Tentang Pangandaran
Ayolah Kawan, Sekali-Kali Keluarlah Dari Kotak Pariwisata

Ayolah Kawan, Sekali-Kali Keluarlah Dari Kotak Pariwisata

Oleh | Minggu, 04 Februari 2018 02:17 WIB | 5.246 Views 2018-02-04 02:17:00

Pangandaran adalah kabupaten baru yang memfokuskan diri pada pariwisata, bahkan misi utama dari Kabupaten yang dipimpin oleh Jeje Wiratadina ini adalah menjadi kabupaten pariwisata berkelas dunia, maka jangan salah bila keseluruhan aktifitasnya akan berbau pariwisata. 

Tidak ada salahnya memang, pariwisata berkelas dunia yang diangkat oleh Pangandaran, namun jangan sampai kreatifitas anak-anak mudanya terkotak oleh urusan pariwisata. Semuanya seolah berlomba-lomba mengembangkan destinasi wisata, semuanya berlomba-lomba membuat operator pariwisata yang akhirnya market terbagi menjadi bagian-bagian kecil yang terkadang menyebabkan gesekan-gesekan kecil. Karena semuanya mengandalkan pariwisata, begitu ada informasi yang "melumpuhkan" pariwisata semua berteriak. Nyatanya memang begitu.

Jarang sekali saya mendengar ada kelompok-kelompok kecil pemuda yang mengembangkan sesuatu diluar pariwisata, atau mungkin saya saja yang kurang "blusukan" melihat kondisi yang ada. Jujur saya senang sekali melihat Kang Ai Nurhidayat mengembangkan dunia pendidikan, saya senang sekali pula melihat kang Wawan dan Kang Kaswan fokus pada dunia entrepreneurship. 

Beberapa waktu yang lalu saya bertemu dengan puluhan bahkan ratusan anak muda dari berbebagai kota, mereka membawa ide-ide briliant untuk kebermanfaatan banyak orang, dalam benak saya berfikir, sangat luar biasa mereka. Mereka masih sangat muda-muda, tetapi dari mereka jarang yang memanfaatkan kekayaan alam yang ada dilingkungan mereka secara langsung, mereka lebih mengandalkan ide kreatif yang bisa dikonversi secara ekonomi.

Tentu saya mengapresiasi siapapun yang telah mengembangkan Pangandaran sejauh ini, mereka orang-orang luar biasa, saya sering berjumpa dengan mereka, melihat aktifitas mereka yang "tidak ada uangnya" tetapi mereka tetap lakukan, tujuan utamanya adalah untuk Pangandaran tercinta.

Namun, bolehlah berharap dari hati ini suatu saat ada cerita munculnya start-up atau perusahaan rintisan baru di pangandaran yang bergerak dalam bidang pendidikan, kesehatan, teknologi informasi, industri dan banyak lagi bidang yang bisa dikembangkan. Bukan tidak mungkin dari Pangandaran hadir sebuah perusahaan teknologi yang besar, hadir perusahaan pertanian yang "kakoncara", lahir ide dan lembaga pendidikan yang berkualitas dan masih banyak lagi.

Karena semuanya masih sangat mungkin, jangan pagari hanya dalam kotak-kotak pariwisata, tak ada salahnya bukan bila pariwisata berkembang dan sektor lainpun berkembang? 


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3

Tentang Pangandaran Lainnya