka jangan salah bila keseluruhan aktifitasnya akan berbau pariwisata. Apakah termasuk generasi penerusnya?
Website Pangandaran Actual Disaster Information, Jadi Solusikah Perangi Hoax?
Rabu, 03 Januari 2018 07:52 WIB
Website Pangandaran Actual Disaster Information, Jadi Solusikah Perangi Hoax?
Pemerintah Kabupaten Pangandaran bergerak cepat pasca beberapa kali hoax tersebar khususnya yang berhubungan dengan informasi bencana dengan menghadirkan website Pangandaran Actual Disaster Information atau disebuat PADI, lalu apakah langkah ini akan mengurangi hoax dan membuat wisatawan tidak takut ke Pangandaran?
Pangandaran, Kabupaten Belia yang Sedang Marajut Mimpi
Rabu, 25 Oktober 2017 02:24 WIB
Pangandaran, Kabupaten Belia yang Sedang Marajut Mimpi
​Waktu 5 tahun bisa kita pandang dari dua sisi yang berbeda. Bila diibaratkan 5 tahun untuk usia seorang insan, 5 tahun adalah masa anak-anak yang belum mempunyai banyak daya, maka seringlah kita sebut sebagai balita, didunia belum lama, hanya lima tahun. Pun begitu dengan Kabupaten Pangandaran yang saat ini tengah berulang tahun yang kelima kalinya.
Mana Pangandaran Bisa Maju, Kalau Semua Ingin Jadi PNS
Senin, 25 Juni 2012 07:29 WIB
Mana Pangandaran Bisa Maju, Kalau Semua Ingin Jadi PNS
Boleh dibilang myPangandaran, situs yang adi miliki itu memberitakan Pemekaran Pangandaran cukup intens, Saya mencatat ada puluhan bahkan ratusan berita yang berhubungan dengan pemekaran oleh sebab itu banyak yang bertanya ke saya tentang pemekaran, lalu saya tanya balik.