Tentang Pangandaran
Semakin Mendunia Pariwisata Pangandaran, Semakin Hebat Tantangannya

Semakin Mendunia Pariwisata Pangandaran, Semakin Hebat Tantangannya

Oleh | Kamis, 29 November 2018 15:05 WIB | 204 Views | Comments 2018-11-29 15:05:47

Kolaborasi apik dari Pa AY, Kang Emil, Bu Susi dan Pa Jeje menurut saya impactnya bakal sangat terasa untuk pariwisata Pangandaran, atau setidaknya kolaborasi Kang Emil dan Pa Jeje, karena belum tentu Pa AY dan Bu Susi masih jadi mentri tahun-tahun mendatang. Kolaborasi ini tentu akan mewujudkan mimpi Pangandaran menjadi pariwisata berkelas dunia.

Namun, diluar itu semua, tantangan justru muncul begitu besar khususnya untuk masyarakat Pangandaran itu sendiri. "Import" SDM akan dilakukan secara besar-besaran oleh para Investor yang akan berinvestasi di Pangandaran. Bagaimanapun bila pembiayaan dilakukan sepenuhnya oleh pemerintah maka akan sulit untuk melaju dengan cepat. Skema pembiayaan dengan melibatkan swasta pasti akan digunakan dalam mempercepat pertumbuhan pariwisata di Pangandaran. Hal ini tentu akan menimbulkan dampak sosial di Pangandaran bila SDM di Pangandaran tidak di-upgrade, tidak ada upaya untuk upgrade atau yang lebih mengerikan tidak mau di-upgrade.

Sederhananya begini, kita bisa berhitung berapa banyak SDM asli Pangandaran yang memegang peranan penting di Hotel yang jumlahnya puluhan bahkan ratusan? kita masih bisa menghitung hotel yang level GM atau Managernya dipegang oleh orang Pangandaran. Hal yang sama tentu untuk sektor lain diluar perhotelan. Mungkin untuk lebih validnya bisa kita bertanya ke PHRI.

Selain sektor perhotelan, tuntutan akan service excellent, Good Management dan yang lainnya dari Destinasi juga bakal menuntut masyarakat sekitar untuk belajar, mengupgrade diri sehingga tidak tergantikan oleh orang yang dipandang lebih kompeten yang dibawa oleh Investor. Bisa dibilang, disemua sektor akan mengalami keadaan semacam ini.

Belum terlambat, waktu itu masih ada, dan kita bisa, saya yakin sekali kita bisa. Syaratnya, kita tidak lagi saling menghujat diantara kita, tak ada lagi saling berkompetisi tidak sehat, tidak saling menonjolkan perbedaan. Sudah waktunya bersinergi, berkolaborasi dan coba mengejar mimpi yang lebih besar lagi. Pemerintah tidak boleh lagi alergi dengan berbagai masukan dari banyak sisi. Asosiasi, Perkumpulan dan kelompok-kelompok yang ada sudah saatnya kembali lagi ke tujuan awal dibentuk. Saya yakin sekali kita bisa. Bisa menjadi penggerak Pariwisata Pangandaran yang hebat sekaligus menikmati Hebatnya pariwisata Pangandaran.

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Tentang Pangandaran Lainnya
Ayolah Kawan, Sekali-Kali Keluarlah Dari Kotak Pariwisata
Minggu, 04 Februari 2018 02:17 WIB
Ayolah Kawan, Sekali-Kali Keluarlah Dari Kotak Pariwisata
Pangandaran adalah kabupaten baru yang memfokuskan diri pada pariwisata, bahkan misi utama dari Kabupaten yang dipimpin oleh Jeje Wiratadina ini adalah menjadi kabupaten pariwisata berkelas dunia, maka jangan salah bila keseluruhan aktifitasnya akan berbau pariwisata. Apakah termasuk generasi penerusnya?
Website Pangandaran Actual Disaster Information, Jadi Solusikah Perangi Hoax?
Rabu, 03 Januari 2018 07:52 WIB
Website Pangandaran Actual Disaster Information, Jadi Solusikah Perangi Hoax?
Pemerintah Kabupaten Pangandaran bergerak cepat pasca beberapa kali hoax tersebar khususnya yang berhubungan dengan informasi bencana dengan menghadirkan website Pangandaran Actual Disaster Information atau disebuat PADI, lalu apakah langkah ini akan mengurangi hoax dan membuat wisatawan tidak takut ke Pangandaran?
Pangandaran, Kabupaten Belia yang Sedang Marajut Mimpi
Rabu, 25 Oktober 2017 02:24 WIB
Pangandaran, Kabupaten Belia yang Sedang Marajut Mimpi
​Waktu 5 tahun bisa kita pandang dari dua sisi yang berbeda. Bila diibaratkan 5 tahun untuk usia seorang insan, 5 tahun adalah masa anak-anak yang belum mempunyai banyak daya, maka seringlah kita sebut sebagai balita, didunia belum lama, hanya lima tahun. Pun begitu dengan Kabupaten Pangandaran yang saat ini tengah berulang tahun yang kelima kalinya.
Mana Pangandaran Bisa Maju, Kalau Semua Ingin Jadi PNS
Senin, 25 Juni 2012 07:29 WIB
Mana Pangandaran Bisa Maju, Kalau Semua Ingin Jadi PNS
Boleh dibilang myPangandaran, situs yang adi miliki itu memberitakan Pemekaran Pangandaran cukup intens, Saya mencatat ada puluhan bahkan ratusan berita yang berhubungan dengan pemekaran oleh sebab itu banyak yang bertanya ke saya tentang pemekaran, lalu saya tanya balik.
Memimpikan Masa Depan Pangandaran
Selasa, 12 Agustus 2008 05:29 WIB
Memimpikan Masa Depan Pangandaran
Siapa yang gak suka kalau tempat kelahirannya menjadi tempat yang diimpi-impikan banyak orang? Siapa juga orang yang tidak suka ketika mendengar tempat kelahirannya menjadi daerah yang maju sangat pesat. Itulah yang terjadi pada warga Pangandaran tak terkecuali diriku ini. Saya memimpikan Pangandaran menjadi andalan wisata bukan hanya oleh warga Ciamis melainkan oleh masyarakat Indonesia.
Mempertanyakan Internet di Pangandaran
Minggu, 08 April 2007 23:41 WIB
Mempertanyakan Internet di Pangandaran
Bagi anda semua yang tinggal di daerah perkotaan seperti Jakarta, Bandung, Surabaya mungkin sangat mudah untuk mencari koneksi internet baik itu dari warnet atau kantor-kantor yang memanfaatkan beberapa ISP untuk memberikan line internet dikantornya, begitu pula dengan bali sebuah daerah yang dikenal dengan pariwisatanya sudah tersedia infrasturktur intenet bahkan acara besar APRICOT pun akan digelar disana, lalu bagaimana dengan Internet di Pangandaran, apakah sudah maju? atau bagaimana ? baca selengkapnya.