Campur-Campur
Kenapa Harus ada Polisi Tidur?

Kenapa Harus ada Polisi Tidur?

Oleh | Senin, 06 Juni 2022 06:04 WIB | 561 Views 2022-06-06 06:04:15

Suatu hari saya bertanya ke Adik, kenapa mobil miliknya harus servis kaki-kaki tanyaku? Katanya semuanya ulah polisi tidur, sebegitu vitalkah "ulah" Polisi tidur sehingga kaki-kaki mobil harus sering di service? Sebegitu vitalkah ulah polisi tidur sehingga banyak orang membencinya? Yuk simak!

Awal Munculnya Polisi Tidur
Sebuah literatur mengatakan bahwa di Amerika Serikat, polisi tidur pertama dibangun pada 7 Juni 1906 di New Jersey sebagai  alat pembatas kecepatan. Bahan-bahan seperti batu ubin besar dan batu besar digunakan untuk menaikkan trotoar sejauh lima inci. Pada tahun 1953 sebuah polisi tidur dirancang oleh seorang fisikawan bernama Arthur Holly Compton untuk memperlambat lalu lintas di luar Universitasnya. Profesor Holly membangun polisi tidur dengan bentuk yang mirip seperti polisi tidur yang kita gunakan saat ini.

Langkah-langkah pengendalian lalu lintas menjadi semakin populer di seluruh dunia dan polisi tidur banyak dibangun di negara asal istilahnya, Inggris, pada tahun 1983. Tetapi saya tidak menemukan keterangan bahwa namanya lebih spesifik polisi tidur, semacam terjemahan dari "Sleeping Police".

Setelah saya cek menggunakan Google Translate, ternyata Polisi tidur bila dalam bahasa inggris diartikan sebagai speed bump, Yup, saya pikir ini lebih tepat jika menilik kepada fungsinya, tak tau kenapa dalam bahasa Indonesia jadi Polisi tidur.

Polisi Tidur di Indonesia

Pembangunan polisi tidur di luar negeri itu tidak mudah dan yang membangun polisi tidur hanyalah yang memiliki otoritas atau wewenang dalam sektor dinas perhubungan. Sehingga, pembuatan dan penempatan polisi tidur tidak dilakukan asal-asalan. Dan, Secara aturan, Polisi tidur tidak sembarangan untuk dibuat di Indonesia. Aturan polisi tidur atau bahasa resminya alat pembatas kecepatan kendaraan diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 14 Tahun 2021 Tentang Perubahan atas PM Perhubungan Nomor 28 Tahun 2018 Tentang Alat Pengendali dan Pengaman Pengguna Jalan. Cukup panjang, jadi saya tak cantumkan disini.

Kenapa Harus ada Polisi Tidur?
Lebih tepatnya mungkin kenapa di Jalan ini harus ada polisi tidur? karena sesuai dengan fungsi utamanya adalah mengurangi kecepatan maka jawaban ini sudah menjawab. Tetapi muncul banyak pertanyaan baru tentang polisi tidur yang sering saya dengar seperti:

  1. Kenapa polisi tidurnya deketan banget sih?
  2. Kenapa polisi tidurnya tinggi banget sih?
  3. Kenapa polisi tidurnya terbuat dari kayu yang bentuk kotak sih?
Pertanyaan itu saya pikir tidak akan ada bila polisi tidur sendiri tidak ada, dan polisi tidur tidak akan ada bila kita dalam mengendarai kendaraan tidak ngebut dijalan yang tidak seharusnya seperti di jalan komplek, jalan warga, jalan sempit. Polisi tidur karena kitalah yang menyebabkannya sendiri, ngebut di tempat yang tidak seharusnya, sehingga warga sekitar memasang polisi tidur. 

Oh iya terakhir, kabarnya, bila kita sembarangan membuat polisi tidur ada ancaman pidananya lho, jadi pembuat polisi tidur bisa dilaporkan ke polisi


Baca atau Download PDF Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet



Mungkin anda tertarik menonton video tentang Tarik Uang via LinkAja di ATM Tidak Keluar? Ini Solusi Ampuhnya - Tips Teknologi

Apa komentar anda tentang Tulisan Kenapa Harus ada Polisi Tidur??

Campur-Campur Lainnya
Menghitung Efektifitas Komunikasi Publik Melalui Singkatan
Selasa, 10 Agustus 2021 07:27 WIB
Menghitung Efektifitas Komunikasi Publik Melalui Singkatan
Sebenarnya penggunaan singkatan dalam pelbagai hal sudah dilakukan jauh-jauh hari, bahkan sejak perang kemerdekaan, penggunaan singkatan dalam kebijakan pemerintah atau kebijakan-kebijakan perusahaan swasta digunakan sebagai bahasa komunikasi publik, tujuan utamanya supaya mudah diingat.
Rhoma Irama di Tengah Corona, Membuat Lagu yang Liriknya Penuh Makna
Minggu, 05 April 2020 17:32 WIB
Rhoma Irama di Tengah Corona, Membuat Lagu yang Liriknya Penuh Makna
Sebagai penggemar dangdut lawas, lagu Virus corona yang dinyanyikan oleh Rhoma Irama kali ini benar-benar mewakili perasaan, suasana dan keadaan yang ada. Lagu lain sebenarnya bagus juga, tapi tentu sangat beda ketika legend yang berkarya. Bagaimana liriknya?
The Power of Clickbait dan Rendahnya Literasi Negeri +62
Sabtu, 27 April 2019 08:51 WIB
The Power of Clickbait dan Rendahnya Literasi Negeri +62
Seperti memancing ikan, umpan yang digunakan ini benar-benar premium, terbuat dari bahan yang mahal, bahkan lebih mahal dari iklan yang akan diumpannya, tujuannya cuma satu, yaitu berharap iklan tertarik untuk memakannya, namun ujungnya malah menjadi malapetaka untuk si ikan.
Jangan Pernah Remehkan Teman Anda Sekarang
Selasa, 18 April 2017 05:29 WIB
Jangan Pernah Remehkan Teman Anda Sekarang
Mungkin kita punya teman yang saat ini menurut pandangan kita biasa-biasa saja atau bahkan kita beranggapan kok anak ini bodoh, kok anak ini nakal sekali atau anggapan-anggapan negatif lainnya, sungguh perlu dihindari karena kita tidak tau masa depan seseorang seperti apa.
Hal-Hal Unik yang Bisa Ditemui Di Mekkah dan Madinah
Selasa, 26 Juni 2012 07:47 WIB
Hal-Hal Unik yang Bisa Ditemui Di Mekkah dan Madinah
Selain perjalanan spiritual yang merupakan bagian dari Ibadah, tentu kita akan mengalami banyak hal unik dan baru kita lihat, terkadang merasa aneh dan lucu. Apa saja hal-hal unik yang bisa ditemui dimekkah dan juga madinnah?
Cintamu Ditolak Atau Diterima? Kenali Tanda-Tandanya
Minggu, 29 April 2012 19:57 WIB
Cintamu Ditolak Atau Diterima? Kenali Tanda-Tandanya
Mungkin temen-temen pernah mengalami kondisi dimana kita seolah-olah digantung ataupun ditolak sama sekali, buat temen-temen adi semuanya khususnya yang laki-laki nih..setelelah dikumpul-kumpul dan berdasarkan pengalaman akhirnya kita harus tau beberapa tanda-tanda kalau cinta kita ditolak oleh wanita idaman kita. Apa saja tandanya?