Campur-Campur
Kenapa Orang Membuat dan Menulis di Blog.

Kenapa Orang Membuat dan Menulis di Blog.

Oleh | Rabu, 02 Mei 2007 06:33 WIB | 7.742 Views 2007-05-02 06:33:07

Alasan dan motivasi orang membuat blog itu sangat beragam, mungkin bisa saja ada alasan lain yang tidak logis untuk membuat sebuah blog, ambil contoh saja ketika dia datang kedukun karena ingin cepet kaya, ternyata dari dukun itu mengatakan " Syaratnya harus bikin blog di blogspot, hahaha". Hanya contoh, tapi dibawah ini sepertinya mewakili sebagian besar jawaban dari pertanyaan kenapa orang menulis blog.

Ajang Curahan Hati
Blog terkadang menjadi bulan-bulanan jemari orang-orang yang sedang sedikit bermasalah atau mungkin sedang terlepas dari masalah. Blog menjadi alternatif curhat secara tidak langsung, bagi orang-orang yang punya motiviasi ini untuk membuat blog, merasa plong dan lega setelah unek-unek tentang dirinya atau kebimbangan sudah dituliskan dalam blognya. Akan lebih bahagia sekali jika ternyata tulisannya ada yang komentar dan memberikan solusi. Contoh dari blog yang seperti ini biasanya untuk blog-blog kecil.

Ajang Kritik dan Protes
Blog jenis ini cenderung berat dan kritis, isinya biasanya berisikan tentang berita-berita yang aktual yang sedang dibahas. Apakah Blog Priyadi masuk jenis yang ini ? kalau menurut saya mas priyadi sedikit agak komplek karena menurut pengamatan saya ada banyak alasan untuk menulis, termasuk yang ini.

Ajang Promosi dan Iklan
Mesin blog memang sangat cocok untuk dijadikan sebuah media promosi, anggaplah blog ini menjadi sebuah company profile online yang ditulis dalam bahasa blog yang panjang dan terbentang dalam satu halaman.

Ajang Delivery Channel
Memang ada kemiripan alasan dengan promosi dan iklan, hanya saja tidak secara langsung, Saya ambil contoh blognya Mas Priyadi, Priyadi sendiri adalah pemilik perusahaan hosting Indoglobal. Dengan menulis sebuah blog secara tidak langsung pengunjung akan digiring untuk lebih percaya bahwa Indoglobal diurus oleh orang sekelas priyadi. Kedua, dengan mempertahankan blog priyadi dari serangan hacking, jarang down dan mungkin cepat diakses secara tidak langsung menginformasikan bahwa di Indoglobal hostingnya aman,cepat dan handal, ditambah lagi priyadi selalu menyelipkan banner indoglobal dalam halaman blognya.

Pengisi waktu kosong
Biasanya bagi orang-orang yang sibuk, blog menjadi teman ketika dia mempunyai waktu kosong. Saya kurang tau motivasi Pa Budi Raharjo menulis blog GBT nya. Kemungkinan memang alasan yang satu ini cukup mewakili.

Ajang Berbagi Pengalaman
Ada orang yang baik dan selalu berbagi pengalaman ketika dia menemukan ilmu yang baru dan pengalaman yang baru. Tidak sabar rasanya jika tidak segera menekankan jarinya pada keyboard dan posting dalam sebuah halaman blog.

Ajang Membesarkan Narsisme
Alasan yang satu ini menurut saya banyak menghinggapi para blogger di Indonesia khusunya. Temen-temen mungkin tau karakter narsisme.

Sebagai Tren Berinternet
Ada sebagian orang yang rasanya berpuas diri ketika memiliki sebuah blog, anggap saja, ketika sudah punya frienster disusul harus punya blog. Keadaan inilah yang mendorong untuk menulis dan terus menulis.

Sebagai Diari Pribadi
Seperti memindahkan diari kertas kedalam diari online, waktu demi waktu ditulis secara gamblang dalam blog.

Ajang Belajar
Saya pernah menjadi pengajar disalahsatu SMK di Bandung jurusan Teknologi Informasi, saya mewajibkan setiap murid untuk memiliki blog, karena mereka harus kenal, harus banyak belajar dari blog, setidaknya mereka punya kempuan untuk Penggunaan Internet, Posting, Mengganti themes dan mungkin sedikit mengenalkan Image Processing, HTML dan CSS dasar.

Memang Gak Ada Kerjaan
Nah yang satu ini alasanya lucu, dia menulis blog memang gak ada kerjaan aja. Tulisanya kadang berbobot, tapi kadang-kadang juga garing karena tidak niat.

