Sapa Teman dan Kenalan
Asep Ganda Sadikin, Penulis Buku Bahasa Indonesia, Inspirasiku Saat SMA

Asep Ganda Sadikin, Penulis Buku Bahasa Indonesia, Inspirasiku Saat SMA

Oleh | Rabu, 27 Maret 2019 11:24 WIB | 4.785 Views | Comments 2019-03-27 11:24:08

Tepatnya tahun 2000, saya bersama beberapa teman memberanikan diri berkunjung ke tempat tinggal beliau di Pangandaran, sebelah Naratas. Menyampaikan ketidaksetujuan saya dan teman-teman untuk Studi Wisata ke Jogjakarta, alasannya saat itu ekonomi sedang sangat berat menyusul reformasi tahun 98-99. Walaupun akhirnya usulan kami mentah setelah diadakan jajak pendapat dari 6 kelas yang ada, salah satu momen yang masih saya ingat bersama Kepala SMAN 1 Pangandaran kala itu, Asep Ganda Sadikin.

Beliaulah orang yang pertama kali mengirim saya ke Bandung, menginjakan kaki di Bandung saat SMA dulu, setelah sebelumnya MTsN Pangandaran mengirim saya dan teman-teman mengikuti Jambore di Jatinangor 2 tahun sebelumnya. Pa Asep adalah penulis aktif banyak buku teks Bahasa Indonesia saat itu terbitan Grafindo, oleh karenanya beberapa pengambilan istilah menjadi sangat sensitif, kebetulan saat itu Palapa SMAN 1 Pangandaran sedang dibentuk atas Prakarsa Kang Dasep, nama yang cukup kami paksakan, mengingat dari guru-guru mengusulkan nama Wacita.

Pa Asep juga yang menginspirasi kami untuk mencoba membuat setiap acara di sekolah tidak menjadi "beban" sekolah, harus mencoba mencari sponsor, oleh karenanya saya dikirim ke Bandung untuk mengikuti seminar di SMAN 12 Bandung, yang bertempat tepat di jalan yang sering saya lewati ketika akan ke PJTV kala itu.

Saat ini, tanpa saya sadari, istri saya juga bergelut dalam bidang Pendidikan bahasa yang tengah menyelesaikan pasca sarjana Bahasa Indonesia, momen ini yang mendorong saya kangen kepada Beliau, Asep Ganda Sadikin. 

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Sapa Teman dan Kenalan Lainnya
Apud Saepudin, Branding, Branding dan Branding
Minggu, 26 Agustus 2018 13:21 WIB
Apud Saepudin, Branding, Branding dan Branding
Om Apud, begitulah kira-kira namanya sering dipanggil, dan nyatanya branding dirinyapun dengan istilah Om Apud. Kenal dengan beliau saat masih sama-sama berfaktifitas di lingkungan Daarut Tauhiid Bandung. Om Apud berada di MQ Media dan saya di MQ IT.
Dudung Abdul Ghani, Inspirasi Betapa Pentingnya Arti Sebuah Perjuangan
Jum'at, 01 Juni 2018 02:20 WIB
Dudung Abdul Ghani, Inspirasi Betapa Pentingnya Arti Sebuah Perjuangan
​Saya memanggilnya Pa Dudung, sebagian lainnya memanggilnya dengan panggilan Ustadz Dudung. Ia adalah adiknya Teh Ninih Mutmainah, Istri dari KH. Abdullah Gymnastiar. Awalnya, tak banyak yang istimewa saat pertama kali saya berjumpa beliau, tahun 2003 silam
Masrukhul Amri, Ustadz dan Motivator Yang Beda Dari Yang Biasa
Jum'at, 15 Desember 2017 05:49 WIB
Masrukhul Amri, Ustadz dan Motivator Yang Beda Dari Yang Biasa
Nama panggilannya adalah Mas Amri, begitupun saya memanggilnya. Wajahnya adem diliat dan penuh senyum. Kenal pertama kali saat saya masuk ke lingkungan Daarut Tauhiid tahun 2003 silam, saya mengenalnya saat itu adalah Badal Aa Gym saat Aa tidak bisa mengisi ceramah.
Yan Harlan, Pedagang Yang Senang Berdakwah Lewat Teknologi
Sabtu, 15 April 2017 12:23 WIB
Yan Harlan, Pedagang Yang Senang Berdakwah Lewat Teknologi
Perkenalan saya pertama kali dengan Pa Yan Harlan yang saya panggil Pa Yan sekitar tahun 2006, saat itu diperkenalkan oleh Pa Eka Sentosa Direktur MQ Multimedia. Awalnya, Pa Yan ingin membuat website yang sangat simple yang isinya adalah konten spritual baik dalam bentuk teks maupun audio.
Aa Gym, Guru Yang Multitalenta
Jum'at, 07 April 2017 00:33 WIB
Aa Gym, Guru Yang Multitalenta
Mendengar suara Aa Gym memang belum begitu lama, sekitar tahun 2000 dari salah satu radio yang tertangkap melalui receiver FM yang saat itu menggunakan antena yang cukup tinggi, saya lupa nama radionya. Ceramah khas beliau yang membuat saya tertarik untuk selalu mendengarkannya setiap pagi, walaupun nyatanya saya tidak tau siapa sebenarnya Aa Gym.