Campur-Campur
The Power of Clickbait dan Rendahnya Literasi Negeri +62

The Power of Clickbait dan Rendahnya Literasi Negeri +62

Oleh | Sabtu, 27 April 2019 08:51 WIB | 1.848 Views | Comments 2019-04-27 08:51:06

Seperti memancing ikan, umpan yang digunakan ini benar-benar premium, terbuat dari bahan yang mahal, bahkan lebih mahal dari iklan yang akan diumpannya, tujuannya cuma satu, yaitu berharap iklan tertarik untuk memakannya, namun ujungnya malah menjadi malapetaka untuk si ikan. Begitulah kiranya saya menggambarkan apa itu Clickbait

Menurut Wikipedia, Umpan klik (clickbait) adalah suatu istilah peyoratif yang merujuk kepada konten web yang ditujukan untuk mendapatkan penghasilan iklan daring, terutama dengan mengorbankan kualitas atau akurasi, dengan bergantung kepada tajuk sensasional atau gambar mini yang menarik mata guna mengundang klik-tayang (click-through) dan mendorong penerusan bahan tersebut melalui jejaring sosial daring. Tajuk umpan klik umumnya bertujuan untuk mengeksploitasi "kesenjangan keingintahuan" (curiosity gap) dengan hanya memberi informasi yang cukup membuat pembaca penasaran ingin tahu, tetapi tidak cukup untuk memenuhi rasa ingin tahu tersebut tanpa mengklik pada tautan atau pranala yang diberikan.

Mungkin anda pernah menemukan judul-judul artikel yang begitu bombastis bertebaran di timeline facebook anda, atau berbagai judul bombastis untuk video-video di Youtube, itulah yang disebut sebagai ​clickbait, bila anda melanjutkan untuk membaca dan ternyata harapan anda akan isi yang sesuai dengan judul tidak dirasakan maka makin menegaskan bila itu clickbait.

Di negeri Indonesia (+62), ratusan mungkin bahkan ribuan artikel dan video yang diproduksi dan diberi judul ​clickbait, parahnya, karena rendahnya tingkat literasi, akhirnya hanya melihat jadi judul saja sudah bisa berkomentar keras, berkomentar yang tidak menggunakan aturan bahkan merendahkan satu sama lainnya, padahal bila dibaca secara lengkap atau ditonton sampai akhir akan disadari bahwa judul tidak sesuai dengan konten yang disajikan.

Beberapa waktu lalu saya membuat sebuah video di youtube yang saya beri judul "Prabowo Salip Jokowi, Perhitungan versi Kawal Pemilu" (sudah saya ganti judulnya), secara nyata judul tersebut sebenarnya biasa saja namun memang sedikit clickbait. Bila anda sudah menonton videonya anda baru sadar bahwa dalam video Prabowo Salip Jokowi hanya sehari dan berdasarkan prakiraan yang saya buat justru tetap menang jokowi, sayangnya banyak yang tidak menonton sampai akhir, akhirnya berkomentar aneh-aneh.

Begitulah Indonesia memang, yakinlah tulisan atau video kita akan gampang "disambar" oleh calon penonton apabila kita membuat judul yang "sesuai" dengan kesukaan mereka. Sebagai contoh anda membuat konten untuk orang yang sedang mencari kerja maka ketika anda menulis artikel yang berjudul, "Anak lulusan SMA ini hasilkan 25 juta dalam seminggu" akan langsung disambar atau lebih ekstrimnya membuat video yang "memenangkan Prabowo" untuk pendukung prabowo dan "memenangkan Jokowi" untuk pendukung Jokowi akan membuat video anda cepat disambar, namun kembali lagi, mau untuk apa buat video yang hanya sekedar mendapatkan banyak views?

Clickbait dan pembaca clickbait sudah ibarat supply and demand, para pemproduksi clickbait terus memproduksi hal semacam itu karena permintaannya cukup tinggi. Akhirnya akan bermuara pada budaya literasi itu sendiri, semoga negeri ini bisa meningkatkan kembali budaya literasinya. Aamiin. (sumber foto thedailystar.net)

Sudah, sudah..sudah..

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Campur-Campur Lainnya
Jangan Pernah Remehkan Teman Anda Sekarang
Selasa, 18 April 2017 05:29 WIB
Jangan Pernah Remehkan Teman Anda Sekarang
Mungkin kita punya teman yang saat ini menurut pandangan kita biasa-biasa saja atau bahkan kita beranggapan kok anak ini bodoh, kok anak ini nakal sekali atau anggapan-anggapan negatif lainnya, sungguh perlu dihindari karena kita tidak tau masa depan seseorang seperti apa.
Hal-Hal Unik yang Bisa Ditemui Di Mekkah dan Madinah
Selasa, 26 Juni 2012 07:47 WIB
Hal-Hal Unik yang Bisa Ditemui Di Mekkah dan Madinah
Selain perjalanan spiritual yang merupakan bagian dari Ibadah, tentu kita akan mengalami banyak hal unik dan baru kita lihat, terkadang merasa aneh dan lucu. Apa saja hal-hal unik yang bisa ditemui dimekkah dan juga madinnah?
Cintamu Ditolak Atau Diterima? Kenali Tanda-Tandanya
Minggu, 29 April 2012 19:57 WIB
Cintamu Ditolak Atau Diterima? Kenali Tanda-Tandanya
Mungkin temen-temen pernah mengalami kondisi dimana kita seolah-olah digantung ataupun ditolak sama sekali, buat temen-temen adi semuanya khususnya yang laki-laki nih..setelelah dikumpul-kumpul dan berdasarkan pengalaman akhirnya kita harus tau beberapa tanda-tanda kalau cinta kita ditolak oleh wanita idaman kita. Apa saja tandanya?
Insomnia  Hilang Pahala Terbang Melayang
Minggu, 18 Maret 2012 07:05 WIB
Insomnia Hilang Pahala Terbang Melayang
Saya kadang heran melihat teman-teman yang kuat bertahan belum tidur lepas tengah malam padahal tidak ada pekerjaan deadline yang mesti disetor besok hari, tidak juga sedang meronda untuk menjaga keamanan lingkungan, tidak juga berkumpul bersama warga
Galau Galau Lagi Lagi Galau...Bergalaulah Saat Kau Galau
Minggu, 11 Maret 2012 08:18 WIB
Galau Galau Lagi Lagi Galau...Bergalaulah Saat Kau Galau
Kata-kata ini sering sekali saya dengar, bahkan ada sebuah stasion televisi yang membuat program dengan nama kata itu, tak tau awalnya dari mana, bisa ditebak pastinya kata itu adalah Galau, kalau dilihat-lihat, disimak-simak, diraba-raba dan dirasa-rasa kata ini memiliki arti
Tips Menulis IT di Media Cetak dan Koran
Selasa, 09 November 2010 11:16 WIB
Tips Menulis IT di Media Cetak dan Koran
Beberapa waktu yang lalu ada temen di group ini yang menanyakan kepada saya tentang bagaimana tips untuk menulis di koran ataupun di media cetak. Walaupun tulisan saya tidak begitu banyak di media cetak (Khususnya Pikiran Rakyat), tapi saya coba berbagi barangkali ada temen-temen yang membutuhkan.