Islam dan Seputarnya
Antara Dakwah dan Teknologi, Bagian Pertama

Antara Dakwah dan Teknologi, Bagian Pertama

Oleh | Sabtu, 21 Juli 2007 05:50 WIB | 6.228 Views 2007-07-21 05:50:12

Kumpulan sejarah yang telah kita baca dan kita dapatkan telah membuktikan bahwa peran teknologi dalam kehidupan sangatlah besar. Kita mendengar bagaimana Rosullah menang dalam perang parit yang syariatnya lewat implementasi strategi dan teknologi baru dalam berperang yang disampaikan oleh Salman Al farisi. Kita juga diingatkan bagaimana sebuah karikatur Rosullullah yang kita kecam tersebar kesesuluruh dunia melalui teknologi media dan informasi hingga menyebabkan islam hadir dalam satu suara “kecam”, dan bahkan kita masih ingat bagaimana seseorang masuk penjara karena layanan pesan pendek yang dikirim oleh sebuah alat teknologi komunikasi yang benama handphone atau telephone gengam.

Kuatnya kaitan teknologi dalam kehidupan yang kita jalani sehari-hari ini sudah mengakar dan sulit untuk dilepaskan, dan terkadang kita juga bisa menjadi budak dari teknologi yang kita pegang. Oleh karena itu sangat ironis sekali jika kita tidak memanfaatkan teknologi yang sudah kita pegang menjadi media penyampaian keindahan islam .

Tulisan ini mencoba membantu anda mengenal, memahami dan juga mencoba membantu anda dalam implementasi teknologi dalam dakwah yang anda lakukan. Dengan konsep “Berkunjung Ke Pameran Teknologi Islami”, anda akan diajak berjalan-jalan kebanyak stand-stand yang menyajikan berbagai informasi penting tentang teknologi yang dapat anda gunakan sebagai Media Dakwah. Anda akan mendapatkan informasi tentang kemungkinan dan celah sehingga dakwah dapat dilakukan sampai hitungan rupiah yang harus anda infaq-kan untuk menjalankan teknologi itu jika memang diperlukan.

Anda akan diajak untuk memilih salah satu teknologi yang paling anda sukai dan dianggap paling mudah dilakukan atau bahkan anda akan diajak untuk meng-eksplore lebih dalam teknologi yang anda pegang selama ini untuk penyampaian keindahan agama islam.

Dalam membantu anda mendapatkan informasi dan pemahaman besarnya kemapuan sebuah teknologi dalam dakwah, saya coba bantu anda dalam beberapa point-point penting dalam tulisan ini yang tertuang dalam daftar berikut ini :

  1. Dakwah dan Lingkunganya.
  2. Sekilas Teknologi
  3. Selamat Datang di Arena Teknologi Islami.
  4. Teknologi Mobile, Sekali Pencet ribuan Hikmah Tersampaikan.
  5. Teknologi Intenernet, Sekali Klik Ribuan Ayat Al Quran Tersebarkan.
  6. Teknologi Radio, Sekali Qira’ah Jutaaan Orang Mendengarkan.
  7. Teknologi Televisi, Sekali Ceramah Jutaan Orang Menyaksikan.
  8. Tips Pemilihan Media Dakwah.
  9. Referensi Panduan Teknologi dan Dakwah.

Dengan bantuan beberapa poin diatas saya berharap anda akan menjadi orang yang pertama dalam menggunakan teknologi sebagai media dakwah sekaligus merubah pandangan orang terhadap anda bahwa anda adalah muslim yang gagap teknologi alias “gaptek”.

Bersambung sahabatku...kapan-kapan berkunjung lagi yah..Terima kasih


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#






Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3

Islam dan Seputarnya Lainnya
Mencuri Benih, Benarkah Dosanya Terus Berkembang?
Jum'at, 18 November 2016 18:34 WIB
Mencuri Benih, Benarkah Dosanya Terus Berkembang?
Sekali-kali Maksiat Ah... Cuma Sekali Kok
Sabtu, 02 April 2011 20:50 WIB
Sekali-kali Maksiat Ah... Cuma Sekali Kok
Beratnya Kala Ulama Berhutang Budi
Jum'at, 25 Desember 2009 19:20 WIB
Beratnya Kala Ulama Berhutang Budi