Islam dan Seputarnya
Ramadhan tiba, kebiasaan lama pun tiba

Ramadhan tiba, kebiasaan lama pun tiba

Rabu, 12 September 2007 08:15 WIB | 4.128 Views | Comments 2007-09-12 08:15:14

Marhaban ya Ramadhan, selamat datang bulan suci dan bulan penuh berkah. Ketika ramadhan dimulai banyak orang yang mempunyai kebiasaan lama muncul kembali, kenapa saya katakan kebiasaan lama, karena biasanya dibulan-bulan yang lain kebiasaan itu tidak muncul sama sekali, ada kebiasaan buruk dan ada kebiasaan yang baik. Sebenarnya apa saja sih kebiasaan itu?

Kebiasaan Baik.

Membaca Al Quran bagi sebagian orang adalah sesuatu hal yang sangat sulit dilakukan dan bisa jadi hanya bisa dilakukan ketika kondisi lingkungan memang mendukung untuk membaca Al Quran, salah satunya adalah bulan Ramadhan, benar, ini merupakan kebiasaan baik yang perlu titingkatkan walaupun bukan bulan ramadhan.

Saling silaturahmi seolah menjamur ketika ramdhan tiba, mengunjungi orang tua, kerabat dan handai taulan jadi pilihan, selain itu frekuensi ibadah biasanya naik drastis, bagaimana tidak, orang yang tidak pernah sekalipun menjalankan sholat malam hampir tidak terlewat ketika ramadhan, berinfaq seolah menjadi kewajiban dan masih banyak kebiasaan lain yang muncul secara tiba-tiba. Benar memang, tapi terkadang kita anggap kebiasaan ini lenyap ketika takbir berkumandang diawal syawal. Lucu.


Kebiasaan Buruk.

Nah jika yang ini saya pikir mesti dihindari dan kalau bisa dihilangkan sama sekali, kebiasaan buruk yang muncul bersamaan dengan bulan ramadhan antara lain adalah buka shaum dengan berlebih, seolah-olah balas dendam karena seharian tidak makan, dampaknya ketika shalat tarawih mata sulit untuk dibuka. Kebiasaan yang lain adalah lamanya tidur disiang hari, seolah-olah merupakan pembenaran bahwa orang yang berpuasa tidurnyapun berpahala, ujung-ujungnya tidur terus tak ingat waktu sholat, waktu bekerja. Menunggu waktu berbuka biasanya diisi dengan ngabuburit, kalau itu untuk silaturahmi bagus dan disarankan, tapi biasanya ngabuburit diisi dengan berkumpul dijalan, melihat pemandangan (wanita cantik), ngerumpi, main playstation, nonton televisi hingga berchating ria seharian, nah kalau kebiasaan ini setelah bulan ramadhanpun biasanya masih terus berjalan.

 

Sekarang semuanya terserah kita, semua yang kita lakukan di bulan yang penuh berkah ini adalah untuk kita sendiri bukan untuk orang lain, bagaimana menurut pendapat sahabat ?

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Islam dan Seputarnya Lainnya
Antara Dakwah dan Teknologi, Bagian Kedua
Kamis, 06 September 2007 06:50 WIB
Antara Dakwah dan Teknologi, Bagian Kedua
Seorang penyanyi dangdut yang selalu membawakan lirik-lirik islami dalam setiap lagunya yaitu Rhoma Irama memandang bahwa semua yang telah dilakukannya adalah merupakan salah satu dari dakwah. Penyanyi lainnya yang sering muncul dengan Sholawat atas nabinya yaitu Haddad Alwi juga berpendapat demikian bahwa melalui lirik-lirik nasyid yang dinyanyikannya beliau bisa menyampaikan pesan islami kepada pendengarnya.
Poligami, Seolah Olah Ada "Hukum Allah" Yang Salah
Rabu, 25 Juli 2007 12:30 WIB
Poligami, Seolah Olah Ada "Hukum Allah" Yang Salah
Tadi Pagi sempat sedikit perasaan ingin masuk sebuah room di Bandung lewat chatting berharap ada temen-temen yang masuk beri informasi seputar apa yang ku kerjakan saat ini, e-commerce, namun ternyata ada seorang perempuan, beliau adalah Pramugari di Garuda, sempat chat sebentar, karena beliau menyapa duluan, tidak sengaja membahas poligami Aa Gym kembali karena beliau tau saya bekerja di Aa Gym, ada satu hal yang menarik yang perlu kita lihat, baca selengkapnya
Antara Dakwah dan Teknologi, Bagian Pertama
Sabtu, 21 Juli 2007 05:50 WIB
Antara Dakwah dan Teknologi, Bagian Pertama
Kumpulan sejarah yang telah kita baca dan kita dapatkan telah membuktikan bahwa peran teknologi dalam kehidupan sangatlah besar. Kita mendengar bagaimana Rosullah menang dalam perang parit yang syariatnya lewat implementasi strategi dan teknologi baru dalam berperang yang disampaikan oleh Salman Al farisi. Kita juga diingatkan bagaimana sebuah karikatur Rosullullah yang kita kecam tersebar kesesuluruh dunia melalui teknologi media dan informasi hingga menyebabkan islam hadir dalam satu suara “kecam”, dan bahkan kita masih ingat bagaimana seseorang masuk penjara karena layanan pesan pendek yang dikirim oleh sebuah alat teknologi komunikasi yang benama handphone atau telephone genggam.
Allah Benci Lho
Minggu, 08 April 2007 22:49 WIB
Allah Benci Lho
"Sebenarnya, dibenci atau disayang oleh Allah swt, sangat tergantung pada prilaku kita sehari-hari. Apakah prilaku kita mengundang kasih sayang atau sebaliknya yaitu mengundang kebencian. " Sahabat, hidup ini selalu berpasangan, sedih-gembira, kaya-miskin, tua muda, luas-sempit dan aneka pasangan lainnya. Begitu juga ada orang yang disayang oleh Allah swt dan ada juga orang yang dibenci oleh Allah swt. Pada tahun baru 1427 H ini, ada banyak hal yang harus kita audit, salah satunya adalah apakah kita termasuk orang yang disayang oleh Allah swt atau malah sebaliknya yaitu orang yang dibenci oleh Allah swt. Sebenarnya, dibenci atau disayang oleh Allah swt, sangat tergantung pada prilaku kita sehari-hari. Apakah prilaku kita mengundang kasih sayang atau sebaliknya yaitu mengundang kebencian.