Islam dan Seputarnya
Antara Dakwah dan Teknologi, Bagian Pertama

Antara Dakwah dan Teknologi, Bagian Pertama

Oleh | Sabtu, 21 Juli 2007 05:50 WIB | 4.639 Views | Comments 2007-07-21 05:50:12

Kumpulan sejarah yang telah kita baca dan kita dapatkan telah membuktikan bahwa peran teknologi dalam kehidupan sangatlah besar. Kita mendengar bagaimana Rosullah menang dalam perang parit yang syariatnya lewat implementasi strategi dan teknologi baru dalam berperang yang disampaikan oleh Salman Al farisi. Kita juga diingatkan bagaimana sebuah karikatur Rosullullah yang kita kecam tersebar kesesuluruh dunia melalui teknologi media dan informasi hingga menyebabkan islam hadir dalam satu suara “kecam”, dan bahkan kita masih ingat bagaimana seseorang masuk penjara karena layanan pesan pendek yang dikirim oleh sebuah alat teknologi komunikasi yang benama handphone atau telephone gengam.

Kuatnya kaitan teknologi dalam kehidupan yang kita jalani sehari-hari ini sudah mengakar dan sulit untuk dilepaskan, dan terkadang kita juga bisa menjadi budak dari teknologi yang kita pegang. Oleh karena itu sangat ironis sekali jika kita tidak memanfaatkan teknologi yang sudah kita pegang menjadi media penyampaian keindahan islam .

Tulisan ini mencoba membantu anda mengenal, memahami dan juga mencoba membantu anda dalam implementasi teknologi dalam dakwah yang anda lakukan. Dengan konsep “Berkunjung Ke Pameran Teknologi Islami”, anda akan diajak berjalan-jalan kebanyak stand-stand yang menyajikan berbagai informasi penting tentang teknologi yang dapat anda gunakan sebagai Media Dakwah. Anda akan mendapatkan informasi tentang kemungkinan dan celah sehingga dakwah dapat dilakukan sampai hitungan rupiah yang harus anda infaq-kan untuk menjalankan teknologi itu jika memang diperlukan.

Anda akan diajak untuk memilih salah satu teknologi yang paling anda sukai dan dianggap paling mudah dilakukan atau bahkan anda akan diajak untuk meng-eksplore lebih dalam teknologi yang anda pegang selama ini untuk penyampaian keindahan agama islam.

Dalam membantu anda mendapatkan informasi dan pemahaman besarnya kemapuan sebuah teknologi dalam dakwah, saya coba bantu anda dalam beberapa point-point penting dalam tulisan ini yang tertuang dalam daftar berikut ini :

  1. Dakwah dan Lingkunganya.
  2. Sekilas Teknologi
  3. Selamat Datang di Arena Teknologi Islami.
  4. Teknologi Mobile, Sekali Pencet ribuan Hikmah Tersampaikan.
  5. Teknologi Intenernet, Sekali Klik Ribuan Ayat Al Quran Tersebarkan.
  6. Teknologi Radio, Sekali Qira’ah Jutaaan Orang Mendengarkan.
  7. Teknologi Televisi, Sekali Ceramah Jutaan Orang Menyaksikan.
  8. Tips Pemilihan Media Dakwah.
  9. Referensi Panduan Teknologi dan Dakwah.

Dengan bantuan beberapa poin diatas saya berharap anda akan menjadi orang yang pertama dalam menggunakan teknologi sebagai media dakwah sekaligus merubah pandangan orang terhadap anda bahwa anda adalah muslim yang gagap teknologi alias “gaptek”.

Bersambung sahabatku...kapan-kapan berkunjung lagi yah..Terima kasih

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#0






Islam dan Seputarnya Lainnya
Allah Benci Lho
Minggu, 08 April 2007 22:49 WIB
Allah Benci Lho
"Sebenarnya, dibenci atau disayang oleh Allah swt, sangat tergantung pada prilaku kita sehari-hari. Apakah prilaku kita mengundang kasih sayang atau sebaliknya yaitu mengundang kebencian. " Sahabat, hidup ini selalu berpasangan, sedih-gembira, kaya-miskin, tua muda, luas-sempit dan aneka pasangan lainnya. Begitu juga ada orang yang disayang oleh Allah swt dan ada juga orang yang dibenci oleh Allah swt. Pada tahun baru 1427 H ini, ada banyak hal yang harus kita audit, salah satunya adalah apakah kita termasuk orang yang disayang oleh Allah swt atau malah sebaliknya yaitu orang yang dibenci oleh Allah swt. Sebenarnya, dibenci atau disayang oleh Allah swt, sangat tergantung pada prilaku kita sehari-hari. Apakah prilaku kita mengundang kasih sayang atau sebaliknya yaitu mengundang kebencian.