Campur-Campur
6 Persen Kekayaan Facebook di Keruk dari Indonesia

6 Persen Kekayaan Facebook di Keruk dari Indonesia

Oleh | Jum'at, 11 September 2009 05:18 WIB | 7.606 Views | Comments 2009-09-11 05:18:33

Siapa yang masih meragukan kekayaan Mark Zurkerberg sebagai penemu facebook? semua orang sepakat bahwa dia adalah satu-satunya bujangan pertama yang kaya-nya luar biasa. Pada usia 23 tahun, penemu situs jejaring social Facebook, Mark Zuckerberg adalah milyuner termuda sepanjang sejarah yang menghasilkan kekayaan dengan usahanya sendiri. Seperti diumumkan oleh majalah Forbes, Zurkerberg ada pada urutan 785 dalam daftar orang – orang terkaya dunia.

Matthew Miller, Forbes Associate Editor mengatakan, “Ia adalah milyader termuda di dunia, dan ia menghasilkan kekayaan dengan usahanya sendiri.” Mark Zurkerberg memiliki nilai kekayaan sebesar $1.5 milyar kira-kira sama dengan kekayaan yang dimiliki Oprah Winfrey.Kekayaan facebook ini sendiri disumbang dari hasil penjualan yang sangat tinggi dan hasil investasi microsoft beberapa taun yang lalu.

Satu hal yang saya kagum adalah pertumbuhan dari situs facebook itu sendiri yang saat ini sudah menduduki tiga bahkan terkadang dua besar dunia. Mengalahkan situs video sharing youtube yang pernah booming beberapa waktu yang lalu. Tingginya nilai penjualan facebook yang menyebabkan kekayaan pemiliknya menurut saya tidak terlepas dari banyak orang yang mengakses dan membuka facebook. Bayangkan saja, Alexa.com mencatat 147,779,229 IP yang masuk kemarin, andai saja tiap IP disamaratakan mewakili dua buah komputer, bisa dihitung berapa yang tersambung ke facebook tiap harinya, hit yang dicatatpun terus meningkat, saat tulisan ini dibuat, alexa.com mencatat hingga 2,079,253,750 page views, angka yang sangat fantastis.

Alexa Indonesia

Hit yang demikian tinggi setelah saya lihat ternyata 6 persen berasal dari negeri dimana orang tidak berfikir seperti layaknya pembuat facebook, namun mereka berfikir bagaimana menggunakan facebook, ya anda benar, Indonesia. Andai saja sebuah hit di facebook merepresentasikan kekayaan difacebook maka sudah dipastikan kekayaan facebook 6 persen dikeruk dari indonesia. Itu kalau dilihat dari trafik yang masuk ke facebook, lain halnya dengan jumlah user yang mencapai 3,8 persen yang berasal dari indonesia, andai saja pengguna facebook itu sebanyak 250 juta maka sudah dipastikan member dari Indonesia lebih dari 9 juta orang. Benar tidak pendapat saya ini menurut saya bukan yang terpenting. Kita harus mulai berfikir kenapa kita selalu menjadi bangsa pengguna dan bukan pencipta?

Satu hal lagi, ternyata facebook telah menjadi situs yang paling banyak dikunjungi di Indonesia, Alexa mencatat facebook pada urutan pertama menggeser google.co.id yang lama bertengger di urutan terpuncak itu. Situs-situs indonesia sepertinya berat sekali untuk tumbuh, perusahaan sekelas telkom pun tidak memiliki situs yang booming, padahal saat ini telkom memiliki divisi khusus yang menangani masalah content dan aplikasi, tidak hanya infrasturktur.

Jadi sekarang apa yang harus kita lakukan?