Ajang Cari Teman
Ketika kita menulis sesuatu, dan ternyata tulisan itu yang berada dalam blog kita menyentuh hati seseorang atau memberikan insprirasi bagi orang lain, orang itu menghubungi kita, setidaknya memberikan komentar dalam tulisan kita. Jadi banyak teman kan ?

Kalau Adi yang mana? hehe..saya sendiri menyadari kalau web ini cenderung mirip blog walaupun mesinnya saya buat sendiri, alasanya mungkin saya yang tau dan teman-teman bisa menilai sendiri.

Sekedar tambahan, Team di CyberMQ pernah mewawancara Mas Priyadi, Ini dia kutipanya.

Bagi sahabat yang suka nge-blog, CyberMQ telah mewawancarai salah satu blogger yang tulisannya sering mengundang kontroversi, namun tidak sedikit pula yang pro. Beliau adalah Priyadi Iman Nurcahyo, dan termasuk orang yang mendirikan perusahaan pionir yang bergerak dalam layanan hosting di Indonesia. Sahabat dapat mengunjungi blog mas pri di www.priyadi.net; berikut ini hasil wawancara kami.


Dapatkah mas pri memaparkan mengenai pengalaman dan karier mas pri terkait dengan bidang IT yang mas pri geluti hingga sekarang ini.?

Pengalaman saya terus terang gak banyak. saya cuma bekerja di berbagai perusahaan IT sejak tahun 1996.

Kami melihat mas pri begitu tertarik dan cukup akrab dengan dunia blog, sejak kapan dan apa yang menyebabkan mas pri begitu aktif sebagai seorang blogger?

sejak sekitar 2002. saya tertarik setelah melihat blognya jay dan boy avianto. tertarik karena blog merupakan sarana terbaik untuk memublikasikan pemikiran kita.

Apa nilai atau bentuk kepuasan yang mas pri dapatkan sebagai seorang blogger?

jika tulisan saya dibaca orang, terlepas dari apakah orang itu setuju atau tidak. paling tidak saya dapat menambah wawasan baru.

Apa sebetulnya ukuran yang bisa diberlakukan untuk menilai apakah suatu blog itu berkualitas atau tidak berkualitas?

sebenarnya bagus atau tidak relatif, dan ini sangat subjektif. sebuah blog menjadi berkualitas karena kita nilai blog tersebut berkualitas. tetapi untuk orang yang berbeda, ukuran kualitas juga bisa jadi berbeda
Blog yang anda paling favoritkan diantara blog-blog anda? apakah ada blog milik blogger lain yang sering mas pri kunjungi dan favoritkan? sudi kiranya mas pri memaparkan apa daya tarik sehingga mas pri memfavoritkan blog-blog tersebut.

saya tidak punya favorit secara spesifik. di dalam reader saya mungkin ada lebih dari 200 blog. tetapi yang jelas saya membaca: pertama, blog teman-teman saya, dan kedua, blog yang membahas topik yang saya minati.

Mengenai tulisan anda yang tersebar didalam blog. Kami melihat bahwa tulisan-tulisan tersebut sebagaian besar atau cukup banyak mengundang polemik dari berbagai kalangan. Apakah itu merupakan obsesi anda sebagai blogger? bagaimana perasaan anda ketika pendapat yang anda tulis lebih banyak mengundang reaksi yang kontra?

saya tidak merasa tulisan saya kontroversial. kalau dibilang lebih banyak yang kontra tidak juga, karena biasanya yang kontra lebih vokal daripada yang pro. tapi sejauh ini sebagian besar yang kontra biasanya adalah 'orang lewat' yang menemukan tulisan saya dari mesin pencari. biasanya mereka cuma membaca tulisan saya yang tertentu saja dan tidak membaca tulisan saya dari hari ke hari.

Apa manfaat yang bisa dirasakan oleh seseorang bila dia aktif di dunia blog?

bagi saya, menulis blog menambah banyak teman dan wawasan.

Tips apa yang bisa mas pri sharing-kan kepada para blogger, agar mereka
lebih bersemangat dan semakin kreatif mengelola situs webblognya?

apa ya, yang harus diperhatikan mungkin adalah bahwa ngeblog bukan hanya menulis. ngeblog adalah menulis, membaca dan berinteraksi. yang utama tentunya adalah menulis, tetapi mungkin tulisan kita akan sulit dibaca orang jika kita tidak melakukan dua hal yang lain.


Bagaimana Komentar Temen-temen ?


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet

#






Mungkin anda tertarik menonton video tentang Produk atau Services? - Belajar Bisnis Digital 3

Campur-Campur Lainnya
Balada Uang Seratus Ribu
Selasa, 21 Juni 2022 12:34 WIB
Balada Uang Seratus Ribu
Kenapa Harus ada Polisi Tidur?
Senin, 06 Juni 2022 06:04 WIB
Kenapa Harus ada Polisi Tidur?