Tentang Pangandaran
Ayolah Kawan, Sekali-Kali Keluarlah Dari Kotak Pariwisata

Ayolah Kawan, Sekali-Kali Keluarlah Dari Kotak Pariwisata

Oleh | Minggu, 04 Februari 2018 02:17 WIB | 1.728 Views | Comments 2018-02-04 02:17:00

Pangandaran adalah kabupaten baru yang memfokuskan diri pada pariwisata, bahkan misi utama dari Kabupaten yang dipimpin oleh Jeje Wiratadina ini adalah menjadi kabupaten pariwisata berkelas dunia, maka jangan salah bila keseluruhan aktifitasnya akan berbau pariwisata. 

Tidak ada salahnya memang, pariwisata berkelas dunia yang diangkat oleh Pangandaran, namun jangan sampai kreatifitas anak-anak mudanya terkotak oleh urusan pariwisata. Semuanya seolah berlomba-lomba mengembangkan destinasi wisata, semuanya berlomba-lomba membuat operator pariwisata yang akhirnya market terbagi menjadi bagian-bagian kecil yang terkadang menyebabkan gesekan-gesekan kecil. Karena semuanya mengandalkan pariwisata, begitu ada informasi yang "melumpuhkan" pariwisata semua berteriak. Nyatanya memang begitu.

Jarang sekali saya mendengar ada kelompok-kelompok kecil pemuda yang mengembangkan sesuatu diluar pariwisata, atau mungkin saya saja yang kurang "blusukan" melihat kondisi yang ada. Jujur saya senang sekali melihat Kang Ai Nurhidayat mengembangkan dunia pendidikan, saya senang sekali pula melihat kang Wawan dan Kang Kaswan fokus pada dunia entrepreneurship. 

Beberapa waktu yang lalu saya bertemu dengan puluhan bahkan ratusan anak muda dari berbebagai kota, mereka membawa ide-ide briliant untuk kebermanfaatan banyak orang, dalam benak saya berfikir, sangat luar biasa mereka. Mereka masih sangat muda-muda, tetapi dari mereka jarang yang memanfaatkan kekayaan alam yang ada dilingkungan mereka secara langsung, mereka lebih mengandalkan ide kreatif yang bisa dikonversi secara ekonomi.

Tentu saya mengapresiasi siapapun yang telah mengembangkan Pangandaran sejauh ini, mereka orang-orang luar biasa, saya sering berjumpa dengan mereka, melihat aktifitas mereka yang "tidak ada uangnya" tetapi mereka tetap lakukan, tujuan utamanya adalah untuk Pangandaran tercinta.

Namun, bolehlah berharap dari hati ini suatu saat ada cerita munculnya start-up atau perusahaan rintisan baru di pangandaran yang bergerak dalam bidang pendidikan, kesehatan, teknologi informasi, industri dan banyak lagi bidang yang bisa dikembangkan. Bukan tidak mungkin dari Pangandaran hadir sebuah perusahaan teknologi yang besar, hadir perusahaan pertanian yang "kakoncara", lahir ide dan lembaga pendidikan yang berkualitas dan masih banyak lagi.

Karena semuanya masih sangat mungkin, jangan pagari hanya dalam kotak-kotak pariwisata, tak ada salahnya bukan bila pariwisata berkembang dan sektor lainpun berkembang? 

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Tentang Pangandaran Lainnya
Website Pangandaran Actual Disaster Information, Jadi Solusikah Perangi Hoax?
Rabu, 03 Januari 2018 07:52 WIB
Website Pangandaran Actual Disaster Information, Jadi Solusikah Perangi Hoax?
Pemerintah Kabupaten Pangandaran bergerak cepat pasca beberapa kali hoax tersebar khususnya yang berhubungan dengan informasi bencana dengan menghadirkan website Pangandaran Actual Disaster Information atau disebuat PADI, lalu apakah langkah ini akan mengurangi hoax dan membuat wisatawan tidak takut ke Pangandaran?
Pangandaran, Kabupaten Belia yang Sedang Marajut Mimpi
Rabu, 25 Oktober 2017 02:24 WIB
Pangandaran, Kabupaten Belia yang Sedang Marajut Mimpi
​Waktu 5 tahun bisa kita pandang dari dua sisi yang berbeda. Bila diibaratkan 5 tahun untuk usia seorang insan, 5 tahun adalah masa anak-anak yang belum mempunyai banyak daya, maka seringlah kita sebut sebagai balita, didunia belum lama, hanya lima tahun. Pun begitu dengan Kabupaten Pangandaran yang saat ini tengah berulang tahun yang kelima kalinya.
Mana Pangandaran Bisa Maju, Kalau Semua Ingin Jadi PNS
Senin, 25 Juni 2012 07:29 WIB
Mana Pangandaran Bisa Maju, Kalau Semua Ingin Jadi PNS
Boleh dibilang myPangandaran, situs yang adi miliki itu memberitakan Pemekaran Pangandaran cukup intens, Saya mencatat ada puluhan bahkan ratusan berita yang berhubungan dengan pemekaran oleh sebab itu banyak yang bertanya ke saya tentang pemekaran, lalu saya tanya balik.
Memimpikan Masa Depan Pangandaran
Selasa, 12 Agustus 2008 05:29 WIB
Memimpikan Masa Depan Pangandaran
Siapa yang gak suka kalau tempat kelahirannya menjadi tempat yang diimpi-impikan banyak orang? Siapa juga orang yang tidak suka ketika mendengar tempat kelahirannya menjadi daerah yang maju sangat pesat. Itulah yang terjadi pada warga Pangandaran tak terkecuali diriku ini. Saya memimpikan Pangandaran menjadi andalan wisata bukan hanya oleh warga Ciamis melainkan oleh masyarakat Indonesia.
Mempertanyakan Internet di Pangandaran
Minggu, 08 April 2007 23:41 WIB
Mempertanyakan Internet di Pangandaran
Bagi anda semua yang tinggal di daerah perkotaan seperti Jakarta, Bandung, Surabaya mungkin sangat mudah untuk mencari koneksi internet baik itu dari warnet atau kantor-kantor yang memanfaatkan beberapa ISP untuk memberikan line internet dikantornya, begitu pula dengan bali sebuah daerah yang dikenal dengan pariwisatanya sudah tersedia infrasturktur intenet bahkan acara besar APRICOT pun akan digelar disana, lalu bagaimana dengan Internet di Pangandaran, apakah sudah maju? atau bagaimana ? baca selengkapnya.
Gempa dan Tsunami di Pangandaran, Rumahku
Minggu, 08 April 2007 23:33 WIB
Gempa dan Tsunami di Pangandaran, Rumahku
Tepat selesai ujian Bahasa Inggris di kantor ( Bandung ) aku mendapat pesan lewat Yahoo dari Adik tercintaku di kostan, katanya Pangandaran di terjang Gempa dan Tsunami. Rasanya diri lemes seketika, namun kucoba mencari tau apa yang sebenernya terjadi. Kabar yang belum jelas pun terus dimunculkan di media, ada yang bilang air naik hingga ke jarak 1 kilometer, ini berarti rumahku kena karena jarak rumahku gak lebih dari itu..Aku coba terus kontak dan alhasil belum bisa dikontak semuanya dari pukul 17.00..