Sapa Teman dan Kenalan
Didi Supardi, Orang Desain Yang Kecemplung di Dunia Internet Marketing

Didi Supardi, Orang Desain Yang Kecemplung di Dunia Internet Marketing

Oleh | Minggu, 28 Juli 2019 12:52 WIB | 3.279 Views | Comments 2019-07-28 12:52:07

Saya dan teman-teman satu kosan di Wisma Cahaya Gegersuni Gegerkalong Bandung memanggilnya Didi, ya memang namanya Didi, Didi Supardi. Mahasiswa asal Majalengka yang mengambil jurusan DKV di Unpas Setiabudi Bandung. Saya satu kos-kosan dengan Didi selama setahun, memang saya cuma setahun disana. Di kosan itu pula saya kenal Didi pertama kali, saya menganggap Didi agak nakal sedikit :) karena saat orang lain tidak berani bawa pacar ke kosan, Didi-lah yang paling sering bawa pacarnya ke kosan, namanya Ade, istrinya yang sekarang.

Saat itu, tepatnya tahun 2003, komputer Didi adalah yang paling canggih di kosan kami, maklum saja, Didi mengambil jurusan Desain Komunikasi Visual sehingga komputernya-pun harus canggih, bahkan kalau tidak salah sempat ganti dengan yang lebih canggih setelah pulang dari pameran komputer di Braga. Berbeda jauh dengan saya yang hanya menggunakan PC dengan spek Pentium I 133 MHz dengan Hardisk 1,6GB yang terpaksa harus uninstall Delphi dulu kalau mau belajar corel dan uninstall corel dulu kalau mau belajar Delphi dan sering-sering melakukan Defragment karena katanya mempercepat proses sebuah PC.

Setelah saya tidak menempati kosan itu dan berpindah ke markas Gamada (Keluarga Mahasiswa Daarut Tauhiid), ternyata Didi-pun sama, bedanya ,Didi segera menikah dan menempati sebuah rumah kontrakan di sekitaran Daarut Tauhiid, masih bersama mantan pacarnya, Ade. Dari sana mulai tau kalau Didi sering mengerjakan proyek yang berhubungan dengan desain dan animasi, saat itu memakai Macromedia Flash. Beberapa kali saya main kerumahnya karena kebetulan juga tidak jauh dari rumah Masrukhul Amri (Mas Amri) yang sering saya datangi.

Lama waktu berlalu, beberapa tahun yang lalu, tidak sengaja saya bertemu beliau di Gramedia Merdeka, tepat di depan lorong toilet di jalan tembus BIP ke BEC. Dari sana saya tahu kalau beliau sudah "terjerumus" di dunia Internet Marketing, awalnya sih sempat lihat tentang profile Tantan Hilyatana, orang yang saya kenal di UIN Sunan Gunung Djati saat membantu membangun warnet milik Pa Aceng, senior saya di Gamada.

Lama-lama saya cari Informasi tentang Didi, teman lama yang hilang itu. Akhirnya munculah banyak informasi tentang dirinya, bagaimana ia mulai menjadi afiliator, menjadi Freelancer di beperapa situs dan akhirnya jadi "Suhu" di Internet marketing, yang terbaru yang saya tahu adalah konten AdsCreative-nya yang begitu familiar diantara Internet Marketer dan pelaku online shopping.

Bersama satu kosan memang tidak lama, maklum saja, tahun itu adalah tahun pertama saya di Bandung dan Didi adalah salah satu teman terbaik saya yang saya temukan. Pribadinya tidak sombong dan sering sharing tentang dunia desain saat itu kepada saya dan teman-teman lainnya seperti Deni, Arfa dan Suherman. Sepertinya hal itu kebawa hingga saat ini, tidak sedikit buku digital yang dibuatnya yang jadi manfaat banyak orang khususnya yang bergelut di dunia internet marketing.

Terus berkarya kawan, nikmatilah hidup seperti engkau dulu sering mandi dan bernyanyi lagu barat di kosan, bebaskan kreasimu hingga jadi manfaat untuk banyak orang :).

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Sapa Teman dan Kenalan Lainnya
Asep Ganda Sadikin, Penulis Buku Bahasa Indonesia, Inspirasiku Saat SMA
Rabu, 27 Maret 2019 11:24 WIB
Asep Ganda Sadikin, Penulis Buku Bahasa Indonesia, Inspirasiku Saat SMA
Tepatnya tahun 2000, saya bersama beberapa teman memberanikan diri berkunjung ke tempat tinggal beliau di Pangandaran, sebelah Naratas. Menyampaikan ketidaksetujuan saya dan teman-teman untuk Studi Wisata ke Jogjakarta
Apud Saepudin, Branding, Branding dan Branding
Minggu, 26 Agustus 2018 13:21 WIB
Apud Saepudin, Branding, Branding dan Branding
Om Apud, begitulah kira-kira namanya sering dipanggil, dan nyatanya branding dirinyapun dengan istilah Om Apud. Kenal dengan beliau saat masih sama-sama berfaktifitas di lingkungan Daarut Tauhiid Bandung. Om Apud berada di MQ Media dan saya di MQ IT.
Dudung Abdul Ghani, Inspirasi Betapa Pentingnya Arti Sebuah Perjuangan
Jum'at, 01 Juni 2018 02:20 WIB
Dudung Abdul Ghani, Inspirasi Betapa Pentingnya Arti Sebuah Perjuangan
​Saya memanggilnya Pa Dudung, sebagian lainnya memanggilnya dengan panggilan Ustadz Dudung. Ia adalah adiknya Teh Ninih Mutmainah, Istri dari KH. Abdullah Gymnastiar. Awalnya, tak banyak yang istimewa saat pertama kali saya berjumpa beliau, tahun 2003 silam
Masrukhul Amri, Ustadz dan Motivator Yang Beda Dari Yang Biasa
Jum'at, 15 Desember 2017 05:49 WIB
Masrukhul Amri, Ustadz dan Motivator Yang Beda Dari Yang Biasa
Nama panggilannya adalah Mas Amri, begitupun saya memanggilnya. Wajahnya adem diliat dan penuh senyum. Kenal pertama kali saat saya masuk ke lingkungan Daarut Tauhiid tahun 2003 silam, saya mengenalnya saat itu adalah Badal Aa Gym saat Aa tidak bisa mengisi ceramah.
Yan Harlan, Pedagang Yang Senang Berdakwah Lewat Teknologi
Sabtu, 15 April 2017 12:23 WIB
Yan Harlan, Pedagang Yang Senang Berdakwah Lewat Teknologi
Perkenalan saya pertama kali dengan Pa Yan Harlan yang saya panggil Pa Yan sekitar tahun 2006, saat itu diperkenalkan oleh Pa Eka Sentosa Direktur MQ Multimedia. Awalnya, Pa Yan ingin membuat website yang sangat simple yang isinya adalah konten spritual baik dalam bentuk teks maupun audio.
Aa Gym, Guru Yang Multitalenta
Jum'at, 07 April 2017 00:33 WIB
Aa Gym, Guru Yang Multitalenta
Mendengar suara Aa Gym memang belum begitu lama, sekitar tahun 2000 dari salah satu radio yang tertangkap melalui receiver FM yang saat itu menggunakan antena yang cukup tinggi, saya lupa nama radionya. Ceramah khas beliau yang membuat saya tertarik untuk selalu mendengarkannya setiap pagi, walaupun nyatanya saya tidak tau siapa sebenarnya Aa Gym.