Cerita dan Kisah
Petani dan Tikus dalam Karung

Petani dan Tikus dalam Karung

Oleh | Jum'at, 11 Desember 2020 13:13 WIB | 3.763 Views 2020-12-11 13:13:57

Ada sebuah cerita menarik tentang seorang petani dan tikus, cerita ini saya sendiri tidak jelas sumbernya dari mana. Namun ada pelajaran penting yang bisa diambil dari kisah ini. Bagaimana kisahnya?

Pernah baca satu cerita tentang seorang petani yang membawa tikus dalam karung. Tikus itu dia simpan di dalam karung dan dibawanya pakai kendaraan umum karena akan ditukar dengan hadiah. Kebetulan sedang ada sayembara untuk menukarkan tikus yang dianggap hama tersebut dengan hadiah dari pemerintah desa setempat.

Setiap lima menit sekali petani itu sengaja menendang tikus dalam karung sampai mereka terdengar ribut berisik satu sama lain. Kebiasaan ini ternyata membuat seseorang disebelah petani keheranan dan memberanikan diri untuk bertanya mengapa setiap lima menit sekali menendang karung yang berisi tikus. Dengan seringainya petani itu menjelaskan bahwa dia sengaja menendang tikus dalam karungnya setiap lima menit sekali agar tikus itu tidak menyadari kalau mereka sebenarnya punya gigi yang kuat untuk menggigit karung dan melubanginya agar bisa bebas keluar dari dalam karung. Tendangan petani sengaja dibuat agar tikus ribut sendiri diantara mereka, lupa akan potensi dirinya dan tetap agar ada dalam kontrol petani sebelum diserahkan untuk ditukar jadi hadiah.

Apa pelajaran yang bisa kita ambil, terkadang kita disibukan oleh sesuatu yang tidak penting dan justru ribut dengan sesama kita, padahal kita memiliki potensi yang sangat besar untuk lebih maju, untuk lebih berkembang dan sukses keluar dari keterpurukan. Tapi tidak harus menjadi tikus tentunya :(.


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet







Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3

Cerita dan Kisah Lainnya