Adi Sumaryadi - Bicara IT dan Internet






Campur-Campur Lainnya
Bermimpi Dulu Ah
Rabu, 08 Juli 2009 19:03 WIB
Bermimpi Dulu Ah
Mimpi indah pasti diinginkan oleh setiap orang dalam setiap tidurnya dan sebaliknya paling tidak mau kalau harus bertemu dengan mimpi buruk dalam setiap tidurnya. Mimpi memang sesuatu yang tidak nyata dan masih dalam angan-angan, tapi jangan salah, mukzijat nabi yusuf adalah dapat menafsirkan mimpi ini menandakan ada sesuatu dalam sebuah mimpi kita
Rethinking Locally
Senin, 05 Mei 2008 12:30 WIB
Rethinking Locally
Sebuah tagline yang nemplok pada sebuah merek perusahaan biasanya merupakan simpulan visi dan misi perusahaan tersebut. Rasanya ini … kok beda ??, trus ku coba lihat beberapa produk dari SERAMBI, nampaknya sihh .. oke-oke tuh dan jika jalan-jalan ke gramedia buku-bukunya SERAMBI pasti ada yang nampang di pintu masuk, termasuk buku yang baru dibaca ..katanya termasuk buku paling laris saat ini seantero jagat tapi gak tau juga buat ukuran endonesa …?? blon ngukur dan blon tanya sana sini tuh.
Ini Baru Tahun Baru Milik Kita
Kamis, 10 Januari 2008 11:56 WIB
Ini Baru Tahun Baru Milik Kita
Banyak orang yang tidak tahu bahwa hari ini adalah tahun baru mereka dan bahkan mereka tidak sadar kalau liburan hari ini merupakan sebuah awal tahun yang semestinya diposisikan sama dan bahkan lebih dari tahun baru masehi. Pertanyaan yang muncul adalah? sudahkan ada persiapan kita untuk menghadapi tahun baruan kita ini, mudah-mudahan kita tidak termasuk orang yang mengucilkan milik sendiri dan memeriahkan tahun baruan milik orang. Ironisnya lagi kemeriahan tahun baru masehi dihiasi dengan gemerlap yang menghambur-hamburkan uang. Bagi teman-teman yang kemarin merayakan tahun baru masehi dengan meriah, momentum untuk lebih memeriahkan tahun baruan hijriah kali ini. Kok harus begitu? lihat selengkapnya.
Jangan Rayakan Tahun Baru 2008 !
Senin, 31 Desember 2007 15:15 WIB
Jangan Rayakan Tahun Baru 2008 !
Setiap orang punya pilihan dalam kehidupannya, termasuk membuat keputusan apakah akan merayakan malam pergantian tahun dengan cara glamour atau tidak, saya termasuk kepada kelompok orang yang tidak melihat malam tahun baru sebuah malam yang istimewa kecuali ada sesuatu yang bisa diperbaiki setelah malam pergantian tahun itu. Oleh karena itu sebaiknya anda jangan rayakan malam tahun baru jika tidak mempunyai komitmen untuk menempuh sebuah kehidupan yang baru dan fresh. Kok bisa begitu? baca selengkapnya saja.
Merintis Geng Motor Syariah
Kamis, 29 November 2007 05:50 WIB
Merintis Geng Motor Syariah
Pemberitaan yang sangat santer saat ini selain kasus selebritis atau artis negeri ini yang terlibat narkoba adalah pemberitaan tentang geng motor khususnya di Bandung, bagaimana tidak kehadiran geng motor sangat dikhawatirkan oleh masyarakat, saya sendiri sangat takut jikalau suatu saat pulang terlalu malam semisal dari kampus, hampir semua jalan yang saya lewati adalah jalur operasi geng motor seperti yang diberitakan media yaitu Jl. Ahmad Yani selanjutnya masuk ke Supratman, Jembatan Pasupati, Sukajadi hingga Setiabudi. Terinspirasi oleh penceramah di Masjid senin lalu, bagaimana kalau kita ubah geng motor tadi menjadi geng motor syariah?
Dangdutkah Saya?
Sabtu, 17 November 2007 09:09 WIB
Dangdutkah Saya?
Setiap orang pasti mempunyai rasa masing-masing terhadap musik tertentu dan tidak bisa dipaksakan seseorang untuk menyukai alunan musik yang lain. Ada yang suka dengan jenis musik nasyid yang mendayu-dayu ataupun yang bersemangat, ada juga yang suka lagu atau musik sunda yang enak didengar atau lucu liriknya sampai-sampai ada juga yang suka musik rok semacam metalica yang suaranya keras menggelegar. Rasa suka terhadap jenis musik bisa dipengaruhi banyak faktor, orang sunda yang tinggal di Jawa Barat besar kemungkinan untuk suka terhadap lagu sunda, orang desa biasanya suka jenis musik dangdut. yang jadi pertanyaan adalah dangdutkah saya dan anda?