Cerita Sehari-hari
7 Cara Aman Membeli Motor Secara Online

7 Cara Aman Membeli Motor Secara Online

Oleh | Kamis, 27 Februari 2020 13:08 WIB | 1.663 Views | Comments 2020-02-27 13:08:30

Rasanya apapun sekarang bisa dibeli online, mulai dari aksesoris sebesar biji buah-buahan hingga alat berat segede gambreng, termasuk membeli online motor dan mobil. Bagi kita yang butuh waktu cepat untuk memilih tipe motor, pilihan membeli online bisa menjadi solusi. Lalu, apa saja tips dan cara aman membeli motor secara online?

  1. Pilihlah situs yang paling dapat dipercaya. Situs yang menjual kendaraan roda dua ataupun roda empat sangat banyak di Internet, mulai dari marketplace di Facebook hingga marketplace semua barang dan jasa seperti OLX. Membeli motor di situs yang secara dedicated menyediakan layanan penjualan motor akan lebih aman, ada proses verifikasi yang dilakukan pengelola situs dari setiap produk motor yang akan dijual, salah satunya seperti moladin.
  2. Pastikan nomor kontak penjual atau pengelola situs dapat dihubungi. Siapapun tidak ingin tertipu atau bermasalah dengan transaksi yang dilakukan. Ketika anda memilih salah satu situs untuk membeli motor online, pastikan ada nomor kontak yang bisa dihubungi, baik penjual maupun pengelola situs, catat dengan baik dan simpan dalam kontak handphone anda. Siapa tau suatu waktu diperlukan.
  3. Lilhat spesifikasi motor dengan seksama. Proses ini tak boleh anda lewatkan, informasi produk motor yang akan anda beli harus benar-benar anda beli, apalagi bila itu motor bekas. Perhatikan kesesuaian dengan foto yang ditampilkan, seberapa lama lagi masa hidup nomor platnya. Anda harus sangat detil dan teliti membaca setiap baris informasi yang disampaikan. Supaya tidak menyesal kemudian.
  4. Jangan sungkan bertanya. Jangan malu untuk bertanya kepada penjual atau pengelola situs yang menjual motor secara online, sebelum anda bertemu dengan penjual, informasi awal tentang motor yang akan dibeli setidaknya sudah anda kantongi. Malu bertanya, dapat motor gak bisa jalan, tentu sangat menyedihkan.
  5. Jangan terburu-buru. Walaupun anda ngebet pengen punya motor baru, janganlah terburu-buru, pikirkan secara matang pilihan anda, timbang-timbang lagi hingga tidak ada sepersenpun keraguan dalam hati anda, ingat 1% keraguan tidak membuat pendirian anda disebut yakin.
  6. Usahakan bertemu dan melihat barangnya. Situs penjualan motor biasanya membolehkan pembeli untuk melihat dulu barangnya setelah mendapatkan informasi listing dari website. Manfaatkan momen ini untuk melihat wujud asli dari motor yang akan anda beli. 
  7. Amanlah bertransaksi. Ini tips terakhir yang sangat penting. LIhatlah situs penjualan online motor yang akan anda pilih, tersediakan pembayaran online? jika iya, anda bisa memanfaatkan metode pembayaran ini, karena secara teknis akan tercatat di sistem perbankan. Namun, bila tidak pastikan anda meminta bukti bayar atau transaksi dari penjual motor yang dibubuhi materai, bila pembayaran dilakukan secara offline, bawalah teman anda atau seseorang yang anda percata untuk menjadi saksi.
Secara umum, penjualan online memang memiliki celah-celah keamanan yang bisa dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Namun, bukan berarti tidak aman, bahkan belakangan tidak sedikit masyarakat Indonesia yang membeli barang lewat online, harganyapun tidak puluhan ribu rupiah lagi, hingga belasan juta seperti membeli handphone dan barang-barang lainnya.

Keamanan bertransaksi menjadi tanggung jawab anda sendiri tentunya, jadi tetap berhati-hati dalam melakukan transaksi. Tips-tips tadi semoga dapat membantu anda dalam melakukan transaksi online, seperti membeli motor dari penyedia penjualan motor online.

Semoga Bermanfaat :)
 

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet





Apa komentar anda tentang Tulisan 7 Cara Aman Membeli Motor Secara Online?

Cerita Sehari-hari Lainnya
Kebaikan Kecil "Berbasis IT" Sebesar Biji Zarah
Kamis, 20 Juni 2019 15:54 WIB
Kebaikan Kecil "Berbasis IT" Sebesar Biji Zarah
Memang ada kebaikan berbasis IT? oh tentu ada menurut saya. Tadi malam saya ditanya oleh istri, "yang emang ada manfaatnya menjawab pertanyaan yang diajukan Google saat kita mengunjungi suatu tempat?", saya jawab, Ada.
Oleh-oleh Seminar Citizen Journalism & Entrepreneurship Detik.com
Sabtu, 12 Februari 2011 14:56 WIB
Oleh-oleh Seminar Citizen Journalism & Entrepreneurship Detik.com
Sangat singkat waktunya namun cukup berkesan dan menarik, itu kalimat oleh-oleh yang saya bawa dari Acara Citizen Journalism & Entrepreneurship Detik.com Roadshow 7 Kota. Kehadiran BDI atau Budiono Darsono dan Raditya Dika menambah semarak acara ini.